Kangkung Hidroponik Menguntungkan Petani dan Idola Masyarakat

kangkung hidroponik,hidroponik,budidaya tanaman,pertanian,petani,kangkung,lmga agro

Persiapan Pupuk

Pupuk merupakan sumber nutrisi yang sangat penting bagi kualitas pertumbuhan tanaman kangkung menjadi lebih baik hingga masa panen tiba. Proses persiapan pupuk bisa petani lakukan dengan memanfaatkan pupuk hidroponik seperti pupuk AB mix yang tersedia pada toko pertanian terdekat.

Persiapan pupuk untuk budidaya kangkung hidroponik bisa petani lakukan dengan cara mempersiapkan baskom yang telah berisi 1 liter air. Kemudian campur air baskom tadi dengan 5 ml pupuk A dan 5 ml pupuk B, lalu aduk hingga air dan pupuk tercampur merata.

Proses Pemindahan Besek

Langkah selanjutnya yang harus petani lakukan setelah mempersiapkan larutan pupuk pada baskom adalah melakukan pemindahan besek. Proses pemindahan besek ini penting karena benih tanaman akan mendapatkan nutrisi dari larutan pupuk hidroponik yang sebelumnya sudah petani siapkan.

Langkah-langkah dari proses pemindahan besek ini bisa petani mulai dengan meletakkan besek berisi benih kangkung hidroponik diatas baskom larutan pupuk. Setelah itu letakkan benih tanaman pada lokasi yang terpapar sinar matahari agar benih kangkung bisa bertumbuh dengan lebih baik.

Perawatan Kangkung Hidroponik

Proses perawatan kangkung hidroponik merupakan langkah penting yang harus pelaku usaha lakukan agar mampu menghasilkan panen yang berkualitas. Perawatan pada budidaya tanaman kangkung hidroponik cukup mudah untuk pelaku usaha lakukan.

Kunci sukses pada proses perawatan budidaya kangkung hidroponik adalah rutin mengecek tanaman dan konsentrasi larutan nutrisi. Ketika tanaman kangkung telah berumur 2 minggu, petani bisa menambahkan konsentrasi larutan dari 5 ml/liter air menjadi 9 ml/liter air. Selain itu, larutan nutrisi atau pupuk bisa petani ganti secara berkala apabila telah menimbulkan bau yang tidak sedap.

Proses pemanenan budidaya tanaman kangkung hidroponik bisa petani lakukan saat tanaman memiliki umur 4 sampai 6 minggu setelah tanam. Apabila ingin menghasilkan kangkung dengan kualitas terbaik, maka petani bisa rutin mengecek pertumbuhan tanaman kangkung hidroponik.

Baca Juga : Jual Kangkung New Serimpi Murah Produk Unggulan Terbaru Panah Merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *