Cara Tanam Cabe Wong KK Yo Secara Tepat Agar Tumbuh Sehat

cara tanam cabe, tanam cabe, cara menanam cabe keriting, cara menanam cabe keriting di sawah, cabe wong kk yo

Cara Merawat Tanaman Cabe Keriting Agar Menghasilkan Panen Tinggi

cara tanam cabe, tanam cabe, cara menanam cabe keriting, cara menanam cabe keriting di sawah, cabe wong kk yo
Jual Benih Cabe Keriting Wong KK Yo Harga Murah Kualitas Terbaik | LMGA AGRO

Tidak hanya menerapkan cara tanam cabe Wong KK Yo yang benar, petani juga harus melaksanakan cara merawat tanaman cabe keriting secara sesuai.

Dengan menjalankan cara merawat tanaman cabe keriting secara sesuai, maka pertumbuhan tanaman akan berjalan lebih sehat serta optimal.

Pertumbuhan tanaman cabai keriting Wong KK Yo yang sehat dan optimal, berpotensi mampu menghasilkan panen cabe keriting yang berproduksi tinggi.

Sehingga, selain melaksanakan cara tanam cabe Wong KK Yo yang benar, petani juga harus melakukan cara merawat tanaman cabe keriting secara sesuai.

Bagaimana cara merawat cabe keriting? Berikut merupakan beraneka cara merawat tanaman cabe keriting secara sesuai, agar dapat menghasilkan panen berproduksi tinggi.

Penyiraman Tanaman

Proses penyiraman tanaman cabe Wong KK Yo secara rutin menjadi kunci keberhasilan petani saat membudidayakan tanaman cabai keriting.

Namun, dalam penyiraman tanaman cabe keriting Wong KK Yo, petani harus memperhatikan cuaca yang terjadi pada sekitar lahan pertanian.

Apabila cuaca sedang panas petani bisa melakukan pengairan tanaman cabe keriting Wong KK Yo sebanyak dua kali sehari.

Penyiraman tanaman cabe keriting Wong KK Yo dua kali sehari dapat petani lakukan saat pagi sekitar pukul 7 serta sore, pukul 15.

Jika lahan pertanian kondisi hujannya sedang cukup tinggi, petani dapat menjalankan penyiraman tanaman cabe keriting Wong KK Yo secara kondisional.

Pemupukan Susulan

Proses berikutnya dari cara merawat tanaman cabe keriting Wong KK Yo yaitu, petani melakukan pemupukan susulan pada tanaman.

Pupuk yang dapat petani manfaatkan merupakan pupuk dengan jenis kompos serta organik, atau petani juga dapat memakai pupuk kandang.

Jenis pupuk NPK juga bisa petani berikan pada tanaman cabe keriting Wong KK Yo, agar pertumbuhannya dapat berjalan lancar serta maksimal.

Pemupukan susulan bisa petani lakukan ketika tanaman cabe Wong KK Yo telah berumur sekitar 2 minggu setelah tanam.

Lalu, petani bisa melakukan pemupukan susulan terhadap tanaman cabe keritig Wong KK Yo dengan terjadwal, setiap 2 minggu sekali.

Ketika pemberian pupuk, petani dapat melakukannya dengan langsung ke tanah, dekat sekitar akar pohon tanaman cabe keriting Wong KK Yo.

Selain itu, petani juga bisa menyiramkan pupuk secara langsung pada tiap tanaman cabe keriting Wong KK Yo.

Pemasangan Ajir serta Pemangkasan Tunas

Tanaman cabe keriting Wong KK Yo memerlukan ajir, supaya pertumbuhannya  dapat berjalan dengan rapi serta tegak.

Saat pemasangan ajir, petani sebaiknya melakukannya dengan jarak sekitar 4 cm dari pangkal batang tanaman cabe keriting Wong KK Yo.

Waktu yang sesuai ketika pemasangan ajir pada tanaman cabe keriting Wong KK Yo adalah saat umurnya sekitar 7 hari setelah tanam.

Apabila pemasangan ajir saat tanaman sudah terlalu besar, berpotensi dapat merusak akar tanaman yang akan mengganggu proses pertumbuhan.

Saat tanaman cabe keriting Wong KK Yo sudah tumbuh tinggi, petani bisa mengikat tanaman cabe keriting pada ajir.

Ketika pemangkasan tunas tanaman cabe keriting Wong KK Yo, petani bisa melakukannya saat tanaman telah tumbuh bunga pertama.

Petani bisa membuang tunas tanaman cabe keriting Wong KK Yo, yang biasanya terdapat pada ketiak daun tanaman.

Penyiangan Gulma dan Penumpasan Hama

Petani bisa melakukan penyiangan gulma, apabila gulma liar tumbuh pada sekitar lahan pertanian dari tanaman cabe keriting Wong KK Yo.

Ketika penyiangan gulma, petani bisa melaksanakannya dengan cara mencabut langsung, hingga gulma tersebut terlepas dari tanah.

Tetapi cara tersebut tidak terlalu ampuh, sehingga umumnya petani mengaplikasikan herbisida dalam menyiangi gulma pada sekitar lahan pertanian.

Ketika pengaplikasian herbisida, petani harus mengawasi dosisnya supaya tidak mengganggu proses pertumbuhan tanaman cabe keriting Wong KK Yo.

Selain gulma, petani juga harus memperhatikan serangan hama yang akan mengakibatkan tanaman cabe keriting Wong KK Yo terinfeksi penyakit.

Dalam menumpas hama, petani bisa mengaplikasikan fungisida atau insektisida yang petani sesuaikan dengan jenis hama yang menyerang.

Pemakaian fungisida atau insektisida juga perlu petani awasi dosisnya, agar tidak berefek negatif pada tanaman serta lingkungan sekitar.

Pemanenan Cabe Keriting

Petani dapat melakukan pemanenan cabe keriting Wong KK Yo saat tanaman sudah berusia sekitar 80 – 100 hari setelah tanam.

Hasil panen yang petani peroleh berkisar antara 18 – 22 ton, untuk budidaya pada lahan pertanian dengan luas satu hektar.

Ketika pemanenan, petani dapat memilih cabe keriting Wong KK Yo yang tingkat kematangannya berkisar 80 sampai 90 %.

Sebaiknya petani menjalankan pemanenan cabe keriting Wong KK Yo saat pagi hari, lebih tepatnya sekitar pukul 5 – 7 pagi.

Ketika pemetikan cabe keriting Wong KK Yo, petani dapat memetik beserta tangkainya, agar cabe tetap dalam kondisi segar.

Cabe keriting Wong KK Yo yang bagus adalah yang mempunyai bentuk fisik agak ramping dan berisi lumayan padat.

Baca Juga : Jual Benih Cabe TM 007, Benih Cabe Keriting Murah Berkualitas Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *