Hidroponik Sawi Peluang Budidaya Tanaman Hortikultura Idola Petani

Hidroponik, sawi, peluang, budidaya, tanaman, hortikultura, idola, petani

Hidroponik Sawi Peluang Usaha Menguntungkan Petani

Budidaya sawi dengan memanfaatkan sistem hidroponik bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi petani.

Penggunaan lahan ketika budidaya hidroponik juga tidak harus luas. Dengan lahan sederhana sudah bisa menanam dengan sistem hidroponik.

Penanaman sawi dengan sistem hidroponik juga bisa menghasilkan panen yang melimpah dan tahan serangan hama. Selain itu ketika melakukan pemanenan bisa dengan mudah.

Budidaya sawi hidroponik juga bisa memanfaatkan beberapa bahan bekas yang masih layak pakai seperti botol, gelas plastik bekas mineral, kain flannel, sumbu dll.

Pemanfaatan bahan bekas bisa berguna untuk menjaga kebersihan lingkungan dan juga bisa bermanfaat untuk media penanaman hidroponik yang murah dan mudah.

Baca Juga : Bisnis Pertanian Modern Hasilkan Banyak Keuntungan

Hidroponik Sawi Sistem Wick

Hidroponik, sawi, sistem, wick

Hidroponik sawi sistem wick merupakan salah satu metode penanaman hidroponik yang mudah. Berikut adalah beberapa alat dan bahan sebelum melakukan penanaman hidroponik menggunakan sistem wick.

– Benih sawi
– Kain flannel
– Gunting
– Netpot/gelas plastik bekas mineral
– Baskom
– Air nutrisi
– Styrofoam
– Spons/rockwoll

Sebelumnya potong dahulu kain flannel menggunakan gunting menjadi beberapa helai bagian kecil. Kemudian letakkan kain flannel tadi pada bagian bawah netpot yang terdapat lubangnya.

Lanjut dengan melubangi styrofoam sesuai dengan diameter dari netpot atau gelas plastik bekas. Kemudian letakkan netpot ke dalam lubang tersebut.

Lalu semai benih sawi dengan cara menyemainya pada spons atau rockwoll. Potong rockwoll menjadi beberapa bagian berbentuk dadu dan beri lubang pada tengahnya kemudian masukkan benih sawi kedalamnya.

Basahi media semai dengan menggunakan air. Tunggu hingga benih tumbuh daun beberapa helai kemudian pindah ke media netpot.

Jika sudah siap maka pindahkan pada netpot yang telah terpasang pada Styrofoam tadi. Letakkan Styrofoam yang berisi bibit sawi pada atas bak plastik dan isikan air nutrisi ke dalam bak secukupnya.

Letakkan media tanam tadi pada tempat yang terkena sinar matahari agar proses fotosintesis tanaman sawi bisa lancar dan dapat tumbuh dengan baik.

Pemanenan sawi hidroponik saat memasuki usia kurang lebih 60 – 70 hari setelah penanaman. Pemanenan bisa dengan cara memotong batangnya atau mencabut sampai ke akarnya.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Hidroponik Sawi Peluang Budidaya Tanaman Hortikultura Idola Petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *