BENIH JAGUNG KETAN KUMALA PELUANG BISNIS BARU PETANI

jagung,jagung kumala,benih jagung,budidaya jagung,lmga agroBENIH JAGUNG KETAN KUMALA PELUANG BISNIS BARU PETANI. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Saat ini jagung sudah menjadi bahan olahan untuk kebutuhan tingkat ke 2 pada Indonesia setelah beras.(Rev. 05-11-2020)

Berbagai macam pengolahan dan kebutuhan makanan. Mulai dari manusia sampai kebutuhan ternak ini banyak yang berasal dari bahan jagung.

Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin.

Pada jenis jagung ketan ( jagung pulut ), sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan.

Jagung manis kita ketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah:

  • Kalori : 355 Kalori
  • Protein : 9,2 gr
  • Lemak : 3,9 gr
  • Karbohidrat : 73,7 gr
  • Kalsium : 10 mg
  • Fosfor : 256 mg
  • Ferrum : 2,4 mg
  • Vitamin A : 510 SI
  • Vitamin B1 : 0,38 mg
  • Air : 12 gr

Dan bagian yang dapat kita makan 90 %.

Untuk ukuran yang sama, meski jagung mempunyai kandungan karbohidrat lebih rendah. Namun mempunyai kandungan protein lebih banyak. Jagung merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya terselesaikan dalam 80-150 hari.

Bulir Jagung mempunyai warna yang beragam. Warna bulir jagung penentunya adalah oleh warna endosperma dan lapisan terluarnya (aleuron).

Satu tongkol jagung dapat memiliki bermacam-macam bulir dengan warna berbeda. Karena setiap bulir terbentuk dari penyerbukan oleh serbuk sari yang berbeda-beda. Salah satu jenis jagung yang belum banyak tergarap potensi pasar nya adalah Jagung Ketan.

Jagung ketan juga sering kita sebut dengan nama jagung pulut dan jagung ketan (Jagung Pulut) ini sebenarnya sudah lama kita kenal. Namun pada zaman dulu benih yang tergunakan adalah jagung lokal dengan hasil per luasan masih kecil pada kisaran2 -3 Ton/Ha.

Potensi Budidaya Jagung Ketan

Dengan hasil yang hanya berkisar 2-3 Ton/Ha menyebabkan peluang dari Jagung Ketan/Jagung Pulut belum banyak menarik minat petani untuk menanam secara massal.  

Wilayah Indonesia bagian Indonesia Timur banyak menanam dan mengonsumsi jenis jagung ketan ini. Beberapa daerah yang merupakan sentra penanaman jagung ketan (Jagung Pulut) pada Indonesia adalah :

Nusa Tenggara Barat ( NTB ), Mataram, Lombok, Lombok Timur, Nusa Tenggara Timur ( NTT ), Bima, Sumbawa Besar, Ambon, Seram, Masohi, Kupang, Irian Jaya, Makassar, Sulawesi Selatan, Palu dan daerah lain.

Jagung berbiji putih (jagung ketan/jagung pulut) masih lumayan banyak petani tanam dan bisa mendapatkannya pada banyak daerah sentra jagung.

Jagung berbiji putih umumnya pemanfaatannya untuk bahan pangan secara langsung dan juga untuk industri pangan berbasis jagung.

Apakah anda sudah pernah mengenal dan menanam jagung putih ketan/jagung pulut? Apakah anda juga pernah mendapat permintaan jagung ketan atau jagung pulut dari konsumen? Dalam waktu 5 tahun ini perkembangan permintaan Jagung Putih (Jagung Pulut) permintaan pasar akan jagung berwarna putih ini banyak meningkat drastis.

Namun permintaan ini belum banyak terpenuhi karena petani yang tanam dan budidaya jagung ketan ini masih sedikit dan kebutuhan jagung yang ada masih menggunakan benih jagung lokal yang hasilnya masih sangat rendah yaitu 2 Ton/Ha.

Akhir akhir ini semakin banyak saja konsumen yang membutuhkan jagung ketan berwarna putih ini. Sayangnya masih sulit mendapatkan produk jagung special ini.

Maklumlah petani yang berkenan menanam jagung jenis ini sangat sedikit karena produktivitas jagung ketan varietas lokal masih rendah, hanya sekitar 2 ton per hektar.

Namun kini para petani daerah sentra Produksi Jagung Ketan (Jagung Pulut) ini tidak perlu kuatir. Karena sudah menemukan jagung Ketan (Jagung Pulut) Hibrida yang hasilnya bisa mencapai  15 Ton/Ha.

5 Comments on “BENIH JAGUNG KETAN KUMALA PELUANG BISNIS BARU PETANI”

  1. salam kenal,

    artikel yang suiiiippp bgt.

    kalo mau order bibit jagung pulut bagaimana ya… hp blum bisa di hubungi BB blum di invite…
    kasih info donk….

    1. salam kenal ibu,,,mohon maaf dengan keterlambatan merespon pertanyaan ibu. Untuk order bisa langsung telp atau sms nomor yang tercantum. Kalau hp belum bisa dihubungi dikarenakan padatnya telp masuk, mohon terus untuk dicoba. Demikian pula untuk BB, mohon konfirm nama BB via sms untuk di invite. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *