Cara Tanam Cabe Wong KK Yo Secara Tepat Agar Tumbuh Sehat

cara tanam cabe, tanam cabe, cara menanam cabe keriting, cara menanam cabe keriting di sawah, cabe wong kk yo

Cara Tanam Cabe Wong KK Yo Yang Benar Agar Pertumbuhannya Sehat

cara tanam cabe, tanam cabe, cara menanam cabe keriting, cara menanam cabe keriting di sawah, cabe wong kk yo
Jual Benih Cabe Keriting Wong KK Yo Harga Murah Kualitas Terbaik | LMGA AGRO

Dalam menjalankan budidaya cabai keriting Wong KK Yo pada lahan pertanian, petani perlu menerapkan cara tanam cabe Wong KK Yo yang benar.

Dengan melakukan cara tanam cabe Wong KK Yo yang benar, pertumbuhan tanaman cabai keriting akan berjalan maksimal, sehingga hasil panen berproduksi tinggi.

Hasil panen cabai keriting yang produktivitasnya melimpah bisa membantu petani meningkatkan keuntungan, ketika melakukan budidaya tanaman cabe keriting pada lahan pertanian.

Maka dari itu, dalam budidaya cabai keriting Wong KK Yo, petani harus melakukan cara tanam cabe Wong KK Yo yang benar.

Berikut merupakan beberapa cara tanam cabe Wong KK Yo yang benar, agar pertumbuhannya optimal sehingga menghasilkan panen berproduksi tinggi.

Persiapan Lahan Pertanian

Langkah awal dari cara tanam cabe Wong KK Yo yaitu, petani harus melakukan persiapan lahan pertanian sebelum penanaman benih.

Proses pertama yang petani lakukan ketika persiapan lahan pertanian adalah petani harus membersihkan gulma dan bekas tanaman yang petani budidayakan sebelumnya.

Setelah lahan pertanian aman dari gulma atau bekas tanaman, petani bisa memberikan pupuk dasar, sebelum menggemburkan tanah.

Tujuan pemupukan sebelum petani menggemburkan tanah yaitu, supaya unsur hara pada dalam pupuk dapat tersebar secara rata pada lahan pertanian.

Jenis pupuk yang bisa petani manfaatkan adalah jenis pupuk kandang atau petani bisa juga memanfaatkan pupuk kompos.

Ketika budidaya cabe keriting Wong KK Yo pada lahan pertanian dengan luas satu hektar, petani memerlukan pupuk organik sekitar 20 sampai 25 ton.

Setelah pemupukan dasar, petani dapat mulai melaksanakan penggemburan tanah, dengan kedalaman sekitar 20 – 35 cm.

Kemudian, petani dapat membuat bedengan berlebar satu meter, ketinggiannya 30 – 45 cm, serta jarak tiap bedengan adalah 60 cm.

Sementara itu, untuk panjang bedengan sebaiknya petani sesuaikan dengan luas lahan pertanian, supaya mempermudah petani ketika melaksanakan perawatan.

Petani juga harus memperhatikan sistem drainase pada lahan pertanian, sebab tanaman cabe keriting Wong KK Yo tidak tahan genangan air.

Tanaman cabe keriting Wong KK Yo dapat tumbuh sehat pada tanah, yang tingkat pHnya sekitar 6 sampai 7.

Jika terlalu asam atau pH tanahnya terlalu rendah, daun tanaman cabe keriting mudah untuk terkena serangan virus dan gampang pucat.

Sehingga, apabila pH tanah terlalu rendah, petani bisa menetralkan tanah dengan memakai kapur dolomite pada sekitar lahan pertanian.

Dosis kapur dolomite tersebut berkisar antara 2 – 4 ton, apabila petani membudidayakan cabe Wong KK Yo pada lahan pertanian seluas satu hektar.

Setelah pemberian kapur dolomite, petani bisa menutup bedengan lahan pertanian dengan menggunakan mulsa yang warnanya hitam.

Penutupan bedengan tersebut bertujuan untuk mencegah pertumbuhan gulma liar, mencegah erosi dan menjaga kelembaban lahan pertanian.

Persemaian Benih Cabai Keriting

Proses selanjutnya dari cara tanam cabe Wong KK Yo merupakan persemaian benih cabai, sebelum melakukan penanaman pada lahan pertanian.

Ketika persemaian benih cabe keriting Wong KK Yo, sebaiknya petani menyiapkan terlebih dahulu polybag serta media semai.

Media semai yang harus petani siapkan merupakan campuran tanah, arang sekam dan pupuk kompos, dengan perbandingan berkisar 2:1:1.

Jika petani tidak menggunakan arang sekam, media semai yang petani siapkan merupakan tanah dan pupuk kompos saja, yang perbandingannya 1:1.

Sebelum pencampuran media semai, petani harus mengayaknya terlebih dahulu supaya media semai tersebut menjadi lebih halus.

Lalu, petani bisa menyiapkan naungan, untuk  tempat semai agar benih cabe keriting Wong KK Yo tidak terpapar cahaya matahari serta hujan.

Supaya aman dari serangan hama atau serangga, petani harus menutupi tempat semai dengan memakai jaring pelindung.

Selanjutnya petani dapat memasukkan media semai ke dalam polybag, kemudian susun secara rapi pada naungan yang sudah petani siapkan sebelumnya.

Sebelum persemaian benih cabe keriting Wong KK Yo, petani perlu merendam benih pada air hangat, dengan jangka waktu sekitar 3 jam.

Setelah 3 jam, petani bisa memasukkan benih cabe keriting pada polybag, dengan kedalaman sekitar 0.6 cm.

Supaya kelembaban media semai terjaga dengan baik, petani bisa menutup lubang pada polybag, memakai kompos halus kemudian siram sedikit air.

Petani juga harus menyirami polybag tempat semai secara rutin pada saat pagi dan sore hari.

Ketika penyiraman polybag, petani dapat memanfaatkan kertas tipis, lalu tinggal petani siram hingga basah.

Petani bisa memindah benih cabe Wong KK Yo pada lahan pertanian ketika umurnya sekitar 25 hari setelah semai.

Atau, apabila tanaman cabe keriting Wong KK Yo telah tumbuh 3 – 4 helai daun, maka sudah siap petani pindah.

Penanaman Benih Pada Lahan Pertanian

Langkah terakhir dari cara tanam cabe Wong KK Yo yaitu, petani bisa melakukan penanaman benih pada lahan pertanian.

Sebelum penanaman benih Wong KK Yo petani dapat membuat lubang tanam yang jaraknya berkisar 50 – 65 cm.

Sementara itu, kedalaman dan diameter lubang tanam untuk tanaman cabe keriting Wong KK Yo bisa petani buat sekitar 10 – 15 cm.

Agar asupan cahaya matahari dan sirkulasi udara tanaman cabe keriting Wong KK Yo tercukupi, petani sebaiknya membuat lubang tanam secara zig zag.

Ketika umur semai benih cabe Wong KK Yo sudah tiga minggu, petani bisa melakukan penanaman benih pada bedengan lahan pertanian.

Penanaman benih cabe Wong KK Yo bisa petani lakukan saat pagi serta sore hari dan harus petani lakukan secara berbarengan.

Hal ini bertujuan untuk menjaga tanaman cabe keriting Wong KK Yo tidak stres serta gampang rusak.

Proses penanaman benih cabe Wong KK Yo pada lahan pertanian yang tepat merupakan, petani bisa menyobek polybag tempat semai.

Berikutnya petani bisa memasukkan benih cabe Wong KK Yo dengan media semainya pada dalam lubang tanam yang petani siapkan sebelumnya.

Media semai tersebut sebaiknya jangan sampai rusak, karena apabila rusak bisa menghambat pertumbuhan tanaman cabe keriting Wong KK Yo.

Supaya kelembaban tanaman cabai keriting Wong KK Yo terjaga, setelah penanaman benih pada lahan pertanian, petani bisa menyiraminya.

Baca Juga : Cabe Keriting Hibrida PM 999 Andalan Baru Petani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *