Dosis Pemakaian Bigest 40 EC Untuk Tanaman Yang Tepat

dosis bigest per tangki, biggest zpt, bigest 40 ec untuk padi, zpt terbaik, LMGA AGRO

Jenis ZPT Yang Dapat Petani Manfaatkan Untuk Tanaman Budidaya

dosis bigest per tangki, biggest zpt, bigest 40 ec untuk padi, zpt terbaik, LMGA AGRO
Jual ZPT Bigest 40 EC Harga Terjangkau Kualitas Unggulan | LMGA AGRO

Dalam melakukan perawatan pada tanaman budidaya, petani biasanya menggunakan zat pengatur tumbuh atau ZPT, supaya dapat tumbuh sehat serta maksimal.

Selain dapat memperlancar pertumbuhan tanaman, fungsi ZPT juga bisa memaksimalkan produktivitas hasil panen, serta mempunyai kualitas yang lebih unggul.

Jenis ZPT dapat terbagi menjadi beberapa jenis, tetapi pada intinya ZPT merupakan hormon yang biasanya terdapat pada tanaman budidaya.

Sistem kerja dari ZPT adalah bisa menyalurkan hormon yang menuju ke tanaman, sehingga hasil panennya akan lebih tinggi dan berkualitas unggul.

ZPT dapat terbentuk sendiri secara alami, tetapi ada yang memiliki bentuk cair, yang bisa petani manfaatkan saat melaksanakan budidaya tanaman.

Pada bawah ini adalah beberapa jenis ZPT yang dapat petani manfaatkan saat menjalankan budidaya tanaman, agar hasil panen berproduktivitas tinggi.

Auksin

Jenis pertama yang dapat petani manfaatkan saat membudidayakan tanaman pada lahan pertanian merupakan jenis ZPT Auksin.

ZPT berjenis auksin dapat bermanfaat untuk meningkatkan proses terbelahnya sel, fase pembentukan bunga serta buah yang lebih maksimal dan diferensiasi.

Selain itu, jenis ZPT auksin mempunyai banyak fungsi bagi tanaman budidaya, contohnya seperti berikut ini :

  • Mampu meningkatkan perkecambahan biji. Biji yang petani rendam dalam ZPT auksin akan pecah, sehingga pertumbuhannya berjalan sehat
  • Bisa mendukung fase muncul serta pertumbuhan akar dari tanaman yang petani budidayakan
  • Memaksimalkan proses produksi buah dan bunga tanaman
  • Dapat memproduksi buah tanpa lewat fase penyerbukan bunga, sehingga dapat menghasilkan buah tidak berbiji
  • Mencegah kerontokan buah dari tanaman budidaya
  • Jika akar atau pucuk tidak dapat tumbuh, pengaplikasian jenis ZPT auksin dapat membantu proses pertumbuhannya berjalan maksimal

Sitokinin

Jenis berikutnya yang bisa petani gunakan ketika melakukan budidaya tanaman pada lahan tanam pertanian yaitu ZPT berjenis Sitokinin.

Fungsi ZPT dengan jenis sitokinin untuk tanaman adalah mampu mencegah keguguran dari buah, bunga, dan daun tanaman.

Tidak hanya itu, ZPT sitokinin juga bisa berfungsi untuk menghambat akar serta pucuk tanaman supaya tidak berhenti tumbuh.

Senyawa yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi sitokinin pada tanaman budidaya merupakan zeatin serta kinetin.

Etilen

Jenis selanjutnya yang bisa petani pakai dalam melakukan budidaya tanaman pada lahan pertanian merupakan ZPT dengan jenis Etilen.

ZPT berjenis etilen berfungsi untuk mempersingkat fase kematangan buah dari tanaman yang sedang petani budidayakan.

Manfaat yang lain adalah, mampu untuk meningkatkan terbentuknya akar adventif serta memperkuat batang dari tanaman.

Dalam beraneka kasus, terdapat buah tanaman yang petani panen sebelum masanya, yang selanjutnya petani semprotkan dengan karbondioksida.

Pengaplikasian tersebut dapat bermanfaat untuk menghambat proses pematangan buah dari tanaman yang sedang petani budidayakan.

Saat suplai buah pada pasar sudah menipis atau melewati fase panen, petani dapat mengaplikasikan ZPT etilen supaya matang.

Ketika buah sudah cukup matang, petani dapat menjualnya ke pasar atau pedagang, agar mendapatkan untung yang melimpah.

Giberelin

Jenis berikutnya yang dapat petani manfaatkan ketika melaksanakan budidaya tanaman pada lahan pertanian merupakan jenis ZPT Giberelin.

ZPT dengan jenis giberelin bermanfaat untuk menghambat keguguran dari bunga tanaman serta dapat meningkatkan kualitas dan hasil panen tersebut.

Dengan memakai ZPT gibberellic acid pada tanaman, akan dapat memaksimalkan produktivitas hasil panen, meningkatkan massa buah dan banyak lainnya.

Tidak hanya fungsi tersebut, manfaat ZPT giberelin yang lain adalah dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dalam fase kecambah.

Jika kecambah tidak dapat tumbuh dengan segera, petani bisa menyemprot atau merendam ke dalam ZPT giberelin, maka kecambah bisa tumbuh.

Dari beberapa jenis ZPT tersebut, ZPT terkenal dapat berguna untuk meningkatkan produktivitas buah tanaman, saat petani membudidayakan tanaman.

ZPT dapat petani manfaatkan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman budidaya serta berfungsi untuk meningkatkan produktivitas panen yang petani peroleh.

Dengan mengaplikasikan ZPT pada tanaman dengan dosis Bigest per tangki yang sesuai, dapat membantu petani untuk memperoleh panen dengan produktivitas melimpah.

Sebelum mengaplikasikan ZPT tambahan pada tanaman budidaya, petani juga perlu mengawasi fase yang sedang berlangsung pada tanaman tersebut.

Jika petani ingin buah serta bunga tanaman lebih sehat, petani dapat mengaplikasikan ZPT yang berjenis auksin dan giberelin.

Tetapi, apabila buah telah tumbuh serta petani ingin proses matangnya lebih singkat, petani bisa mengaplikasikan jenis ZPT etilen.

Saat memakai ZPT, petani juga harus mengawasi beraneka hal, jika petani membudidayakan tanaman pada polybag, dapat mengaplikasikan ZPT cair.

Ketika menggunakan ZPT cair, petani dapat memakainya dengan langsung pada tanaman, terutama bagian stomata atau akar tanaman.

Untuk ZPT yang berbentuk pupuk, bisa petani aplikasikan jika melakukan budidaya tanaman pada lahan pertanian.

Baca Juga : Jual ZPT Pembesar Buah Semangka Terbaik Memuaskan Petani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *