Sukses Budidaya Tanaman Buah Melon

Perawatan Tanaman Melon

Selanjuntnya perawatan tanaman melon meliputi penyiraman, mengikat. memangkas dengan cara pemangkasan melon yang tepat, seleksi bunga dan buah serta pengendalian hama dan penyakit.

Hama dan penyakit utama pada tanaman melon adalah oteng-oteng, ulat daun dan layu, sedangkan yang lainnya adalah lalat buah, antraknosa, busuk buah, kudis dan aphids/trips.

Untuk pengendalian oteng-oteng menggunakan Pegasus 500 EC. ulat daun dengan Cypermax atau Endure atau Atabron 50 EC. sedangkan layu jamur dan bakteri dengan pestisida ARASHI dengan dosis 100 gram/200Liter air untuk 1.000 batang tanaman.

Agar tidak rebah dan merambat, tanaman melon yang sudah mencapai tinggi 40 – 50 cm ikatkan ke ajir/turus menggunakan tali rafia. Lakukan pengikatan setiap jarak 40–50 cm hingga tanaman melon mencapai ketinggian 2,0 m.

BACA JUGA : ARASHI MENGATASI BUSUK BUAH DAN LAYU TANAMAN MELON

Pelihara Calon buah yang bunga betinanya terdapat pada cabang lateral ruas ke 9 – 12. Pilih dan pelihara buah yang sehat (1 buah/tanaman). sedangkan varietas yang memiliki buah berukuran besar dapat 2 buah/tanaman.

Dapat memanen Buah melon pada tingkat kematangan yang cukup atau 65–70 HST. Ciri buah matang yaitu warna buah mulai berubah, retak pada tangkai buah.

Jaring pada permukaan kulit buah tampak lebih tegas, aroma buah mulai menusuk hidung. Mudah petik buah dari tangkainya, daun dekat bunga sudah mengering. dan buah akan tenggelam apabila memasukkannya ke dalam air.

Baca Juga : Untung Tinggi Dengan Budidaya Melon Action Orange F1

Demikian ulasan tentang sukses budidaya tanaman buah melon ini kami sampaikan apabila ada yang kurang jelas bisa menghubungi toko pertanian Online LMGA AGRO.

Kami melayani konsultasi pertanian, kunjungi website kami www.lmgaagro.web.id atau hubungi CP P. Budi Telp. 082-141-747-141 atau SMS/WA: 0812-5222-117.