Jual Sawi Tosakan Cap Panah Merah Mudah Cara Menanamnya

sawi tosakan,budidaya sawi,benih sawi,sawi hijau,cara menanam sawi,lmga agro

Jenis Jenis Sawi Pilihan Petani

Sayuran sawi merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mudah untuk kita temukan di pasar tradisional maupun pasar modern. Hal ini karena, sayuran sawi termasuk dalam kebutuhan pangan sehari-hari untuk memenuhi nutrisi.

Sayuran sawi bisa kita konsumsi dalam keadaan segar maupun diolah menjadi hidangan lezat seperti sayur dan tumisan. Selain itu, sayuran sawi juga bisa kita olah menjadi makanan sehat seperti salad.

Selama ini jenis sayuran sawi yang terkenal dan banyak kita manfaatkan untuk kebutuhan pangan sehari-hari adalah sawi hijau. Ternyata, sayuran sawi memiliki beberapa jenis berbeda dan bisa kita olah menjadi hidangan yang lezat.

Jenis-jenis sayuran sawi mudah untuk kita dapatkan di pasar tradisional maupun pasar modern seperti supermarket dan swalayan. Berikut ini beberapa jenis sayuran sawi yang bisa masyarakat temukan di pasaran.

Sawi Hijau

Sawi hijau merupakan jenis sayuran sawi yang sering kita temukan dan manfaatkan sebagai campuran hidangan khas Indonesia. Masyarakat juga memiliki sebutan lain terhadap jenis sawi ini, yaitu caisim.

Pemanfaatan sawi hijau untuk campuran makanan ternyata memiliki alasan tersendiri, yaitu mampu menetralisir rasa gurih yang berlebihan. Selain itu, sawi hijau juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan nutrisi dalam sawi hijau adalah vitamin A, vitamin C, dan vitamin K yang memiliki manfaat masing-masing. Sehingga, rutin mengkonsumsi sawi hijau mampu menjaga organ dalam tubuh dan mencegah penyakit seperti osteoporosis.

Sawi Putih

Sawi putih ( Brassica juncea L ) merupakan salah satu jenis sayuran sawi yang saat ini mudah untuk kita temukan di pasar tradisional maupun modern. Selain itu, sayuran sawi putih ini juga memiliki nama lain seperti napa cabbage.

Sebagai salah satu jenis sayuran sawi, sawi putih memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan bermanfaat bagi tubuh. Dalam sawi putih terdapat vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, dan zinc.

Sawi putih juga memiliki kandungan kalori yang cukup rendah sekitar 16 kalori dalam 100 gram serta kaya akan serat. Selain itu, sawi putih memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Pakcoy

Sayuran sawi jenis lain yang bisa kita temukan di pasar tradisional dan pasar modern saat ini adalah pakcoy atau sawi sendok. Julukan sawi sendok sendiri berasal dari karakteristik fisiknya yang mirip dengan sendok pada bagian batang.

Pakcoy atau sawi sendok ini biasa masyarakat olah sebagai hidangan sup maupun makanan rebus yang lezat. Selain itu, sawi sendok juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh.

Dalam sawi sendok terdapat vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan selenium yang berperan penting sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain itu, sawi sendok juga mengandung vitamin B6 yang berperan aktif dalam menurunkan resiko penyakit jantung.

Kailan

Kailan merupakan jenis sawi yang memiliki ciri fisik unik karena daunnya mirip dengan sawi hijau, namun batangnya mirip dengan kangkung. Selain itu, kailan juga memiliki nama lain seperti chinnese broccoli.

Kailan memiliki kandungan serat yang cukup banyak serta mengandung beberapa jenis vitamin penting seperti B, C, E, dan K. Sehingga, mengkonsumsi kailan juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Manfaat dari mengkonsumsi kailan diantaranya adalah mampu melancarkan proses pencernaan karena kaya akan serat. Selain itu, kandungan nutrisi dalam kailan juga mampu menurunkan resiko terjadinya penyakit serius seperti kanker, stroke, dan jantung.

Baca Juga : Nauli Sawi Sendok Andalan Petani Sayur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *