Jual Jenis Bibit Seledri Unggul Favorit Petani

jenis bibit seledri unggul

Mengurangi Resiko Kerusakan Sel

Sayur seledri memiliki 12 macam antioksidan. Senyawa antioksidan yang terkandung dalam seledri yaitu Vitamin C, flavonoid, dan betakaroten.

Senyawa antioksidan bisa melindungi tubuh manusia dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Menanam Seledri Melalui Pangkal Batang Yang Memiliki Akar 

bibit seledri besar, kebun seledri, bibit seledri amigo, tanaman seledri, akar seledri
Seledri Tanaman Yang Mudah Berkembang

Seledri merupakan tanaman yang unik, karena seledri dapat petani tanam dari pangkal batang tanaman yang masih memiliki akar. Untuk budidaya rumahan, ibu rumah tangga tidak perlu membuang seledri yang tak terolah itu,

Orang bisa menanam kembali seledri tersebut dengan syarat masih memiliki akar. Dengan begitu ibu rumah tangga tak perlu membeli bibit seledri jika ingin menanamnya,

Namun jika ingin menanam seledri yang lebih baik kualitasnya, tentu kita wajib membeli jenis bibit seledri unggulan yang tersedia di toko pertanian  terdekat.

Jenis bibit seledri unggul bisa menjadi pillihan petani maupun usaha budidaya tanaman rumahan agar mendapatkan hasill yang memuaskan.

Seledri yang petani tanam melalui batang yang masih memiliki akar dan siap panen ketika berusia 6 – 8 minggu. Seperti seledri pada umumnya hasil panen harus petani seleksi dengan cara membuang tangkai daun yang cacat atau terserang oleh hama.

Baca Juga : Seledri Summer Seledri Dataran Rendah

Hama Dan Penyakit Yang Dapat Menyerang Seledri

Sudah menjadi rahasia umum ketika semua tanaman memiliki hama dan penyakit yang menyerang tanaman tak terkecuali seledri.

Hama dan penyakit yang menyerang seledri membuat seledri susah tumbuh dan bahkan mati sehingga membuat petani rugi.

Jenis bibit seledri unggul dapat menjadi pilihan petani karena tahan terhadap penyakit maupun hama yang menjadi musuh utama petani.

Sebagai contoh, berikut macam hama dan penyakit yang menyerang seledri berikut cara pengendaliannya.

Nematoda

Hama ini akan menyerang akar tumbuhan seledri yang mengakibatkan akar muncul bintik-bintik besar atau kecil. Dengan begitu aktivitas akar akan terganggu dan menghambat penyerapan air dan unsur zat hara yang diperlukan tanaman.

Nematoda juga bisa menyerang akar tanaman yang masih muda. Akibatnya tanaman akan tumbuh kerdil.

Cara mengatasi nematoda ialah dengan menyemprotkan insektisida basudin 60 EC dengan dosis 2 cc/liter air.

Jenis bibit seledri unggul tahan terhadap serangan nematoda yang menjadi lawan petani.

Aro

Aro merupakan akibat dari hama wereng yang berbahaya bagi tanaman seledri. Karena jika sudah menyerang akan menyebabkan daun menjadi kering karena air yang tanaman seledri miliki telah terhisap oleh hama wereng.

Mengakibatkan tanaman menjadi terhambatnya pertumbuhan tanaman, layu, bahkan mati.

Pengendalian hama ini biasanya petani akan menggunakan ciracon atau winder 25 WP sesuai dosis .

Jenis bibit seledri unggul mampu menahan serangan hama wereng yang mengakibatkan penyakit Aro.

Kutu Daun

Penyakit ini akibat dari serangan hama-hama penyerang tanaman seledri. Penyakit Kutu daun biasanya terlihat mulai dari munculnya daun yan berwarna kuning dan lama kelamaan akan mati.

Mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi terhambat dan bisa menyebabkan tanaman menjadi mati.

Penyakit ini dapat petani kendalikan dengan cara melakukan penyemprotan insektisida curacron dengan dosis 1.3 cc/liter air.

Kutu daun merupakan penyakit yang tidak dapat menyerang jenis bibit seledri unggul .

Late Night

Penyakit ini terjadi akibat serangan dari jamur Septoria SP yang menyebabkan tanaman menjadi mati.

Cara pengendalian pertama ialah melakukan penyemprotan menggunakan Dithane dengan dosis 1,5 gram/liter air atau petani bisa melakukannya dengan fungisida.

Cara kedua harus petani lakukan jika tanaman sudah terserang parah. Yaitu dengan cara mencabut tanaman dan memusnahkannya agar tak menular ke tanaman lain yang masih sehat.

Jenis bibit seledri unggul mampu menahan penyakit late night agar tidak menyerang tanaman.

Bakterial Soft Rot

Penyakit ini terjadi akibat serangan Erwinia Carotovora. Petani dapat melakukan pengendalian terhadap penyakit ini dengan cara penyemprotan fungisida yang mengandung mankozeb dan simoksanil.

Namun apabila tanaman sudah terjangkit penyakit ini dan sudah parah. Maka petani wajib mencabut tanaman guna mengurangi resiko penularan penyakit ke tanaman lain.

Jenis bibit seledri unggul mampu menangkal penyakit Bakterial Soft Rot

Bercak Daun

Bercak daun merupakan penyakit akibat dari Liriomyza Huidobrensis yang mengakibatkan munculnya bercak daun pada tanaman.

Pencegahan penyakit ini bisa petani lakukan dengan cara menyemprot pestisida kimiawi atau melakukan pemeliharaan sejak awal.

Dengan maksud melakukan pemilihan jenis bibit unggulan yang baik dan tahan dari hama maupun penyakit.

Jenis bibit seledri juga memiliki ketahanan ekstra terhadap penyakit bercak daun

Baca Juga : Pupuk Yang Cocok Untuk Tanaman Seledri Panen Menguntungkan

Jenis Bibit Seledri Unggulan Andalan Petani 

Daun seledri, bibit seledri,bibit seledri besar, kebun seledri, bibit seledri amigo
Bibit Seledri Pillihan Petani

Dalam pencegahan terjadinya penyakit dan serangan hama, petani perlu melakukan pemilihan bibit karena bibit seledri merupakan kunci dari sukses atau tidaknya budidaya tanaman seledri.

Jenis bibit seledri unggul pasti menjadi pilihan petani atau pelaku budidaya tanaman. Karena memiliki daya tahan yang tinggi dari ancaman serangan hama dan terjangkitnya penyakit.

Pemilihan itu petani lakukan untuk mengurangi resiko gagal panen dan memudahkan petani dalam melakukan perawatan tanaman. Dengan Perawatan tanaman yang baik dan mudah sangat membantu petani untuk mencapai hasil panen yang maksimal.

Hasil panen yang bagus dan maksimal bisa petani edarkan ke swalayan terdekat atau ke pasar tradisional maupun pasar modern guna memenuhi kebutuhan pasar.

Petani juga harus menyortir sayur seledri guna melakukan ekspor ke luar negeri untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri yang cukup tinggi. Karena permintaan pasar luar negeri harus memiliki kriteria terbagus dan harus tahan kirim.

Karena pengiriman untuk luar negeri bisa mencapai berhari-hari bahkan bisa berbulan-bulan. Pengiriman ke luar negeri biasanya melalui jalur laut atau menggunakan kapal laut atau juga melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat terbang.

Resiko pengiriman jalur laut yang paling utama adalah lamanya waktu perjalanan. Sedangkan untuk jalur udara adalah tekanan udara yang tak menentu pada kargo pesawat.

Maka dari itu petani harus pintar memilih benih guna memenuhi kebutuhan apa yang ingin petani sediakan. Apakah untuk memenuhi pasar luar negeri atau hanya untuk memenuhi pasar domestik saja.

Berikut merupakan contoh jenis bibit unggul favorit petani yang tahan hama, penyakit, dan tahan kirim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *