Kangkung Hidroponik Menguntungkan Petani dan Idola Masyarakat

kangkung hidroponik,hidroponik,budidaya tanaman,pertanian,petani,kangkung,lmga agro

Cara Menanam Kangkung Hidroponik

Budidaya tanaman kangkung hidroponik saat ini menjadi peluang usaha pertanian yang cukup menguntungkan, sehingga menjadi primadona para pelaku usaha. Pelaku usaha budidaya kangkung hidroponik tidak hanya berasal dari kalangan petani saja, melainkan juga berasal dari para penghobi tanaman.

Budidaya kangkung hidroponik tidak bisa pelaku usaha lakukan dengan sembarangan atau asal-asalan, hal tersebut bisa memicu terjadinya kerugian. Sehingga sebelum melakukan usaha budidaya tanaman kangkung hidroponik, para pelaku usaha harus mengetahui cara menanam kangkung hidroponik. Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan usaha budidaya tanaman kangkung secara hidroponik.

Persiapan Bahan dan Peralatan

Langkah pertama yang harus petani dan penghobi tanaman lakukan adalah mempersiapkan segala jenis bahan-bahan dan peralatan. Bahan-bahan yang pelaku usaha sediakan antara lain benih kangkung, pupuk hidroponik atau pupuk organik cair, dan zat pengatur tumbuh. Sedangkan peralatan sederhana untuk budidaya kangkung hidroponik adalah saringan seperti besek plastik dan baskom sebesar besek plastik.

Petani dan penghobi tanaman bisa membeli benih kangkung hidroponik pada toko pertanian terdekat dari rumah. Selain itu, benih kangkung juga tersedia pada toko pertanian online dan pelaku usaha hanya perlu memesannya dari rumah.

Pupuk hidroponik ataupun pupuk organik cair memiliki fungsi yang vital bagi usaha budidaya tanaman dengan menggunakan metode hidroponik. Hal ini karena tanaman kangkung hidroponik hanya mendapatkan nutrisi dari aliran nutrisi yang mengandung pupuk hidroponik ataupun pupuk organik cair. Sehingga, kualitas pertumbuhan tanaman kangkung bisa tergantung dari dosis pupuk hidroponik yang petani berikan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan pupuk organik cair kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani. Toko Pertanian Online LMGA Agro siap kirim pupuk pesanan konsumen ke seluruh wilayah Indonesia dengan jasa ekspedisi terpercaya.

Persemaian Benih

Langkah selanjutnya dari proses budidaya kangkung hidroponik adalah melakukan proses persemaian benih kangkung. Persemaian benih kangkung ini bertujuan untuk menumbuhkan benih kangkung menjadi bibit tanaman kangkung yang siap untuk petani rawat hingga panen.

Sebelum melakukan proses persemaian benih kangkung, sebaiknya pelaku usaha telah mengetahui bahwa benih kangkung memiliki kualitas terbaik. Cara untuk memilih benih kangkung berkualitas adalah menggunakan baskom yang telah berisi air dan biarkan benih terendam selama 24 jam. Ciri benih kangkung yang baik adalah benih yang tenggelam dalam air, sedangkan benih yang kurang baik akan mengambang.

Proses persemaian benih kangkung bisa pelaku usaha mulai dengan cara menyiapkan kain yang memiliki tingkat ketahanan terhadap air. Setelah itu, bungkus benih kangkung yang terpilih dengan menggunakan kain. Kemudian, rawat benih kangkung tersebut dengan cara melakukan penyiraman dengan air hangat secukupnya.

Tips dalam proses persemaian benih kangkung adalah tetap menjaga tingkat kelembaban kain yang membungkus benih kangkung. Hal ini bisa mempercepat proses perkecambahan benih kangkung, sehingga bibit tanaman kangkung bisa segera petani peroleh. Besek bisa menjadi wadah yang tepat untuk kain yang telah berisi benih kangkung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *