CARA MENANAM CABE KERITING YANG BAIK DAN BENAR

MENANAM CABE KERITING, CARA MENANAM CABE, BENIH CABE KERITING, CABE KERING LAJU, JUAL BENIH CABE LAJU, LMGA AGROMenanam cabe keriting menjadi andalan petani hortikultura di Indonesia, di antara jenis benih cabe lain. LMGA AGRO SMS/WA : 08125222117 jual benih cabe keriting harga murah. Kami siap mengirim benih cabe merah keriting ke petani dan toko pertanian seluruh Indonesia. Sukses dalam menanam cabe keriting menjadi tantangan tersendiri bagi petani. Cabe keriting atau cabe merah merupakan sayuran favorit masyarakat. Cabe keriting dimanfaatkan sebagai pewarna merah alami  pada masakan dan juga rasa pedasnya.

Toko pertanian LMGA AGRO melayani konsultasi cara menanam cabe keriting yang baik dan benar. Kalau mau telrpon silakan hubungi bapak Budi di HP : 082 141 747 141. Toko pertanian online LMGA AGRO juga menjual Bermacam Benih, Pupuk, Obat dan Hormon Pertanian dengan harga murah. Juga Melayani konsultasi pertanian.

Permintaan komoditi cabai keriting meningkat sehingga semakin banyak petani yang tertarik ingin menanam cabe keriting dengan lebih serius, apalagi semakin banyak benih cabe keriting berkualitas unggul dan dikeluarkan pabrikan benih terkemuka di Indonesia.

Benih cabe keriting dari pabrik benih memiliki keunggulan yang beragam tergantung dari varietasnya. Benih yang unggul bila di imbangi dengan cara menanam cabe keriting yang baik dan benar maka akan diperoleh hasil yang memuaskan dan produktivitas panen yang tinggi.

Petani baru harus mempunyai tempat konsultasi tentang cara menanam cabe keriting terpercaya agar terhindar dari kegagalan dalam budidaya cabe.

SEKILAS TENTANG CABE  KERITING 

Cabe Keriting yang memiliki nama latin Capsicum annum salah satu sayuran yang berasal dari suku Solanaceae dan genus Capsicum, termasuk dalam tanaman musiman, ciri-ciri tanaman cabe keriting memiliki daun berwarna hijau tua, berbentuk oval, bunga soliter dengan mahkota bunga berwarna putih.

Tanaman cabe keriting masuk dalam kategori tanaman perdu yang berkayu lunak, ketinggian tanaman mencapai hingga 1 meter, tumbuh baik di daerah dengan iklim tropis, baik di dataran rendah maupun tinggi.

Tanaman cabe berasal dari Benua Amerika, tepatnya dari negara Peru yang beriklim tropis dan sub tropis. Cabe keriting memiliki tekstur buah bergelombang, dengan  warna merah yang menyala dan bentuk kurus panjang.

MANFAAT MENGKONSUMSI CABE KERITING

Cabe memiliki rasa pedas yang cocok memberikan sentuhan rasa khas pada masakan kita. Keberadaan cabe wajib bagi sebagian orang yang menyukai rasa pedas pada olahan masakan mereka, juga yang ingin memberi warna alami merah dari masakan mereka.

Rasa pedas pada cabe keriting mampu memberikan rasa kepuasan tersendiri bagi penyuka rasa pedas. Bagi kesehatan tubuh, cabe keriting mampu menambah daya tahan tubuh kita, karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

BACA JUGA : TANAMAN CABAI RIMBUN 3 LEBAT DAN TAHAN VIRUS

Cabe keriting juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yang baik untuk kesehatan mata kita. Namun konsumsi cabe keriting juga tidak boleh berlebihan terutama bagi yang mempunyai masalah dengan pencernaan karena bagi yang tidak tahan pedas akan menyebabkan rasa mual dan diare.

VARIETAS BENIH CABE KERITING YANG UNGGUL

Saat ini, benih cabe keriting yang direkomendasikan untuk digunakan menanam cabe keriting  adalah cabe keriting F1 Imperial dan F1 Elegance.

Kedua jenis benih tersebut memiliki keunggulan tahan terhadap virus, yang lebih baik dibandingkan jenis benih cabe keriting yang lain.

Petani di Indonesia juga semakin pandai mencari mana benih yang baik, berkualitas dan tidak merugi bila menanam cabe. Disamping itu pastinya cara menanam cabe keriting pun harus diperhatikan dan dilaksanakan sebaik-baiknya agar hasil yang diperoleh juga dapat maksimal. Dapatkan konsultasi cara menanam cabe keriting di toko pertanian LMGA AGRO GRATIS.

BACA JUGA : JUAL BIBIT CABE VERY WELL TUNAS AGRO

Agar sukses dalam menanam cabe keriting maka perlunya memilih benih yang baik, harus hibrida, berkualitas baik dan memiliki adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan yang ada.

Benih cabe yang berkualitas yang ingin Anda tanam baik di rumah maupun di lahan, dapat di peroleh di Toko Online LMGAAGRO. 

SYARAT TUMBUH TANAMAN CABE KERITING

Iklim Lokasi Menanam Cabe Keriting

Tanaman cabe keriting memiliki adaptasi yang baik, dapat ditanam baik di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian kurang lebih 2000 mdpl.

Iklim yan cocok adalah iklim tropis dengan suhu udara yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu lembab. Suhu lingkungan yang baik untuk menanam cabe keriting yaitu pada kisaran 24 – 27 °C dan untuk pembentukan buahnya, suhu udara yang baik adalah 16 – 23 °C.

Tanah Lokasi Menanam Cabe Keriting

Tanaman cabe keriting cocok dengan semua jenis tanah untuk budidaya tanaman pertanian lain, agar kualitas dan kuantitas tanaman baik, menginginkan tanah yang gembur, subur, kaya akan unsur organik, tanah tidak mudah menggenang ( tidak mudah becek ), bebas cacing ( nematoda ) dan penyakit ulat tanah. Kisaran pH yang ideal adalah 5,5 – 6,8.

PERSIAPAN LAHAN UNTUK MENANAM CABE KERITING

  1. Persiapan lahan menanam cabe keriting berupa mengolah tanah, bersihkan rumput liar atau gulma di lahan, dengan cara dibajak atau dicangkul dengan kedalaman 30 cm hingga gembur.

  2. Pupuk dasar sebelum tanam menggunakan pupuk kandang sebanyak 0,5 – 1 ton per 1000 m2 lalu tanah diaduk hingga merata. Lalu didiamkan selama 1 minggu.

  3. Setelah 1 minggu, bila pH tanah masih kurang dari 5,5 maka perlu ditambahkan dolomit 0,25 ton per 1000 m2.

  4. Selanjutnya membuat bedengan dan parit untuk mananam cabe keriting, bedengan dibuat dengan lebar 100 cm, jarak antar bedengan 70 cm, tinggi bedengan 20 – 30 cm.

  5. Pupuk kimiawi yang di guanakan dalam menanam cabe keriting yaitu pupuk Za dan KCl.

  6. Untuk mengurangi tumbuhnya gulma dan menjaga kelembaban selama menanam cabe keriting maka bedengan diberi mulsa plastik hitam perak. Pemasangan mulsa dilakukan pada siang hari.

  7. Selanjutnya membuat lubang tanam diameternya 10 cm, jarak setiap lubang tanam 60 – 70 cm, sebaiknya lubang tanam dibuat zig-zag. Penanaman bentuk zig-zag akan melancarkan penetrasi sinar matahari dan sirkulasi udara.

Pemakaian mulsa dalam menanam cabe keriting memang cukup mahal tapi bila dibandingkan manfaatnya sangatlah banyak. Dengan dipasangnya mulsa pada bedengan kita, akan stabil kelembabannya, bedengan tidak mudah erosi, menekan pertumbuhan gulma dan tidak terlalu sering menyiram tanaman.

CARA PEMBIBITAN UNTUK MENANAM CABE KERITING

Sebaiknya benih yang Anda pilih disesuaikan dengan daerah tempat akan menanam cabe keriting. Bila sudah memilih benih yang sesuai sealnjutnya membuat persemaian benih.

Persemaian benih menggunakan polybag dengan media tanam adalah campuran tanah, arang sekam dan kompos ( 2 : 1 : 1 ) atau bisa juga menggunakan campuran tanah dan kompos ( 1 : 1 ).

Sebelum dicampur menjadi satu, diayak terlebih dahulu dipisahkan dari batu dan kotoran kemudian dimasukkan ke polybag dengan tinggi 2/3 bagian.

Tempat untuk pembibitan harus mendapat naungan agar tidak terkena sinar matahari langsung. Naungan bisa berupa jaring, yang dapat juga mencegah datangnya serangan hama.

Perlakuan Benih Dalam Menanam Cabe Keriting

Sebelum benih di tanam, benih cabe keriting terlebih dahulu direndam pada air hangat minimal selama 3 jam. Setelah 3 jam, benih ditanam pada polybag dan ditutup dengan tanah.

Lakukan penyiraman seperlunya untuk menambah ketersediaan air tanah. Penyiraman pembibitan dilakukan sesuai kondisi tanah dan suhu udara, bila musim kemarau dan tanah tampak kering maka bibit disiram sebanyak dua kali.

Untuk menjaga kelembaban tanah, benih yang baru ditanam, setelah disiram dapat ditutup dengan koran. Setelah 3 hari benih tumbuh, koran bisa dibuang atau tidak dipakai lagi.

Pembibitan  Menanam Cabe Keriting menggunakan Tray Semai/Baki Semai

Selain pembibitan di polybag, cara modern lain yaitu menggunakan tray semai yang bentuknya seperti baki. Keuntungan menggunakan tray semai adalah dapat menghitung kebutuhan bibit dengan cepat, bibit mudah dipindahkan, menghemat biaya tenaga kerja dan waktu pembibitan, memaksimalkan pemakaiaan lahan dan lebih mudah dipindahkan dan pembibitan dengan tray semai ini dapat digunakan berkali-kali.

PENANAMAN BIBIT CABE KERITING

Bibit cabe keriting yang sudah berumur 21 – 23 hari atau telah kelaur 3 – 4 helai daun, dapat dipindahkan ke lahan tetap. Penanaman bibit sebaiknya dilakukan saat cuaca sejuk, yaitu pada pagi hari.

Sebelum dipindahkan, bibit disiram air sampai tanah cukup basah agar bibit mudah dicabut tanpa merusak akar. Bila ditanam di polybag maka polybag disobek dahulu dan bibit dicabut, tanah yang menempel pada akar tidak perlu dihilangkan. Setelah penanaman bibit, lakukan penyiraman untuk ketersediaan air tanah bagi tanaman.

PEMELIHARAAN TANAMAN CABE KERITING

MENANAM CABE KERITING, CARA MENANAM CABE, CABE KERITING RED SABEL, JUAL BENIH CABE RED SABEL, LMGA AGRO, HARGA MURAH
CABE KERITING RED SABEL

Penyiraman dalam menanam cabe keriting dilakukan dengan dua cara yaitu penggenangan dan menggunakan gembor. Jika dengan penggenangan dilakukan setiap 2 minggu sekali bedengan digenangi air.

Jika menggunakan gembor, penyiraman disesuaikan dengan kondisi lahan, apalagi bila lahan ditutup mulsa maka kelembaban tanah dapat terjaga.

Penyulaman dalam menanam cabe keriting adalah kegiatan mengganti bibit yang mati, pertumbuhannya jelek ataupun rusak,  dilakukan pada minggu pertama setelah pemindahan bibit.

Penyulaman dalam menanam cabe keriting dilakukan segera mungkin, dan diganti bibit yang baru, hal ini agar didapatkan tanaman cabe keriting yang tumbuh seragam dan serempak.

Pembuatan ajir. Saat tanaman berumur 7 hari dari setelah pemindahan bibit, tanaman perlu dipasang ajir diletakkan 4 cm dari tanaman, fungsinya untuk tetap tegaknya tanaman.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE MERAH KERITING LABA PANAH MERAH

Bila tanaman sudah cukup tinggi atau sekitar berumur 1 bulan, maka tanaman diikatkan pada ajir dengan menggunakan tali rafia. Pengikatan jangan terlalu rapat agar batang tanaman tidak rusak.

Pemangkasan selama menanam cabe keriting dilakukan terhadap tunas-tunas yang  tumbuh di ketiak daun. Biasanya saat tanaman berumur 3 minggu sampai 1 bulan. Pemangkasan tunas dilakukan sampai cabang utama terbentuk dengan ditandai munculnya bunga.

Pupuk susulan diberikan setiap 2 minggu sekali atau minimal 8 kali sampai panen tiba. Menanam cabe keriting membutuhkanp Pupuk susulan. Pupuk susulan sebaiknya diberikan dalam bentuk cair atau sistem kocor ke lubang tanam. Menggunakan pupuk cair organik, dapat juga menambahkan pupuk NPK ke dalam pupuk cair tadi.

Penyiangan yaitu mencabuti gulma-gulma di bedengan dan di sekitar tanaman. Selama menanam cabe keriting. gulma jangan dibiarkan tumbuh subur di sekitar tanaman ataupu di bedengan.

Karena adanya gulma selama menanam cabe keriting dapat menggangu pertumbuhan cabe keriting dan persaingan terhadap unsur hara dan air tanah.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN CABE KERITING

Pengendalian hama penyakit selama menanam cabe keriting sedini mungkin dilakukan dengan cara pengamatan dan pengontrolan rutin setiap hari terhadap tanaman cabe keriting.

Sehingga kita tidak terlambat dalam memberantas hama dan penyakit yang menyerang tanaman dan serangan tidak meluas.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE KERITING LENGKAP,  HARGA MURAH

Penanganan sejak dini adalah langkah yang lebih baik dimulai sejak pembibitan, penyiangan, penyiraman sambil mengamati kondisi tanaman.

Berikut hama yang sering menyerang tanaman cabe keriting yaitu :

1. Serangan Ulat Grayak ( Spodoptera litura )  Selama Menanam cabe Keriting

Hama ini berwarna hijau, berukuran kecil dan sangat banyak. Hama ini menyerang daun, tunas dan batang muda. Daun yang diserang menjadi berlubang, tunas menjadi rusak, Serangan yang hebat menyebabkan tanaman menjadi gundul dan hanya menyisakan tulan-tulang daun sehingga pertumbuhan terhambat. Pengendalian secara kimiawi disemprot dengan Curacron, Regent atau Prevathon.

2. Serangan Thrips Selama Menanam Cabe Keriting

Gejala serangan thrips menyebabkan daun keriting dan menggulung mengarah ke atas, hama ini sangat kecil, merusak daun tanaman dengan cara menghisap cairan  pada daun.

Serangan awal thrips selama menanam cabe keriting bisa di lihat di pucuk daun terutama daun muda, dan pada musim kemarau serangan makin parah. Hama ini juga vektor pembawa virus yang dapat menyebar dengan cepat.

3. Serangan Tungau Selama Menanam Cabe Keriting

Tungau yang menyerang selama menanam cabe keriting adalah tungau kuning dan merah. Menyebabkan daun keriting dan menggulung ke arah bawah. Daun yang terserang bagian bawahnya berwarna coklat dan serangan parah menyebabkan daun rontok.

4. Serangan Kutu Daun Selama Menanam Cabe Keriting

Juga menyebabkan daun menjadi keriting, pertumbuhan terhambat, juga menyerang tunas dan batang muda. Kutu daun menghisap cairan pada daun dan menyebabkan daun kering dan keriting pada permukaannnya.

Pengamatan awal selama menanam cabe keriting bila di ketahui banyak semut di sekitar tanaman, maka dipastikan terdapat telur kutu daun karena telurnya mengandung zat gula.

5. Serangan Lalat Buah Selama Menanam Cabe Keriting

Menyerang buah cabe keriting dengan cara lalat buah menyuntikkan telur ke dalam buah dan berkembang menjadi larva.

Larva – larva inilah yang nantinya menggerogoti buah cabe keriting dari dalam dan buah menjadi kering dan rontok, buah menjadi busuk ( basah ), tangkai buah atau ujung buah menguning. Jika buah dibelah, bagian dalam terdapat larva lalat buah.

Penyakit yang biasanya terdapat pada tanaman cabe keriting yaitu antara lain :

1. Serangan Bercak Daun Selama Menanam  Cabe Keriting

MENANAM CABE KERITING, CABE KERITING RED KRISS, CARA MENANAM CABE, JUAL BENIH CABE RED KRISS, LMGA AGRO
BENIH CABE RED KRISS

Terdapat bercak berwarna hitam dan bulat pada daun, menyebabkan daun menjadi kuning dan rontok. Penyakit ini disebabkan jamur ( Cercospora capsici ).

Serangan parah terjadi di musim hujan dengan kelembaban yang tinggi. Spora disebarkan oleh angin, air hujan dan manusia.

BACA JUGA : BUDIDAYA CABAI RED KRISS PETIK 35 KALI

Pencegahan terjadinya jamur ini dengan cara jarak tanam yang tidak terlalu rapat agar kondisi lahan tidak terlalu lembab. Pemakaian mulsa plastik juga dapat mengurangi serangan penyakit di musim penghujan.

2. Serangan Antraknose/Patek Selama Menanam Cabe Keriting

Gejala serangan yaitu pada kecambah layu saat disemai lalu mati, juga gejala matinya pucuk ( pucuk batang mengering ), busuk kering pada batang dan daun, busuk pada buah ( terdpat bulatan hitam pada buah seperti terbakar ).

3. Serangan Layu Fusarium Selama  Menanam  Cabe Keriting

Penyakit disebabkan jamur/cendawan, gejalanya yaitu tanaman tampak segar pada pagi atau sore hari tapi layu pada siang hari dan kembali segar saat sore, hingga akhirnya tanaman menjadi mati. Pengendalian menggunakan fungisida sesuai gejala serangan.

4. Serangan Busuk Batang dan Busuk Kuncup Selama Menanam Cabe Keriting

Busuk batang disebabkan  oleh jamur Phythoptora capsici, biasanya menyerang saat musim penghujan dan kelembaban tinggi.

Serangannya dapat menyebar dengan cepat. Sedangkan busuk kuncup disebabkan oleh jamur Choanosearum sp.  kuncup berwarna hitam dan lama kelamaan tanaman menjadi mati.

Serangan jamur selama menanam cabe keriting bisa dikurangi dengan cara jarak tanam tidak terlalu rapat, mengurangi pemakaian pupuk Nitrogen ( Urea atau ZA ), menggunakan mulsa plastik dan membuang atau membakar tanaman yang terserang.

PEMANENAN TANAMAN CABE KERITING

Menanam cabe keriting proses pemanenan tanaman cabe keriting dapat dilakukan saat tanaman berumur 75 – 85 hari. Pemanenan dapat dilakukan berkali-kali tergantung teknik budidaya, varietas tanaman dan kondisi lahan.

Proses pemanenan dapat dilakukan setiap 2 – 5 hari sekali, menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan kematangan cabe keritingnya.

BACA JUGA : JUAL BIBIT CABE RAWIT BHASKARA UMUR GENJAH

Supaya cabe keriting yang dipanen bisa tahan lama, sebaiknya dipanen dengan menyertakan tangkai buahnya. Pemanenan dilakukan pada jam 5 sampai jam 7 pagi. Dalam 1 hektar tanah dapat menghasilkan hingga 15 – 18 ton cabe keriting.

Demikian paparan Kami tentang Cara Menanam Cabe Keriting yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *