BUDIDAYA MELON ERNA MUTIARA BUMI PETANI PEMULA

Budidaya melon Erna, Melon Erna, Mutiara Bumi,Harga Murah,Benih Melon,Bibit melon, Cara menanam melon, Jual melon Erna,LMGA AGRO, Tahan virus, Anti Virus, Kebal virus
MELON ERNA

WWW.LMGAAGRO.COM.Budidaya melon Erna Mutiara Bumi petani pemula. Benih melon Erna Cap Mutiara Bumi bisa ada beli di toko pertanian on line LMGA AGRO harga murah, telepon Hp. 082141747141 atau layanan khusus SMS / WA : Hp. 08125222117. Harapan saya tulisan ini bisa memberi informasi tentang  cara budidaya melon Erna  bagi petani yang mau menekuni tanaman melon.  Toko pertanian LMGA AGRO siap mengirim pesanan benih melon Erna anda ke seluruh Indonesia dengan cepat dan tepat waktu. Kami  memberi jaminan barang anda pasti datang dan terkirim.  Budidaya melon Erna bagi pemula sangat menguntungkan karena termasuk benih melon yang mudah perawatannya dan tahan hama dan penyakit.

Budidaya melon di Indonesia terbesar dan terpusat di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk Propinsi Jawa Tengah ada di Yokjakarta, Purworejo, Sukoarjo, Klaten, Sragen, Jepara, Rembang, Kudus, Blora, Pati. Sedangkan untuk sentra penanaman benih melon di Jawa Timur ada di Banyuwangi, Jember, Lumajang, Probolinggo, Blitar, Tulungagung, Kediri, Ngawi, Ponorogo, Madiun, Magetan, Bojonegoro, Tuban. Budidaya melon Erna Cap Mutiara Bumi sudah mulai di lakukan oleh petani di daerah yang saya sebutkan di atas.

Bahkan benih melon Erna ini walau termasuk benih yang baru saja dikeluarkan oleh PT. Prabu Agro Mandiri yang lokasinya ada di Purwakarta Jawa Barat sudah mendapat respon positif. Menanam melon dengan menggunakan benih melon Erna  sudah di lakukan di sentra melon Jawa Tengah dan Jawa Timur banyak petaninya yang bisa panen dengan hasil memuaskan.

Tips dan trik cara budidaya melon Erna  Cap Mutiara Bumi ini akan saya bahas secara runtut, urut dan jelas sehingga mudah di mengerti dan di praktekkan. Sekalipun oleh petani pemula yang mau memulai. Menanam melon adalah salah satu komoditi hortikultura yang membutuhkan biaya tinggi. Berdasarkan analisa budidaya melon Erna dalam luasan 1 Ha saat ini membutuhkan dana berkisar 60 Juta.

BUDIDAYA MELON ERNA CAP MUTIARA BUMI

Analisan budidaya melon habis segitu dengan asumsi semua baru dan kebutuhan di catat secara jelas dan detail. Dana yang besar ini, yang mendasari artikel ini saya buat, sehingga kami berharap dengan mengaplikasikan tulisan ini petani terhindar dari kerugian.

Budidaya melon Erna menjadi salah satu solusi agar petani bisa berhasil dan tidak mengalami kerugian. Adapun alasannya petani lebih aman menggunakan melon Erna Cap Mutiara Bumi adalah :

  • Benih Melon Erna sudah tahan keriting karena virus  sehingga relatif aman bagi pemula

  • Tanaman melon Erna mempunyai ketahanan terhadap Downey Mildew dan Powdery Mildew

  • BACA JUGA : Manisnya Erna melon tahan virus Mutiara Bumi

  • Menanam melon Erna pemasarannya mudah karena sudah bisa di terima pedagang pasar induk

  • Hasil panen melon Erna buahnya  mempunyai kadar gula yang cukup tinggi Brix 13

Dasar di atas yang membuat budidaya melon Erna produk Cap Mutiara Bumi ini cocok bagi pemula di Indonesia. Untuk belajar dan bisa menguasai teknik budidaya melon idealnya luas tanaman yang di butuhkan sekitar 1.400 M2 atau isi sekitar 2.500 batang tanaman melon Erna. Dengan dana yang perlu di siapkan sekitar 8 Juta rupiah. Jumlah tanaman tersebut sangat cocok untuk petani pemula sampai benar – benar menguasai teknik budidaya melon Erna yang baik dan benar.

Menguasai dan memahami cara  budidaya melon yang benar adalah langkah dasar yang sangat penting. Mari kita ulas langkah – langkah apa saja yang perlu di siapkan dan di kuasai dalam cara budidaya melon Erna bagi pemula ini bisa berhasil dan sukses sampai panen.

LANGKAH DASAR BUDIDAYA MELON ERNA

 Cara budidaya melon dasar yang penting dan jangan sampai salah meliputi :

  • Persiapan lokasi persemaian budidaya melon Erna
  • Sejarah dan pemilihan lahan dalam budidaya melon
  • Cara pengolahan tanah budidaya melon Erna
  • Pengolahan dan pembuatan pupuk fermentasi padat dalam budidaya melon
  • Pengolahan serta pembuatan pupuk fermentasi cair dalam budidaya melon
  • Dosis dan cara aplikasi pupuk dasar dalam budidaya melon Erna
  • Pemasangan mulsa dan pembuatan lubang pupuk
  • Perawatan tanaman yang baik dan benar dalam budidaya melon Erna
  • Cara aplikasi dan dosis pupuk susulan budidaya melon Erna
  • Pengendalian dan pencegahan hama penyakit dalam budidaya tanaman melon

Ternyata setelah kita urai satu persatu apa yang perlu di lalui dalam proses budidaya buah melon Erna kalau ingin berhasil dan sukses cukup banyak. Namun penulis yakin ini tidak akan mematahkan semangat bagi petani dan pembaca semua yang ingin belajar. Lebih penting lagi mendapatkan hasil layaknya petani melon yang sudah punya pengalaman tanam 5 tahun. Tetap semangat yang kawan pembaca dan petani semua!!!!!. Dijamin anda akan menjadi petani sukses kalau mengikuti tulisan ini 100 %. Materi jangan di potong, apalagi di kurangi.

Mari kita bahas selangkah demi selangkah materi cara budidaya melon Erna bagi pemula ini biar bisa lebih jelas dan bisa di pahami :

  • PERSIAPAN  LOKASI PERSEMAIN BUDIDAYA MELON ERNA  PETANI PEMULA

Menanam melon Erna membutuhkan waktu 8 hari di pesemaian. Lokasi persemaian harus terkena panas matahari sepanjang hari. Jangan memilih lokasi yang ternaung sehingga matahari tidak bisa masuk secara lancar. Media persemaian yang di gunakan harus di saring ( diayak ) terlebih dahulu sehingga media halus.

CARA PERSEMAIAN BUDIDAYA MELON ERNA

Media yang kasar menyebabkan resiko budidaya melon Erna Cap Mutiara Bumi yang kita semai tidak tumbuh. Media semai yang di gunakan adalah tanah yang sumbernya dari bawah pohon bambu, pupuk fermentasi padat, dan pupuk serta furadan.

Budidaya melon Erna di persemaian caranya ambil tanah 5 bagian, pupuk fermentasi 2 bagian, NPK 250 Gram dan Furadan 100 Gram. Campurkan materi media semua untuk ukuran 20 Kg bahan. Setelah tercampur media bisa di masukkan di polybag semai yang berukuran 6 x 8 Cm. Bisa juga menggunakan Tray semai yang lubang 128 sehingga media sesuai untuk persemaian melon. Tempatkan dan tata polybag semai di tempat persemaian yang sudah di siapkan.

BACA JUGA : Benih melon Erna tahan virus jagoan baru petani

Budidaya melon Erna di tahapan persemaian di kasih sungkup ( penutup ) plastik tranparan sehingga cahaya tetap masuk. Sungkup plastik kalau pagi dan tidak hujan bisa di buka, biar udara tetap bisa berhempus.  Siram tanaman selama di persemian dan jaga benih kecukupan air. Waktu hujan dan malam hari plastik sungkup di tutup kembali. Benih melon Erna bisa di tanam di lahan setelah berumur 8 hari. Menanam melon Erna bisa di lakukan.

Benih melon Erna bisa anda beli di toko pertanian LMGA AGRO dengan harga murah. Kebutuhan benih melon Erna dalam 1 Ha lahan adalah 30 sachet. Kami siap megirim benih melon Erna dengan cepat dan tepat waktu.

  • SEJARAH DAN PEMILIHAN LAHAN DALAM BUDIDAYA MELON PETANI PEMULA

Budidaya melon Erna menghendaki lahan yang baru dan belum pernah di tanami untuk sayuran satu famili. Sadarkah anda bahwa Hama dan Penyakit timbul salah satunya karena pemilhan lokasi tanam yang salah. Pengaruh ini bisa mencapai 40 persen.

CARA MEMILIH LAHAN  BUDIDAYA MELON ERNA YANG BAIK

Standart lahan yang akan di gunakan untuk budidaya melon Erna terbaik adalah bekas tanaman padi. Hindari menanam benih melon bekas tanaman satu famili dan tanaman yang satu penyakit. Golongan tanaman itu seperti tanaman semangka, timun, terong, tomat, cabai, blewah, waluh. Karena tanaman tersebut mempunyai hama dan penyakit yang sama dengan melon. Memaksakan budidaya melon Erna di lahan bekas tanaman di atas sama dengan mencari kegagalan sebelum tanam.

Pemilihan lahan untuk budidaya melon Erna Cap Mutiara Bumi juga harus di tepat, yaitu panasnya bisa sehari penuh. Jangan memilih lahan hamparan melon yang ternaung oleh tanaman. Ini akan menyebabkan kegagalan menjadi lebih tinggi serta produktivitas tanaman rendah. Pemilihan lokasi tanam juga lahan yang sumber pengairannya dan pembuangan airnya mudah. Hal ini untuk menjaga agar kebutuhan air di tanaman melon Erna bisa tercukupi. Begitu pula kalau ada hujan maka air yang ada bisa terbuang dengan sempurna.

  • CARA PENGOLAHAN TANAH DALAM BUDIDAYA MELON PETANI PEMULA

Budidadaya melon Erna menghendaki lahan yang gembur, cukup bahan organik, mempunyai pH tanah yang netral, aerasi normal serta saluran drainasenya baik.  Karena itu pengolahan lahan yang mau di pergunakan untuk menanam melon harus di siapkan secara matang.

BACA JUGA : Melon kuning Alisha tahan virus

Sebelumnya tanah di bajak dan di rotari sehingga di peroleh tanah yang baik. Kemudian di buat bedengan dengan panjang maksimal 15 Meter dan lebar bedengan 120 Cm, Jarak antar bedeng 50 Cm, ketinggian bedengan 25 Cm. Kedalaman saluran air tengah 30 Cm dan saluran air terluar ( keliling ) 50 Cm. Setelah itu biarkan bedengan terjemur matahari selama 7 hari. Tujuannya agar tanah terjemur matahari dan menciptakan aerasi tanah semakin baik.

  • PENGOLAHAN SERTA PEMBUATAN PUPUK FERMENTASI PADAT BUDIDAYA MELON PEMULA

Budidaya melon Erna seperti yang saya ulas di atas membutuhkan media yang baik dan sesuai agar kita bisa memperoleh hasil yang maksimal. Syarat media yang baik salah satunya adalah pupuk kandang yang kita gunakan harus sudah posisi tersedia dan kaya akan nutrisi tanaman. Karena itu pemakaian pupuk hasil proses fermentasi selalu saya anjurkan kepada petani binaan LMGA AGRO. Menggunakan pupuk kandang yang sudah di fermentasi ibarat manusia sama dengan makan makanan yang empat sehat lima sempurna.

BACA JUGA : Melon tahan virus STR 11

Proses pembuatan pupuk fermentasi untuk budidaya melon Erna di butuhkan waktu kurang lebih 25 hari. Karena itu tahapan pembuatan pupuk fermentasi padat dan pupuk fermentasi cair harus di buat 30 hari sebelum tanam, sehingga semua bisa berjalan normal. Pembuatan pupuk fermentasi padat dan cair harus di jadwal dan di rencanakan sehingga bisa berjalan sesuai rencana. Cara pembuatan, bahan yang di butuhkan semua bisa anda buka di LINK DI BAWAH INI :

        1. Cara pembuatan pupuk organik bokashi

        2. Cara pembuatan pupuk organik cair

Ke dua cara pembuatan pupuk di atas perlu di pahami, dipraktekkan dalam budidaya melon Erna. Hasilnya kami jamin walaupun petani pemula tidak akan kalah dengan petani yang sudah pengalaman tanam melon 5 tahun. Pemberian pupuk dasar sangat di perlukan dalam menanam melon Erna yang benar.

  • DOSIS DAN CARA APLIKASI PUPUK DASAR  BUDIDAYA MELON ERNA

Kita harus memberi pupuk dasar dengan dosis tepat agar memperoleh hasil maksimal dan tanaman tidak mudah terkena penyakit. Permasalahan jika kita memberikan pupuk dasar kurang tepat dosis adalah : Bunga serta buah mudah rontok, berat buah kurang maksimal, buah mudah terkena cacar, rasa kurang manis. Pupuk dasar berfungsi untuk makanan utama selama pertumbuhan tanaman melon. Nantinya pupuk dasar akan di sempurnakan dengan pemberian pupuk susulan.

Lalu pupuk dasar apa saja dalam Budidaya melon Erna Mutiara Bumi yang baik??? dan dosis berapa????. Nanti kita akan infokan sehingga petani pemula pun bisa merasakan hasil manis dari Budidaya melon Erna ini. Kami dengan senang hati akan membimbing pembaca semua agar bisa belajar budidaya tanaman melon sampai berhasil dengan sukses. Konsultasi Gratis dan pembelian benih Melon Erna harga murah bisa di lakukan di toko pertanian LMGA AGRO. Kami memberi jaminan barang yang ada beli pasti datang.

BACA JUGA : Semangka andalan petani Prime dan Juve

Budidaya melon Erna dalam luasan 1 Ha ( populasi sekitar 17.000 batang ) membutuhkan pupuk dasar : ZA, TSP, KCL, Pupuk Fermentasi padat dan Dolomit. Pupuk Fermentasi padat adalah hasil dari anda membuat 1 bulan sebelumnya. Cara dan bahan pembuatan sudah saya tulis jelas dan detail.  Jumlahnya adalah  Za = 150 Kg, KCL = 300 Kg, TSP = 250 Kg, Pupuk Fermentasi padat = 3 Ton, Dolomit 2 Ton, Borat 10 Kg. Setelah anda siapkan jenis pupuk dasar tersebut maka anda bisa bagi secara merata ke bedengan yang sudah anda siapkan. Jangan lupa tanah di jemur terlebih dahulu minimal 7 hari.

PUPUK DASAR DALAM BUDIDAYA MELON ERNA

Pembagian  pupuk dasar di budidaya melon Erna Cap Mutiara Bumi ini di bagikan secara merata di kedalaman 15 – 20 Cm ( sedalam perakaran melon ), jangan di permukaan. Pembagian pupuk dasar harus di lakukan secara rata ke semua bedengan sehingga nanti pertumbuhan tanaman melon Erna juga akan seragam. Proses pembagian pupuk dasar di bedengan yang tidak merata akan menyebabkan banyak permasalahan di tanaman.

  • PEMASANGAN MULSA  DAN PEMBUATAN LUBANG PUPUK BUDIDAYA MELON PEMULA

Setelah pupuk dasar standar LMGA AGRO ini di bagikan secara merata, maka ratakan kembali bedengan. Langkah berikutnya adalah memasang plastik mulsa untuk budidaya melon Erna. Pemasangan mulsa hitam perak atau mulsa perak – perak harus di lakukan saat terik matahari. Pemasangan yang terik dan panas menyengat membuat mulsa lentur dan akhirnya kencang. Jangan lupa di beri pasak pada mulsanya sehingga tidak robek terkena angin.

Budidaya Melon Erna produk PT. Prabu Agro Mandiri setelah pemasangan mulsa selesai adalah membuat lubang tanam dan lubang pupuk. Jarak tanam ideal untuk menanam melon Erna adalah 60 x 60 Cm di musim kemarau. Untuk di musim penghujan toko pertanian LMGA AGRO merekomendasikan jarak tanam aman 70 x 70 Cm. Buat lubang tanam dengan alat pelubang mulsa yang berdiameter 4″ ( 4 Inchi ). Jangan lupa sekalian buat lubang pupuk jaraknya 15 Cm dari lubang tanam dengan diameter lubang 2″ ( 2 Inchi ). Alat pelubang mulsa dan pelubang pupuk bisa anda beli di toko pertanian LMGA AGRO. Setelah lubang tanam dan lubang pupuk di buat, maka kegiatan selanjutnya adalah memasang bambu penyangga ( Ajir ). Ajir bambu harus segera di pasang untuk menghindari kalau ada angin kencang mulsa tidak robek serta terbawa angin.

PEMASANGAN MULSA DI BUDIDAYA MELON ERNA

Setelah bedengan tanaman melon di tutup dengan mulsa biarkan terlebih dahulu selama 7 hari, dengan tujuan agar sebagian pupuk tercampur dengan tanah, tanah stabil dan dingin. Sehingga tanaman tidak banyak yang mati karena efek dari pupuk ( Amoniak ) yang menguap. Setelah 7 hari proses penanaman budidaya melon Erna sudah bisa di lakukan. Proses tanam di lakukan pagi hari yaitu jam 06.00 – 10.00 atau kalau sore hari bisa di lakukan jam 15.00 – 17.00. Hindari pindah tanam tanaman melon siang hari, karena akan banyak tanaman yang mati.

  • PERAWATAN TANAMAN MELON YANG BAIK DAN BENAR STANDAR LMGA AGRO

Budidaya melon Erna  yang baik dan benar adalah yang susuai dengan kebutuhan dibutuhkan tanaman melon. Berdasarkan pengalaman yang di dapat di lapang maka toko pertanian LMGA AGRO mempunya standar Budidaya dalam perawatan melon antara lain adalah :

       1. Pembersihan tunas air di budidaya melon Erna

Budidaya melon Erna akan di temui tunas air dalam tanaman. Tunas air adalah tunas yang ada di tanaman melon yang tidak produktif, walaupun daun kalau memang tidak produktif bisa di hilangkan. Tunas air di tanaman melon biasanya keluar di ketiak daun. Melon hanya di pelihara satu batang utama. Itu yang menghendaki buah satu pertanaman, kami menyarankan cara ini bagi petani pemula budidaya melon Erna.

Sedangkan bagi petani yang sudah berpengalaman budidaya melon Erna bisa di buahkan lebih dari satu. Bahkan kalau sudah terampil bisa 2 – 4 buah per tanaman. Untuk yang di buahkan lebih satu bisa menempuh dengan cara di pelihara cabang 2 atau tiga.

MEMBUAHKAN MELON LEBIH SATU DI BUDIDAYA MELON ERNA

Bisa juga di lakukan dengan memotong batang utama di ruas ke 5. Kemudian biarkan tunas tumbuh dan di pelihara 3 yang sama besar untuk di jadikan batang utama. Dari sinilah melon Erna di buahkan. Dengan cara ini maka kita akan mendapatkan buah yang seragam dan sama besar dalam budidaya melon Erna.

       2. Seleksi buah dalam budidaya melon Erna

Budidaya melon Erna Cap Mutiara Bumi memerlukan seleksi buah sehingga di peroleh bakal buah yang nantinya seragam, besar dan bentuk sempurna. Buah melon terbaik adalah yang terletak di ruas ke 11, 12, 13 dan 13. Kegiatan seleksi buah bisa dilakukan saat buah melon berukuran telor ayam kampung. Buah melon Erna yang kita pilih adalah mempunyai ciri sebagai berikut : Ukuran seragam, bentuk agak lonjong, tidak ada luka, serta bentuk sempurna. Buang bakal buah yang busuk, cacat, ada bekas tusukan, tidak seragam, letak di luar ruas 11 – 14. Seleksi harus di lakukan secara ketat dan hati – hati agar kita memperoleh buah yang sempurna. Aktivitas seleksi dalam budidaya melon Erna ini sangat penting dan akan mempengaruhi keberhasilan kita selanjutnya.

       3. Pembersihan gulma dalam budidaya melon Erna

Budidaya melon Erna PT. Prabu Agro Mandiri agar tanaman tumbuh sempurna dan tidak terserang gemini virus, lahan harus bersih dari  GULMA ( Rumput ). Gulma yang tumbuh dalam jumlah banyak menyebabkan tanaman terganggu dan mudah terserang penyakit. Pupuk yang kita berikan akan di ambil oleh rumput. Pengendalian gulma bisa secara manual dengan alat seperti cangkul dan sabit.

MENCEGAH GULMA DI AREA BUDIDAYA MELON ERNA

Pengendalian gulma dengan menggunakan herbisida harus di lakukan secara hati – hati agar tanaman melon tidak ikut tersemprot. Selama budidaya melon Erna gulma harus selalu di bersihkan untuk menjamin pupuk yang kita berikan hanya di serap oleh tanaman melon Erna.

        4. Pembuangan melon yang terserang cacar dan lalat buah

Seleksi buah di lakukan dalam budidaya melon Erna, segera buang apabila ada buah yang terserang cacar buah atau ada gejala di serang oleh lalat buah. Cara ini akan menghindarkan kita dari serangan busuk buah yang bisa terjadi secara masal. Serangan cacar buah dan lalat buah biasanya akan tinggi di saat kita menanam melon di musim penghujan. Buah yang terserang cacar dan lalat buah harus di pendam biar tidak menular.

        5. Pencegahan serangan layu jamur dan bakteri dalam budidaya melon Erna

Menanam melon Erna Cap Mutiara Bumi tidak akan jauh dari serangan yang namanya layu. Serangan mati layu bisa di sebabkan karena jamur maupun bakteri. Keduanya akan dominan menyerang apabila kita Budidaya melon Erna di musim penghujan. Namun bukan berarti serangan layu jamur dan bakteri di tanaman melon tersebut tidak bisa di lakukan pencegahan. Trik ini semula di praktekkan oleh Toko pertanian  on line harga murah LMGA AGRO dan petani binaannya. Sekarang saya tulis di tulisan artikel ini, semoga bermanfaat bagi petani Indonesia. Tentunya bagi mereka yang mau mencoba dan mempraktekkan di tanaman masing – masing.

BACA JUGA : Beli produk Panah Merah

Budidaya Melon Erna dalam menghadapi permasalahan layu baik jamur atau bakteri lebih baik kalau sifatnya mencegah. Pencegahan layu dalam menanam melon Erna bisa di lakukan dengan cara pengocoran dengan obat anti layu “ ARASHI “.

CARA MENCEGAH LAYU DALAM  BUDIDAYA MELON ERNA

Aplikasi dilakukan saat tanaman berumur 20 hari, 35 hari dan 55 hari. Dosisnya adalah dengan cara melarutkan ARASHI dengan campuran 0,5 – 1 Gram / Liter air. Setiap tanaman di siram di pangkal batang sebanyak 1 gelas Aqua ( 200 ML ). Aplikasi ARASHI harus tunggal hanya di larutkan dengan air saja. Apabila tindakan di atas sudah di lakukan dan tetap di temui tanaman melon anda masih ada layu. Segera ambil tindakan dengan cara mencabut tanaman melon dan di bakar.

        6. Pengairan tanaman dalam budidaya melon Erna

Air yang cukup mutlak di butuhkan oleh tanaman. Apalagi tanaman melon yang sebagian besar tanamannya adalah mengandung air. Kekurangan air dalam budidaya melon Erna menyebabkan tanaman perakaran tidak berkembang serta tanaman kerdil. Tanaman  kerdil akan menyababkan buah tidak bisa berukuran maksimal. Karena itu dalam budidaya melon Erna Cap Mutiara Bumi ini kebutuhan air harus tercukupi.

BACA JUGA : Cap Panah Merah Benih Petani Indonesia

Toko pertanian LMGA AGRO menganjurkan pengairan dilakukan seminggu 2 kali saat musim kemarau, atau lihat kondisi tanaman. Pengairan dalam budidaya melon Erna dilakukan saat pagi hari sampai maksimal jam 09.30 atau bisa di lakukan sore hari setelah matahari surup. Masa kritis kebutuhan air bagi tanaman melon adalah saat tanaman berumur 20 – 40 hari setelah tanam dan 50 – 63 hari setelah tanam.

        7. Kontrol tanaman budidaya melon Erna petani pemula

Menanam melon seringkali petani mengibaratkan tingkat kesulitannya sama dengan memiliki bayi kecil. Pengontrolan tanaman dalam budidaya melon Erna harus di lakukan setiap hari ke seluruh tanaman. Jangan sampai ada yang terlewat sekalipun itu satu tanaman.

FUNGSI KONTROL TANAMAN DALAM BUDIDAYA MELON ERNA

Pengontrolan tanaman melon harus di lakukan setiap pagi hari sehingga begitu ada tanaman yang bermasalah bisa cepat di ambil tindakkan. Serangan Hama serta Penyakit tanaman seringkali akibat kita lalai atau kurang ketat dalam kontrol tanaman. Sebagai seorang petani kita harus tahu betul tentang ciri – ciri kalau ada tanaman melon kita yang terserang penyakit.

Apabila anda kurang paham dan mengalami kebingungan mengatasi permasalahan Hama serta penyakit yang menyerang tanam melon silakan konsultasi ke LMGA AGRO. Kami dengan senang hati akan membantu memberi solusi agar tanaman anda terbebas dari hama dan penyakit. CARA KONSULTASI KLIK LINK INI YA.

        8. Pengendalian Hama Penyakit dalam budidaya melon Erna

Setelah kegiatan pengontrolan tanaman dalam budidaya melon Erna nanti pasti akan di temui persalahan. Permasalahan bisa karena jamur, bakteri, kekurangan nutrisi atau gangguan hama. Kita harus tahu ciri – ciri serta penyebabnya sehingga tidak salah dalam mengambil tindakan pengobatan dan pengendalian. Karena tindakan dan pengobatan hama penyakit dalam mananam melon ini sangat komplek, melibatkan namanya pestisida. Dalam budidaya melon Erna penggunaan pestisida harus menganut tepat dosis, tepat sasaran, tepat aplikasi, tepat bahan aktif dan tepat waktu. Semua itu bertujuan agar penggunaan pestisida aman dan efektif. Maka kalau ada masalah pembaca semua langsung hubungi Toko pertanian LMGA AGRO.

       9. Toping tanaman budidaya melon Erna anjuran toko pertanian LMGA AGRO

Toping tanaman adalah pemangkasan ujung tumbuh batang utama di tanaman melon Erna yang kita pelihara. Tujuan toping adalah agar nutrisi tanaman tidak banyak terserap ke ujung tunas.

APLIKASI TOPING DI BUDIDAYA MELON ERNA YANG BENAR

Karena itu Toko pertanian LMGA AGRO selalu menganjurkan untuk melakukan kegiatan yang namanya ” TOPING “. Toping di lakukan dengan memotong batang utama di ruas 25. Di budidaya melon Erna manfaat dari toping adalah buah melon menjadi lebih seragam, berat, besar, manis serta Net akan lebih sempurna.

      10. Pemupukan susulan tepat dosis budidaya melon Erna

Cara menanam melon Erna yang tepat dan benar akan memberi hasil yang maksimal. Karena itu langkah terakhir adalah pemberian pupuk susulan harus tepat waktu, tepat dosis dan tepat kandungan. Pemberian pupuk tepat dosis dan tepat kandungan ini yang seringkali jarang di ungkap dan di tulis. Melalui tulisan ini toko pertanian LMGA AGRO mau berbagi secara komplit dan menyeluruh. Harapannya petani dan pembaca semua bisa paham walaupun masih kategori petani melon pemula. Sukses dalam budidaya melon Erna akan lebih sempurna kalau anda semua aplikasikan dosis pupuk yang kami rekomendasikan.

BACA JUGA : Jual grosir murah benih Panah Merah

Berikut ini adalah materi pupuk, dosis dan waktu aplikasi pemberian pupuk susulan dalam budidaya melon Erna yang di tunggu – tunggu oleh petani. Perlu saya jelaskan terlebih dahulu agar lebih jelas dan mudah di pahami. “Pemupukan di lakukan dengan cara melarutkan pupuk ke dalam DRUM 200 liter dimana setiap tanaman diberi 200 ML air ( 1 Gelas Aqua ) dengan cara menyiramkan di lubang pupuk”. PERHATIAN !!! Dilarang keras memberi pupuk di lubang tanam dalam budidaya melob Erna.

JENIS PUPUK YANG DI GUNAKAN DALAM BUDIDAYA MELON ERNA

Mari kita lanjutkan materi nama pupuk, dosis dan waktu aplikasi untuk pemupukan dalam budidaya melon Erna standar LMGA AGRO :

  1. Dosis pemupukan pertama ( 10 HST ) standar LMGA AGRO dalam budidaya melon Erna dilakukan pengocoran pupuk  dengan jenis serta takaran sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : Calsium CNO : Magnesium Sulfat  dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 1,5  Kg : 1 Kg : 200 Gr : 100 Gr : 3 Liter  dalam 1 Drum.
  2. Dosis pemupukan kedua ( 17 HST ) standar LMGA AGRO dalam budidaya melon Erna dilakukan pengocoran pupuk  dengan jenis serta takaran sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Merah : MKP : Magnesium Sulfat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 3 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 300 Gr : 3 Liter  dalam 1 Drum.
  3. Dosis pemupukan ketiga ( 24 HST ) standar LMGA AGRO dalam budidaya melon Erna dilakukan pengocoran pupuk  dengan jenis serta takaran sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat : Ultradap : Calsium CNO dan Pupuk Cair Fermentasi  dengan perbandingan 5 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr :  350 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum.
  4. Dosis pemupukan keempat ( 30 HST ) standar LMGA AGRO dalam budidaya melon Erna dilakukan pengocoran pupuk  dengan jenis serta takaran  sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat  : Ultradap dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 5 Kg : 1 Kg : 1 Kg : 1 Kg : 250 Gr : 250 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum.
  5. Dosis pemupukan kelima ( 37 HST ) standar LMGA AGRO dalam budidaya melon Erna dilakukan pengocoran pupuk  dengan jenis serta takaran sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat  : Calsium CNO dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 6 Kg : 1 Kg : 1,5 Kg : 1 Kg : 250 Gr : 500 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum.
  6. DOSIS PEMUPUKAN BUDIDAYA MELON ERNA
  7. Dosis pemupukan keenam ( 45 HST ) standar LMGA AGRO dalam budidaya melon Erna dilakukan pengocoran pupuk  dengan jenis serta takaran  sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat  : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 8 Kg : 1,5 Kg : 1 Kg : 1,5 Kg : 250 Gr : 250 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum.
  8. Dosis pemupukan ketujuh ( 52 HST ) standar LMGA AGRO  dalam budidaya melon Erna dilakukan pengocoran pupuk  dengan jenis serta takaran  sebagai berikut : NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat  : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 8 Kg : 2 Kg : 1 Kg : 1,5 Kg : 200 Gr : 200 Gr : 5 Liter dalam 1 Drum.
  9. Dosis pemupukan terakhir ( 60 HST ) standar LMGA AGRO  dalam budidaya melon Erna dilakukan pengocoran pupuk  dengan jenis serta takaran  sebagai berikut : NPK 16 : Calsium CNO : ZK dan Pupuk Cair Fermentasi dengan perbandingan 6 Kg : 2 Kg : 3 Kg : 5 Liter dalam 1 Drum.

            CATATAN : HST ( HARI SETELAH TANAM  )

Demikian artikel  tentang sukses budidaya melon Erna bagi petani pemula ini kami tulis.  Apabila ada petani dan pembaca semua kurang jelas bisa di tanyakan secara langsung ke toko pertanian LMGA AGRO. Toko pertanian LMGA AGRO selain jual benih melon Erna harga murah juga menyediakan layanan konsultasi gratis. Konsultasi budidaya melon Erna secara Gratis.  Konsultasi menanam melon Erna bisa di lakukan dengan menghubungi Toko pertanian LMGA AGRO di CP : Budi Hp. 082 141 747 141 atau khusus layanan SMS / WA di Hp. 0812 5222 117.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *