Sukses Budidaya Tanaman Buah Melon

Jenis-Jenis Benih Melon Pilihan Untuk Sukses Budidaya tanaman buah melon

SUKSES BUDIDAYA TANAMAN BUAH MELON, CARA MENANAM MELON, TANAMAN MELON, TANAM MELON, BERKEBUN MELON, LMGA AGRO
MELON APOLLO F1

Berikut ini beberapa produk benih melon unggulan yang ada pada LMGA AGRO. dan bisa rekomendasi penggunaannya dalam rangka sukses budidaya tanaman buah melon, serta sudah banyak tanam oleh petani melon antara lain:

  • Melon kuning : Apollo F1 (Known You Seed), Alisha F1 (Panah Merah).

  • Melon kulit ber net daging orange : Glamour F1 (Sakata). Madesta F1 (Panah Merah). Elegan F1 (Tunas Agro), Action Orange F1 (Kapal Terbang). Merlin F1 (Bintang Asia), Sunny Red M-267 F1 (Primasid).

  • Melon ber net daging putih : Gracia F1 (Panah Merah), Erna F1 (Mutiara Bumi). Action 343 F1 (Kapal Terbang), Action 88 F1 (Kapal Terbang). A Plus (Kapal Terbang), Monalisa F1 (Kapal Terbang), Melindo 15 F1 (Kapal Terbang).

Sedangkan Melon yang kebal/tahan serangan Virus (Bemicia tabaci) produk Panah Merah yaitu Alisha, Madesta. Produk Cap Kapal terbang melon Melindo15, Action343, Action Orange, Monalisa, produk Bintang Asia yaitu Merlin.

Jenis melon tersebut adalah melon yang sudah banyak tanam oleh petani dan cocok untuk sukses budidaya tanaman buah melon.

Untuk sukses budidaya tanaman buah melon, sistem penanaman yang dilakukan pun sudah banyak upayanya dengan berbagai macam cara.

Mulai dari sistem konvensional pada lahan hamparan sawah sampai yang sudah semi modern di Green House. dengan menggunakan sistem irigasi tetes dan hidroponik.

Upaya ini sebagai usaha agar hasil dari tanaman bisa mencapai maksimal dan nilai ekonomi menjadi lebih tinggi. Tentunya dengan melakukan pemeliharaam dan perawatan tanaman melon dengan intensif dan tepat.

Syarat Tumbuh Untuk Sukses Budidaya tanaman buah melon

SUKSES BUDIDAYA TANAMAN BUAH MELON, TANAMAN MELON, CARA MENANAM MELON, BERKEBUN MELON, BUAH MELON, LMGA AGRO
TANAMAN MELON

Sukses budidaya tanaman buah melon tercapai apabila beberapa kaidah tahapan dalam menanam melon terpenuhi.

Mulai dari membuat rincian biaya tanam melon, mengingat modal menanam melon tidak sedikit sehingga memerlukan kesiapan anggaran.

Selanjutnya penentuan waktu tanam, pilih jenis bibit melon yang tepat, persiapan lahan tanam, pemeliharaan tanaman melon.

Mulai cara pemupukan melon, pengairan, perawatan dari serangan hama penyakit. Berikut ini kami coba ulas secara singkat mengenai cara sukses budidaya tanaman buah melon.

Pada sukses budidaya tanaman buah melon, faktor lingkungan sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman melon. Agar melon berbuah banyak kita harus memilih lokasi tanam yang tepat.

Faktor lingkungan itu antaranya suhu lingkungan tanaman yang cocok untuk tanaman melon adalah 25-30. Derajat dengan ketinggian tempat 0 – 500 MDPL dengan rata-rata curah hujan 150 – 200mm/bulan. Kelembaban yang cocok kisaran 60 – 70% dengan pH tanah normal 6 – 7.

Sebelum menanam melon sebaiknya tanah yang mau tanam, lakukan ukur keasamannya dengan alat PH Meter. apabila kedapatan hasil ukur PH sekitar 5 maka sebaiknya tanah tambahi dengan Kapur Dolomit 3 – 4 Ton / Ha.

Hal ini bertujuan agar tanaman dapat memberi hasil yang baik dan tidak banyak yang mati karena layu jamur dan bakteri.

Penggunaan jenis varietas melon yang sesuai dengan musim tanam dan kondisi daerah tanam. sangat berperan untuk hasil sukses budidaya tanaman buah melon menjadi maksimal.

Untuk budidaya tanaman buah melon musim penghujan, bisa menggunakan benih melon Action88 F1, Action343 F1, Sky Rocket dan F1 Leader.

Sedangkan untuk musim kering bisa tanam F1 Apollo, F1 Glamour, F1 Golden Aroma F1 dan F1 Melindo15. Apabila daerah yang tertanami sudah endemik serangan Virus Keriting.

Rekomendasi, untuk tanam benih melon tahan keriting seperti Apollo F1, Madesta F1. Action orange, Merlin F1, Melon F1 Melindo14 dan Melon Melindo15, Monalisa F1.

Cara Persemaian Benih Melon

Penggunaan media tanam kami sarankan tanah yang berasal dari bawah rumpun bambu. hal ini dengan dasar tanah subur dan tidak akan banyak tertumbuhi oleh rumput liar.

Lakukan pengayakan terlebih dahulu media tanah untuk semai agar tanah menjadi halus dan tidak banyak mengganggu pertumbuhan benih.

Tanah masukkan dalam polybag semai dengan ukuran 6x8Cm yang tersedia pada toko Pertanian Online LMGA AGRO.

Polybag tata dengan rapi dan berjajar pada bawah sungkup yang terbuat dari bambu setengah lingkaran dengan lebar 1-1,5Meter dengan ketinggian 60 Cm dan panjang 5 – 10Meter.

BACA JUGA : JUAL BIBIT MELON TERMURAH DAN TERBAIK | LMGA AGRO

Kemudian atapnya beri platik UV atau Plastik Transparan. Siapkan dan rendam benih yang akan proses semai selama 4-6 jam dalam air hangat yang sudah dicampur dengan VITAFLORA 5tetes/200CC air tambah Saromyl 1 Gram/Liter.

Kemudian tiriskan benih sampai kering dan taruh dalam kertas merang/koran yang sudah terbasahi. Tata secara rapi jangan sampai saling tumpang tindih.

Benih taruh dalam kardus bekas Aqua dan beri lampu 10 Watt selama 1 – 2 malam. Setelah benih keluar Radikulanya maka benih siap pindah tanam kedalam Polybag semai. Benih yang runcing taruh bagian bawah dan tunggu 8 -10hari. Setelah semai, dapat pindahkan benih ke area tanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *