Sukses Budidaya Tanaman Buah Melon

Cara Pengolahan Lahan Tanam Dan Penanaman Bibit Melon

Pengolahan dan persiapan lahan perlu lakukan secara benar dan detail agar tanaman dapat mengasilkan melon yang baik dan tinggi hasilnya.

Membersihkan terlebih dahulu dari tanaman liar (gulma) untuk area yang mau terpakai sebagai lahan melon. Lakukan bajak secara benar dengan kedalaman 10-20Cm, sehingga lapisan olah menjadi tinggi.

Haluskan tanah dan bentuk bedengan dengan Lebar 120Cm dan panjang sesuai dengan lahan pertanian yang ada, tetapi idealnya 10-15meter.

Ketinggian bedengan 40Cm dan lebar saluran drainase 40Cm dengan jarak tanam ideal adalah 60x60Cm (pada saat musim kering). dan 70x70Cm (pada saat musim penghujan).

Setelah tanah terolah dengan bajak dan membentuk bedengan, jemur tanah terlebih dahulu sekitar 10-4hari. Agar jamur, baktery dan hewan pengganggu tanaman melon mati dan siklusnya terputus.

Pemupukan Dasar Pada Persiapan Lahan Tanam

Setelah menjemur dan membentuk bedengan maka selanjutnya adalah pemberian pupuk dasar yang terdiri dari Pupuk Kandang 6Ton/Ha. Za:TSP:KCL dengan dosis 250Kg:350:300Kg/Ha, Dolomit 2Ton/Ha bila PH awal tanah Nomal ( pH 7 ).

Sebar rata semua sesuai dengan Luas bedengan yang ada. Setelah terpupuk rata dan tertutup tanah, pemasangan Mulsa Hitam Perak perlu segera lakukan.

Lakukan pemasangan mulsa pada siang hari saat sinar matahari terik, sehingga mulsa yang terpasang bisa kuat dan kencang.

Setelah mulsa terpasang, biarkan lahan kurang lebih 7 hari. Agar tanah yang sudah terpupuk bisa tercampur dengan baik sehingga tanaman tidak panas nantinya.

Pemindahan Tanam Bibit Melon Dari Persemaian Ke Lahan Tanam

Lakukan penanaman setelah benih berumur 7 – 10 hari, dengan jarak tanam melon 60 x 60 cm.

Buat lubang tanam dengan menggunakan alat pelubang tanam yang terbuat dari besi bergerigi dan tajam. (Apabila berminat bisa hubungi LMGA AGRO) sehingga mulsa yang terpasang tidak rusak.

Pada saat membuat lubang tanam sekaligus bikin lubang pupuk yang jaraknya 15-20Cm dari lubang tanam. Lakukan penanaman ada saat pagi hari jam 6.00-09.30 atau sore hari jam 14.00-16.30 sehingga tanaman tidak banyak mati dan sulam.

Cara Pemupukan Melon Dan Perawatan Tanaman Melon

Dalam tahap ini memerlukan ketelitian, kejelian dalam menjaga dan mengamati tanaman dari serangan hama penyakit agar sukses budidaya tanaman buah melon.

Pemberian Pupuk susulan setelah umur 7HST, dimana 2 kg ZA dan 1Kg KNO3 Merah dilarutkan dalam 100liter air. Larutan Za dan KNO3 Merah tersebut, kemudian siramkan sebanyak 250ml/lubang (1 Gelas Aqua).

BACA JUGA : BUDIDAYA TANAMAN BUAH MELON ERNA MUTIARA BUMI PETANI PEMULA

Pupuk susulan lakukan selanjuntnya setiap 10hari sampai tanaman berumur 60hari (fase pembentukan dan pemasakan buah).

Pupuk susulan tersebut dengan cara melarutkan NPK16:16:16. Dosis 4kg+KNO3 Merah 1Kg+KNO3 Putih 1Kg+Calcium 1Kg dalam 130 liter air. Larutasn tersebut siramkan sebanyak 250ml/lubang ke dalam lubang pupuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *