JUAL BIBIT SEMANGKA INUL PUTRI DELIMA KNOWN-YOU SEED

SEMANGKA INUL PUTRI DELIMA, SEMANGKA INUL, SEMANGKA PUTRI DELIMA, BUAH SEMANGKA PUTRI DELIMA, LMGA AGRO
SEMANGKA INUL PUTRI DELIMA

WWW.LMGAAGRO.COM — Jual bibit semangka inul Putri Delima. Benih semangka inul Putri Delima tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro,  Beli benih semangka inul Putri Delima hubungi Pak Budi SMS/WA : 08125222117 atau telepon : 082141747141; khusus . Menyediakan juga konsultasi gratis mengenai budidaya pertanian, terutama menanam benih semangka inul Putri Delima Known-You Seed dan permasalahan dalam perawatannya dan bila tanaman tampak sakit.

LMGA Agro siap mengirim pesanan benih semangka inul Putri Delima anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia. Toko pertanian online LMGA AGRO memiliki pengalaman memenuhi kebutuhan sarana prasarana pertanian bagi petani dan toko pertanian di seluruh  wilayah Indonesia.

Konsultasi berkebun tanaman semangka meliputi : Cara menanam semangka, Budidaya semangka, Cara budidaya semangka, Cara merawat tanaman semangka, baik semangka kuning maupun semangka merah.

Konsultasi di toko pertanian Online LMGA AGRO juga untuk semangka non biji dan semangka biji. Diharapkan petani dapat panen semangka yang berkualitas terbaik dan harga semangka yang mahal.

Konsultasi juga mengenai memperlakukan bibit semangka yang baik dan benar, cara pemupukan semangka, dan pupuk  untuk membesarkan buah semangka yang bisa digunakan secara aman.

BENIH SEMANGKA INUL PUTRI DELIMA

Benih semangka hibrida dari Known-You Seed, semangka inul Putri Delima,  bentuk buah lonjong, kulit buah berwarna hijau gelap dan daging buahnya berwarna merah. Tiap tanaman dapat tumbuh  dan di buahkan 3 – 5 buah semangka.

Berat buah semangka inul Putri Delima rata-rata adalah 3.5 – 6 kg per buah dengan tingkat kemanisan sebesar 13 °Brix. Kulit buah yang tebal dan keras akan tahan selama penyimpanan dan pengangkutan. Cocok ditanam di dataran rendah dan menengah. Merupakan semangka berbiji sehingga mempunyai bunga jantan cukup banyak dan dapat dimanfaatkan untuk membuat semangka non biji.

Semangka inul merupakan semangka pepaya hibrida artinya semangka yang bentuk dan ukuran persis buah pepaya. Ciri-ciri umum bentuk buah lonjong dengan warna buah hijau gelap dan berat rata-rata semangka inul yaitu 2.5 – 3.5 kg. Tampilan buah yang unik dan praktis memberikan kesan menarik saat kita makan buahnya.

MENANAM BIBIT SEMANGKA INUL PUTRI DELIMA

Menanam bibit dari benih unggulan semangka inul Putri Delima mempunyai beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan budidaya semangka bentuk bulat-oval. Keuntungan dan kelebihan tersebut antara lain :

  • Menanam semangka inul dapat menghemat lahan karena ukuran panjang semangka inul lebih pendek dibandingkan semangka bulat.

  • Usia panen menanam semangka inul Putri Delima lebih cepat 1 minggu dibandingkan semangka bulat-oval.

  • Perawatan semangka inul lebih mudah dan potensi terjadinya buah lebih tinggi dibandingkan semangka bulat-oval.

  • Tanaman semangka inul Putri Delima mampu membuahkan 2 – 3 buah per tanaman.

  • Semangka inul Putri Delima lebih praktis untuk dibawa dalam keadaan utuh.

Semangka inul Putri Delima mempunyai bunga Jantan banyak sehingga ccocok untuk dijadikan tanaman penyedia ( donor ) bunga jantan membuat semangka non biji. Kali ini Kami akan mengulas sedikit tentang menanam semangka non-biji yang berkaitan dengan menanam semangka berbiji sebagai penyedia bunga jantannya untuk diserbukkan dengan bunga betina semangka non biji.

Penyerbukan Dalam Menanam Semangka Non Biji

Budidaya semangka non biji selalu berdekatan dengan penanaman semangka berbiji karena dalam menanam semangka non biji mutlak diperlukan proses penyerbukan secara manual. Dapat juga dilakukan dengan bantuan serangga bila tidak terjadi hujan.

Penyerbukan secara alami mendapat bantuan serangga, petani biasanya menanam benih semangka non biji berjajar dengan menanam semangka berbiji dengan perbandingan 5 : 1.

Untuk penyerbukan manual/buatan jumlah perbandingan tanaman non biji dan berbiji sama yaitu 5 : 1 namun tanaman semangka berbiji ditanam pada kebun tersendiri. Syarat semangka berbiji yang merupakan donor bunga jantan, yaitu :

  1. Sebagai sumber bunga jantan, fisik  dan penampilan tanaman semangka berbiji harus  besar dan seragam.

  2. Tanaman memiliki bunga jantan yang banyak dan dominan sehingga kebutuhan terbentuknya semangka berbiji sedikit namun cukup.

  3. Semangka berbiji sebagai donor bunga jantan juga berbuah yang berkualitas baik sehingga harga jualnya juga tinggi.

  4. Sumber bunga jantan harus memiliki umur yang sama dengan semangka non biji agar munculnya bunga bisa bersama.

Dengan melihat keempat persyaratan semangka penyedia bunga jantan di atas, maka cocok sekali bila semangka Inul Putri Delima dipilih sebagai penyedia bunga jantan. Semangka inul Putri Delima merupakan semangka yang berkualitas terbaik untuk jenis semangka jenis lonjong.

MANFAAT BUAH SEMANGKA

SEMANGKA INUL PUTRI DELIMA, BIBIT PUTRI DELIMA, SEMANGKA PUTRI DELIMA, LMGA AGRO
BENIH SEMANGKA PUTRI DELIMA

Buah semangka disukai karena kesegaran buahnya terutama bila dinikmati saat cuaca panas, apalagi saat di bulan Puasa. Rasa manis pada buah semangka semakin terasa bila ditanam di musim kemarau dan cahaya matahari bersinar lebih dari 8 jam sehari.

Varietas buah semangka yang asli adalah daging buah berwarna merah dan berbiji kecil pada bagian daging buahnya.  Semangka inul Putri Delima mempunyai rasa dan tektur yang enak bila di banding semangka inul yang lain.

Manfaat buah semangka sangat banyak karena kandungan gizinya yang lengkap. Semangka mengandung vitamin, mineral, zat antioksidan dan sedikit kandungan kalori. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah semangka :

  1. Mencegah asma. Buah semangka tidak dapat menyembuhkan sakit asma, namun dapat mencegah penyakit pernapasan pencetus sesak napas. Buah semangka mengandung vitamin C cukup tinggi sehingga memberikan kekebalan dalam tubuh dan dapat mencegah penyakit pernapasan.

  2. Menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi buah semangka secara rutin dapat menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. Semangka berpengaruh positif bagi pembuluh darah dan dapat mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung.

  3. Menangkal kanker. Kandungan vitamin C dalam semangka dan zat licopen, mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

  4. Mengatasi sembelit. Kandungan air dan serat yang tinggi pada buah semangka mampu mengatasi keluhan sembelit kita. Serat pada buah semangka mampu membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan buang air besar.

CARA MENANAM SEMANGKA INUL PUTRI DELIMA
Persiapan Lahan Tanam Semangka Inul Putri Delima

Semangka inul cocok ditanam pada ketinggian tempat antara 2 – 500 m dpl. Jadi cocok ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Lokasi penanaman harus mendapatkan sinar matahari penuh selama minimal 8 jam sehari. Tekstur tanah harus gembur dan kaya akan unsur hara.

Lokasi penanaman sebaiknya tidak jauh dengan sumber air untuk penyiraman. Memiliki pH tanah normal, antara 5.6 – 7.5. Lokasi tanam dipilih yang agak jauh dari tepian pantai untuk mencegah terkena aerosol air asin. Syarat lokasi penanaman seperti di atas biasanya terdapat di dataran rendah.

Tanah menanam semangka inul Putri Delima digemburkan dengan cara dibajak/dicangkul. Cara ini juga bertujuan agar kandungan hara dalam tanah tercampur rata. Membajak sekaligus membuat alur-alur yang nantinya dijadikan bedengan. Kedalaman alur ± 20 – 30 cm.

BACA JUGA : SEMANGKA PUTRI DELIMA F1

Jarak antar bedengan adalah untuk semangka inul Putri Delima 2 meter difungsikan untuk memudahkan perawatan tanaman. Sepasang bedengan dibuat berjarak 30 cm dan difungsikan sebagai saluran air.

Alur tanam yang sudah dibuat dibiarkan selama 3 hari ( kecuali di musim hujan ) agar terpapar sinar matahari sehingga bakteri dan jamur patogen akan mati dalam tanah. Bersihkan bedengan dari rumput liar dan bebatuan sehingga setelah bersih siap diberi pupuk.

Pemberian Pupuk Dasar Semangka Inul Putri Delima

Pupuk dasar merupakan penyuplai utama nutrisi tanaman semangka selama ditanam di bedengan. Pupuk dasar yang ideal untuk budidaya semangka inul Putri Delima yaitu campuran antara pupuk organik ( pupuk kandang, kompos, butiran organik ) dengan pupuk kimia ( TSP, Urea, NPK, ZA ).

Berikut cara aplikasi pupuk dasar yang baik dan benar dalam menanam semangka inul Putri Delima :

  1. Mengecek kadar pH tanah menggunakan pHmeter, bila dibawah 5.5 artinya tanah cenderung asam sehingga agar normal bedengan ditaburkan Dolomit terlebih dahulu.

  2. Menyiapkan pupuk kandang ( bisa kotoran kambing, ayam atau sapi ), selanjutnya pupuk kandang disiram EM4 kemudian ditutup terpal dan dibiarkan selama 1 minggu.

  3. Setelah 1 minggu, pupuk kandang ditaburkan pada alur tanam di lahan yang mau ditanami semangka Inul Putri Delima.

  4. Selanjutnya diberi pupuk kimia, dapat menggunakan pupuk NPK saja atau campuran TSP+ZA/Urea dengan perbandingan 2 : 1. Selanjutnya pupuk ditaburkan dan diratakan menggunakan cangkul kemudian ditutup tanah.

  5. Bedengan penanaman Semangka Inul Putri Delima dibuat miring ke arah atas agar air tidak menggenang dan dapat mengalir saat penyiraman.

  6. Selanjutnya bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak untuk mengendalikan pertumbuhan gulma selama budidaya semangka inul Putri Delima.

  7. Siram bedengan agar pupuk cepat terurai dan sambil menunggu maka langkah selanjutnya menyiapkan bibit semangka inul Putri Delima.

Menyiapkan Bibit Semangka Inul Putri Delima
  1. Pembibitan Semangka Inul Putri Delima menggunakan polybag dan menggunakan tanah humus sebagai medianya

  2. Tanah untuk pembibitan semangka inul Putri Delima F1 diayak dahulu lalu dimasukkan dalam polybag.

  3. Menggunakan benih semangka unggulan, lalu benih direndam dalam air dingin semalaman hingga semua benih tenggelam.

  4. Setelah direndam, benih semangka inul Putri Delima dibungkus dalam kain basah selama 12 jam hingga muncul kecambah.

  5. Media tanam semangka inul Putri Delima disiram air lembab dan benih dapat dibenamkan dalam media. Setelah benih dibenamkan maka tututp dengan tanah. Bibit akan tumbuh dalam 2 hari, hindari paparan sinar matahari untuk mengurangi penguapan.

Setelah 5 – 7 hari bibit semangka Inul Putri Delima yang telah keluar daun sudah dapat ditanam di lahan tetap.

Penanaman Bibit Semangka Inul Putri Delima
  1. Bedengan yang tertutup mulsa plastik, lubang tanam dibuat denagn menggunakan alat pelubang tanam ( dapat dibeli di LMGA Agro ). Lubang tanam dibuat dalamnya 10 cm dan hanya satu baris dalam satu bedengan.

  2. Jarak antar lubang untuk penanaman bibit semangka Inul Putri Delima adalah 80 cm.

  3. Larutkan NPK + Insektisida + Fungisida kemudian dikocorkan di setiap lubang tanam yang sudah dibuat.

  4. Sebelum bibit dipindah, media disiram air terlebih dahulu agar lebih mudah dan waktu pemindahan saat matahari bersinar sejuk untuk mencegah bibit layu. Setelah selesai penanaman, bibit disiram hingga cukup lembab.

Lahan penanaman semangka inul Putri Delima selalu dikontrol setiap 5 hari sekali, sekaligus dilakukan penyulaman bila ditemui ada  bibit yang sakit atau mati/tidak tumbuh.

Pemupukan Susulan Tanaman Semangka Inul Putri Delima
  1. Pemupukan susulan semangka inul Putri Delima minimal dilakukan 7 hari setelah tanam dan diulang dengan interval 7 hari. Pupuk yang dipakai pupuk NPK 16 dengan cara dilarutkan sekitar 1 gelas pupuk dalam 35 – 40 liter air bersih.

  2. Pemupukan susulan kedua sama takarannya dengan yang pertama. Pemupukan susulan yang ke-3 dan seterusnya, dosis pupuk NPK ditambah menjadi 2 – 3 gelas.

  3. Jika penanaman semangka inul Putri Delima dilakukan pada musim hujan, maka interval pemberian pupuk adalah 10 – 14 hari.

Penyiraman Tanaman Semangka Inul Putri Delima

Tanaman semangka tergolong tanaman yang membutuhkan banyak air terutama saat pembentukan buah. Karena itu, penyiraman dalam budidaya semangka inul Putri Delima harus dilakukan secara intensif. Penyiraman dilakukan rutin 7 hari sekali dan menjadi setiap 5 hari sekali saat buah semangka sebesar telur ayam.

Penyiraman dapat menggunakan pompa air dan air disiramkan pada bagian tengah bedengan.

Penataan Sulur Tanaman Semangka Inul Putri Delima

Tanaman semangka inul memiliki banyak sulur yang terdiri dari sulur utama ( primer ) sebanyak 3 buah dan  berbentuk huruf ” W “. Juga terdapat sulur sekunder yaitu sulur cabang dari 3 sulur utama. Sulur yang tumbuh ke samping dan diluruskan ke depan yaitu 3 sulur utama yang berbentuk huruf ” W ” tadi.

Penyeleksian Bakal Buah Semangka Inul Putri Delima

Umur 1 bulan setelah tanam, biasanya akan tumbuh bunga yang terdiri bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan mengandung serbuk sari, sedangkan bunga betina memiliki putik atau bakal buah.

Pada musim kemarau, proses pembuahan bisa berlangsung secara alami dengan bantuan serangga atau angin. Tetapi di musim hujan, proses pembuahan dilakukan dengan cara buatan.

Calon buah yang dipilih adalah buah yang kira-kira dapat tumbuh besar yaitu tidak berada dekat akar tanaman ( daun ke-11 dan ke-14 ) dan terletak pada 3 sulur utama.

BACA JUGA : BENIH SEMANGKA BERKUALITAS

Sebaiknya saat buah sebesar telur ayam, mulai dilakukan seleksi buah. Cara ini untuk mencegah bila kita terlanjur membuang buah yang sudah jadi pada sulur sekunder, ternyata pada sulur utama buah tidak jadi, sehingga tidak ada buah yang tersisa.

Bila pada sulur utama, buah tidak ada yang jadi maka buah yang dipertahankan yang terdapat pada sulur sekunder namun dipilih yang bentuknya proporsional. Buah yang berada dekat akar tanaman juga dapat kita pilih bila pada daun ke-11 dan ke-14 tidak ada buah yang jadi.

Pemangkasan Sulur Sekunder Semangka Inul Putri Delima

Setelah mendapatkan 2 – 3 buah semangka yang siap dibuahkan maka segera melakukan pemangkasan sulur sekunder. Langkah ini bertujuan agar mengurainya unsur hara terkonsentrasi untuk pembentukan buah dan ke sulur utama. Cara ini juga dapat mempercepat buah menjadi besar.

Pemangkasan dilakukan pada pagi hari dan menyisakan 1 daun pada pangkal sulur yang dipotong.

Pemberian Alas Pada Buah Semangka Inul Putri Delima

Pemberian alas dilakukan pada tanaman semangka inul yang ditanam di dataran rendah dan tekstur tanah gembur karena dikuatirkan buah terserang hama uret dari bawah. Bila di daerah pegunungan dan jenis tanah liat, tidak dijumpai  serangan uret.

Alas yang digunakan adalah yang kedap air sehingga embun dan air hujan akan tembus dan meresap ke tanah. Kita dapat menggunakan karung atau plastik yang diberi lubang pori-pori.

Pembalikan Buah Secara Teratur Semangka Inul Putri Delima

Bila kita menemui buah semangka yang salah satu sisinya berwarna putih kekuningan, maka bukan berarti semangka tersebut belum matang. Tetapi pada sisi tersebut tidak terkena sinar matahari sama sekali.

Petani melakukan pembalikan buah semangka inul Putri Delima secara berkala bila buah akan diekspor. Sehingga akan diperoleh kulit buah semangka  yang hijau tua merata tanpa ada bagian yang pucat. Pembalikan buah dapat dilakukan 4 – 7 hari sekali.

Pemupukan Khusus untuk Membesarkan Buah Semangka

Pemupukan semangka inul Putri Delima dengan tujuan membesarkan buah yaitu dilakukan 7 – 10 hari sebelum panen ( saat berumur 40 hari setelah tanam ).

Caranya dengan menaburkan pupuk NPK 16 ke tanaman bersamaan dengan penyiraman. Pupuk NPK akan terurai dan terserap tanaman sehingga buah dapat cepat membesar.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit pada tanaman semangka yaitu serangga ( lalat buah, uret, kutu thrips ) dan jamur ( layu antraknose, embun tepung, jamur daun dan lain-lain ).

Untuk mengatasi serangan hama dan penyakit di tanaman semangka inul Putri Delima maka kita harus mengidentifikasi hama yang menyerang dan gejala yang timbul. Segera lakukan penyemprotan pestisida bila ada gejala serangan.

BACA JUGA : MENGENAL HAMA DAN PENYAKIT UTAMA SEMANGKA

Panen Tanaman Semangka Inul Putri Delima

Panen semangka inul Putri Delima dilakukan pada umur 50 hari setelah tanam. Ciri-ciri buah yang siap panen yaitu tangkai buah sudah mengering. Semangka inul tipe tanaman yang sekali panen, artinya tanaman akan mati begitu melewati usia panen.

BACA JUGA : JUAL BIBIT SEMANGKA INUL GADIS MANIS KNOWN-YOU SEED

Demikian ulasan kami tentang bibit semangka inul Putri Delima Known-You Seed mulai dari apa itu semangka inul, manfaat buah semangka hingga langkah-langkah budidaya semangka inul Putri Delima. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jika anda tertarik berbudidaya semangka inul Putri Delima, benih bisa di beli  di Toko Pertanian Online LMGA AGRO, hubungi pak Budi 0821 4174 7141; SMS/WA 0812 5222 117. Kami juga melayani konsultasi pertanian secara gratis.

LMGA AGRO menyediakan benih sayuran dan buah, pestisida, alat sarana dan prasarana pertanian lengkap. Kami siap mengirim dan mengantar pesanan benih semangka inul Putri Delima dan pesanan barang lain Anda ke seluruh  wilayah Indonesia. Melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan sebagainya dengan cepat dan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *