Budidaya Tanaman Daun Seledri Yang Baik Dan Benar

Beri Penilaian
tanaman seledri,budidaya,menanam,manfaat, daun seledri, LMGA AGRO,toko online
HASIL BUDIDAYA SELEDRI

Tanaman Daun Seledri dan Budidaya yang Baik dan Benar. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Tanaman Seledri (Apium graveolens L. Dulce) adalah tanaman sayuran dari famili Umbelliferae yang berasal dari Mediterania sekitar Laut Tengah. Rev 08/04/2021.

Tanaman ini kemudian menyebar ke berbagai wilayah, antara lainnya pada Dataran Cina, Asia Tengah, India, Mediterania, Etiopia, Amerika Serikat, serta Meksiko Selatan dan tengah. Pada Indonesia, tanaman seledri masih belum menjadi komoditi utama para petani. Sehingga sulit untuk menentukan sentra dan tanam, luas panen dan besarnya produksi nasional.

Untuk dapat tumbuh dengan baik, tanaman daun seledri harus tanam pada daerah subtropis dengan ketinggian 1.000-1.200 m dpl, suhu udara 15o-24o C, kelembaban berkisar antara 80-90%, Curah hujan berkisar antara 60-100 mm/bulan, dan lahan harus mendapat penyinaran matahari yang cukup.

Lahan yang ideal untuk tanaman seledri adalah tanah yang gembur, subur, mengandung bahan organik, serta tata udara dan air yang baik.

Tanaman Seledri dapat diperbanyak secara generatif dengan biji atau vegetatif dengan anakan. Untuk tujuan komersil dapat memperbanyak tanaman seledri dengan biji.

Benih berasal dari varietas unggul dengan daya kecambah > 90%. Namun demikian saat ini sudah ada penemuan Varietas tanaman Seledri yang bisa beradaptasi dan hidup dengan baik dan hasil tinggi pada dataran rendah dan dataran menengah.

Beberapa Varietas tanaman seledri yang ada saat ini adalah : Seledri Tall Utah dan Seledri SUMMER dari Known You Seed, Seledri BAMBI dan Seledri AMIGO dari East West Seed ( Cap Panah Merah ).

Dengan adanya penemuan Varietas tanaman Seledri untuk Dataran rendah dan menegah ini maka sekarang perkembangan Luas tanaman Seledri pada petani semakin luas dan banyak.

Dengan semakin luasnya petani yang menanam seledri dan budidaya Tanaman Seledri menunjukkan bahwa peluang pasar Tanaman Seledri semakin besar untuk wilayah Indonesia.

Besarnya peluang pasar daun Seledri yang semakin meningkat pada Indonesia ini karena semakin banyak pabrikan yang mengolah untuk berbagai keperluan seperti sampo ( daun seledri untuk rambut ), obat-obatan, jus seledri, atau untuk campuran bahan makanan.  Hal ini karena manfaat dan khasiat daun seledri sudah banyak tertemukan.

Pengolahan Lahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.