CABAI KERITING F1 DJITU BUAH BESAR DAN LEBAT

benih, cabai, cabai keriting, djitu, cabai djitu, cap bunga matahari, lmga agro, toko pertanian, toko onlineCabai keriting (Capsium Annum var longum) merupakan salah satu jenis cabai yang cukup favorit di kalangan masyarakat. Buahnya berbentuk panjang, keriting dan ramping. Rasa dari cabai ini sangat pedas dibandingkan dengan cabai merah besar. Maka tak heran jika banyak masyarakat yang mencarinya. Pontesi pasar cabai keriting dapat dibilang tinggi dari kalangan rumah tangga maupun industri. Cabai keriting juga bisa ditemui dalam bentuk olahan yang beraneka ragam ada yang dalam bentuk kering (cabai kering), cabai bubuk, cabai tumbuk, saos, dsb. Jenis cabai keriting banyak dipilih karena teksturnya yang padat, rasa lebih pedas, dan memiliki daya simpan yang baik.

Cabai keriting sangat disukai masyarakat terutama untuk dijadikan bahan bumbu masakan. Cabai keriting dapat memberikan rasa pedas dan warna cerah yang menarik pada masakan. Di kalangan rumah tangga, cabai ini cukup populer dan biasa dimanfaatkan langsung dalam bentuk mentah atau segar. Sedangkan di kalangan industri, cabai keriting biasa diolah menjadi produk yang bernilai jual tinggi dibandingan hanya berbentuk cabai utuh. Aneka olahan industri cabai keriting sangat mudah ditemui di pasaran dalam berbagai kemasan seperti produk bubuk cabai, saos cabai, bumbu intans, mie intans, sambal kemasan, dll.

Tingginya permintaan cabai keriting di pasaran membuatnya cukup menguntungkan untuk dibudidayakan. Permintaannya tidak pernah surut dan selalu ditanam petani sepanjang tahun meskipun harus menghadapi berbagai kendala. Cabai keriting bernilai jual tinggi. Harganya di pasaran cukup menjanjikan baik dalam bentuk utuh maupun olahan. Budidaya cabai keriting masih menjadi andalan petani hingga saat ini karena prospek pasarnya yang terus terbuka lebar didukung dengan semakin banyaknya bermunculan usaha-usaha dan industri di bidang kuliner.

Sebelum memulai budidaya cabai keriting, kita wajib mengenal karakteristik dari tanaman cabai keriting tersebut. Tanaman cabai keriting dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi dengan intensitas cahaya yang penuh. Sama seperti tanaman cabai lainnya, tanaman cabai keriting tidak tahan terhadap curah hujan dan kelembaban yang tinggi. Curah hujan dan kelembaban yang tinggi dapat mengakibatkan berbagai masalah dan bahkan bisa berakibat fatal. Serangan hama penyakit menjadi salah satu ancaman terbesar yang sangat meresahkan petani. Jika kondisi seperti itu tidak segara diatasi kemungkinan besar kerugian tidak dapat dihindari. Tanaman cabai keriting dapat dipanen pertama kali pada umur 3-4 bulan. Dalam satu kali periode, cabai keriting mempunyai panjang umur produktif 4-5 bulan. Maksimal tanaman cabai keriting dapat berproduksi hingga umur 8-9 bulan dengan puncak produktif terjadi pada umur 6 bulan.

Pasar cabai keriting saat ini semakin ramai dan dipadati konsumen. Ramainya pasar cabai keriting tidak hanya terjadi di tingkat konsumen saja tetapi juga dari kalangan produsen yaitu para produsen benih. Para produsen benih menyambut hangat peluang tersebut dengan meproduksi benih-benih cabai keriting dengan berbagai kualitas unggulan. Salah satu diantaranya adalah benih cabai keriting F1 Djitu. Cabai keriting F1 Djitu merupakan jenis cabai hibrida produksi dari CV. Aditya Sentana Argo dengan merk cap Bunga Matahari.

Benih cabai keriting F1 Djitu Cap Bunga Matahari memiliki karakteristik sebagai berikut:
1.Tanaman cabai Djitu cocok ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi
2.Bentuk cabai Djitu keriting dan ramping dengan ukuran buah panjang 17 cm serta diameter 0,9 cm
3.Tanaman tahan terhadap layu bakteri dan antraknosa
4.Buah cabai Djitu berwarna merah tua, buah keras, lentur dan rasa yang pedas
5.Cabai Djitu tahan untuk pengangkutan jarak jauh dan tidak mudah patah
6.Potensi hasil cabai Djitu sekitar 1,5 kg/tanaman

Selain karakteristik tersebut, ada beberapa keuntungan yang akan didapat dengan menggunakan benih cabai Djitu antara lain cabai Djitu memiliki buah yang besar dan lebat. Ukuran buah sekitar 17-20 cm. Meskipun tanaman dipanen secara terus menerus ukuran buah yang dihasilkan tetap stabil/tidak mengalami penyusutan. Ukuran buah yang besar tentu saja sangat berpengaruh terhadap harganya di pasaran. Harga jual menjadi tinggi dan sangat memuaskan petani. Tanaman cabai Djitu berbuah lebat sepanjang panen sehingga potensi hasilnya  tinggi. Inilah yang menjadi kelebihan utama dari cabai ini karena buah lebat berpotensi tinggi akan menghasilkan yang keuntungan menjanjikan. Selain memiliki buah besar dan lebat, cabai Djitu juga memiliki umur panen yang genjah. Umur yang genjah membuat tanaman cepat panen sekaligus dapat menghemat biaya perawatan selama budidaya. Alhasil keutungan dapat segera dinikmati oleh petani.

Namun, perlu diingat, setiap petani harus memperhatikan teknik dan cara budidaya cabai yang tepat untuk mendapatkan hasil keuntungan tersebut. Jadi, jangan sampai tanaman cabai yang kita tanam luput dari pengawasan. Pastikan cek tanaman secara berkala agar terhindar dari bahaya yang mengancam terutama dari serangan hama penyakit sehingga hal ini bertujuan untuk meminimalisir dan menghindari kerugian saat panen.

Demikian pembahasan singkat kali tentang cabai Djitu beserta potensi dan kelebihan-kelebihannya, semoga bermanfaat. Cabai keriting F1 Djitu buah besar dan lebat dari Cap Bunga Matahari cocok menjadi salah satu pilihan tanaman budidaya Anda. Apabila berminat benih cabai keriting F1 Djitu bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pestisida, obat-obatan pertanian dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap melanyani ke seluruh wilayah Indonesia melalui layanan pengiriman barang terpercaya seperti POS, JNE, TIKI, KI8, Indah Cargo, Rosalia, dll. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultural. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *