Budidaya Bayam Peluang Usaha Pertanian Menguntungkan Petani

budidaya, bayam, peluang, usaha, pertanian, menguntungkan, petani

Budidaya Bayam Peluang Usaha Pertanian Menguntungkan Petani. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Komoditas hortikultura merupakan salah satu kebanggaan dari petani Indonesia. Salah satunya pada sektor sayuran.

Hortikultura

Hortikultura merupakan tanaman budidaya pada lahan kebun dengan menggunakan beberapa jenis metode pertanian.

Komoditas hortikultura dapat memenuhi beberapa kebutuhan bahan pangan yang menyehatkan untuk masyarakat.

Petani Indonesia banyak yang melakukan usaha budidaya tanaman hortikultura pada lahan pertanian.
Budidaya tanaman hortikultura bisa pada lahan pertanian yang luas maupun lahan yang tidak luas atau seadanya.

Peluang usaha budidaya tanaman hortikultura bermanfaat bagi petani untuk dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan dengan cara membudidayakannya.

Salah satu sektor tanaman hortikultura adalah sayuran. Sayuran memiliki berbagai jenis dan manfaatnya masing – masing.

Sayur – Sayuran

Sayuran merupakan salah satu sektor hortikultura yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan sehat bagi masyarakat.

Sayur adalah bahan pangan yang berasal dari tumbuhan dan biasanya mengandung kadar air yang banyak.

Masyarakat dapat mengkonsumsi langsung beberapa jenis sayuran tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu.

Cara mengolah sayuran bisa dengan mengukus, menggoreng, merebus dan juga sangrai. Lalapan merupakan sayuran dengan bentuk daun.

Dengan mengkonsumsi sayur maka kebutuhan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi dan tubuh akan menjadi sehat.

Daun sayuran yang berwarna hijau berasal dari zat hijau daun atau klorofil. Sedangkan sayur dengan warna oranye atau kuning berasal dari karoten.

Kemudian warna merah dan biru pada beberapa jenis sayur dan buah berasal dari zat yang bernama anthocyanin.

Beberapa jenis sayuran adalah sebagai berikut sawi, wortel, kangkung, seledri, selada, brokoli, kol, kentang, cabai, bayam dll.

Tanaman Bayam

Bayam dengan nama latin Amaranthus merupakan tanaman yang berasal dari Amerika dan tersebar ke berbagai negara.

Tanaman bayam merupakan sayuran hijau yang banyak mengandung beberapa vitamin dan mineral. Masyarakat sering mengolah bayam menjadi beberapa olahan masakan yang menyehatkan

Daun bayam merupakan bagian yang sering berguna untuk menjadi bahan olahan makanan. Beberapa olahan makanan dari bayam adalah pecel, tumpang, sayur bening, kripik bayam dll.

Kandungan zat besi pada bayam sangat tinggi dari jenis sayuran hijau lainnya. Sehingga bayam sangat bagus untuk mencegah dari anemia.

Petani sering membudidayakan sayuran bayam pada lahan pertanian. Budidaya bayam ini dapat memenuhi kebutuhan sayur bayam pasaran.

Budidaya sayur bayam bisa menggunakan lahan pertanian, kebun dan juga bisa juga dengan teknik hidroponik.

Baca Juga : Bisnis Pertanian Modern Hasilkan Banyak Keuntungan

Jenis – jenis bayam

Terdapat beberapa jenis bayam dengan ciri khas masing – masing. Meski terdapat beberapa jenis, bayam merupakan sayuran yang mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral yang menyehatkan bagi tubuh. Berikut ini adalah jenis – jenis bayam :

Bayam Cabut

Bayam cabut memiliki nama latin Amaranthus tricolor L. Ciri dari bayam ini adalah ada yang berwarna kemerahan dan keputihan.

Penjualan bayam cabut biasa dengan akarnya juga. Giti hijau dan merah merupakan jenis bayam cabut yang baik untuk budidaya.

Bayam Tahun

Bayam tahun memiliki nama latin Amaranthus hybridus L. Ciri dari sayur bayam ini adalah daunnya yang lebar. Sayur bayam ini memiliki dua jenis varietas yaitu caudatus dan paniculatus.

Caudatus memiliki ciri daun lebih panjang dengan ujung runcing dan daun yang berwarna merah tua atau hijau. Sedangkan varietas panilatus memiliki ciri daun yang lear dengan warna hijau.

Bayam Merah

Bayam merah berasal dari daerah Amerika tropis dan kemudian tersebar di berbagai negara dengan iklim tropis maupun subtropis.

Terdapat dua jenis bayam merah yaitu, blitum rubum dan blitum album. Blitum rubum adalah bayam merah yang memiliki ciri seluruh batang dan daunnya memiliki warna merah.

Sedangkan blitum album adalah jenis bayam merah dengan ciri batang hijau dengan batang berwarna merah.

Kandungan Gizi Bayam

Bayam memiliki beberapa kandungan gizi seperti vitamin dan mineral yang sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi bayam dengan porsi yang tidak berlebihan dan tidak kurang maka beberapa kebutuhan gizi dalam tubuh akan terpenuhi.

Berikut ini adalah beberapa kandungan vitamin, senyawa dan mineral yang terdapat dalam tanaman bayam :

– Air
– Protein nabati
– Karbohidrat
– Gula
– Serat
– Vitamin A, B6, B9, C, E, K1
– Kalsium
– Kalium
– Fosfor
– Zat Besi
– Magnesium
– Asam alfa-lipoat
– Beta karoten
– Lutein
– Kuersetin
– Zeaxanthin
– Nitrat
– Kaemferol
– Quercetin

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Bayam mengandung beberapa jenis vitamin, mineral dan senyawa yang sangat bermanfaat untuk membantu menyehatkan tubuh.

Dengan mengkonsumsi bayam maka beberapa kebutuhan gizi tubuh akan terpenuhi dengan baik. Berikut adalah manfaat bayam bagi kesehatan :

Menyehatkan Jantung

Beberapa antioksidan yang terkandung dalam bayam dapat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung, salah satunya adalah folic acid.

Mencegah Hipertensi

Kalium yang terkandung dalam bayam bisa bermanfaat unuk mencegah tekanan darah tinggi. Kalium berfungsi untuk mengurangi kandungan natrium yang ada dalam tubuh yang dapat menyebabkan hipertensi.

Menyehatkan Tulang

Kandungan vitamin K, kalsium, zat besi dalam sayur bayam sangat bermanfaat untuk membantu menyehatkan tulang. Penyerapan kalsium juga dapat meningkat dengan mengkonsumsi sayur bayam.

Mencegah Diabetes

Asam alfa-lipoat merupakan salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam bayam. Asam alfa-lipoat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula.

Selain itu sensitivitas insulin juga dapat meningkat dengan asam alfa-lipoat yang terkandung dalam sayur bayam.

Melancarkan Pencernaan

Serat dan juga air yang terkandung dalam sayur bayam bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Menyehatkan Rambut

Kandungan vitamin A dalam sayur bayam bermanfaat untuk membantu melembabkan rambut. Rambut memerlukan vitamin A untuk memaksimalkan pertumbuhan. Zat besi dalam bayam juga dapat bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut.

Menyehatkan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam bayam bisa untuk menjaga kolagen. Kolagen merupakan penyedia struktur kulit dan rambut.

Menyehatkan Mata

Vitamin A dalam bayam sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu karoten, lutein dan zeaxanthin dalam sayur bayam berguna untuk mencegah katarak dan degenerasi macula.

Baca Juga : Pertanian Modern Tingkatkan  Keuntungan Budidaya Tanaman

Budidaya Bayam Pada Lahan Pertanian

budidaya, bayam, lahan, pertanian

Budidaya bayam bisa dengan memanfaatkan lahan pertanian yang ada. Untuk skala besar petani biasa memanfaatkan lahan pertanian yang luas.

Lahan pertanian untuk budidaya bayam sebaiknya memiliki kondisi pH tanah yang netral. Tidak kurang dari 6 dan tidak lebih dari 7.

Selain itu perawatan tanaman bayam pada lahan pertanian juga harus baik. Agar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal.

Permintaan bayam pada kalangan masyarakat lumayan banyak sehingga membuat petani untuk membudidayakan sayur bayam.

Dengan budidaya bayam maka petani dapat memenuhi kebutuhan pasar untuk sayuran bayam. Sayur bayam bermanfaat sebagai sumber pangan sehat bagi masyarakat.

Sebelum melakukan budidaya bayam perlu memperhatikan beberapa hal agar nantinya bisa panen bayam dengan sukses.

Penanaman bayam yang sukses akan membuat petani untung karena dapat menjual dan memenuhi kebutuhan bayam.

Cara Menanam Bayam

Cara menanam yang baik dan benar sangat perlu agar nanti tanaman bayam bisa tumbuh dengan optimal dan petani bisa panen melimpah.

Sebelum melakukan penanaman sebaiknya mempersiapkan beberapa hal untuk melakukan penanaman bayam pada lahan pertanian.

Pemilihan Benih

Memilih benih sayur bayam sebelum melakukan budidaya sangat penting agar nantinya sayur bayam pada lahan pertanian tahan penyakit.

Mempersiapkan benih yang tahan virus dan bakteri sangat perlu agar tanaman bayam yang tumbuh bisa optimal dan panen melimpah.

Benih Bayam

Benih bayam yang berkualitas sangat perlu dalam budidaya tanaman bayam. Hal ini bermaksud agar nantinya tanaman bayam bisa tumbuh dengan optimal. Toko Pertanian LMGA AGRO jual benih bayam berkualitas unggul dengan harga murah.

Pengolahan Lahan Budidaya

Sebelum melakukan penanam perlu persiapan lahan penanaman. Lahan pertanian harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Pengolahan lahan penamaman dengan cara menggemburkan tanah dan membuat bedengan pada lahan penanaman.

Usahakan pH dari tanah harus lebih dari 6 dan tidak lebih dari 7. Jika kurang dari 6 maka harus menambahkan dolomit atau kapur. Jika pH lebih dari 7 maka bisa menambahkan belerang.

Ketika pengolahan sebaiknya mencampur tanah dengan pupuk kandang agar nantinya tanah banyak mengandung unsur hara yang baik untuk pertumbuhan tanaman bayam.

Bedengan memiliki lebar satu meter dengan tinggi 30 cm dan panjang menyesuaikan dengan lahan pertanian.

Penebaran Benih

Jika lahan sudah siap maka selanjutnya adalah penebaran benih bayam. Lakukan penebaran benih bayam dengan merata pada bedengan. Campurkan benih dengan pupuk kandang dan tanah agar benih bisa merata saat penebaran.

Perawatan Tanaman Bayam

Setelah melakukan penebaran benih bayam pada lahan penanaman selanjutnya adalah melakukan perawatan.

Lakukan penyiraman pada lahan penanaman bayam. Saat musim kemarau penyiraman bisa dengan dua kali sehari hingga berkecambah.

Jika ada gulma yang mengganggu segera bersihkan dari lahan penanaman. Penyemprotan pestisida untuk menghilangkan hama yang menyerang tanaman bayam.

Ketika usia dua minggu, cek kondisi daun tanaman bayam. Jika terdapat daun yang menguning segera lakukan pemupukan lanjutan. Pupuk bisa menggunakan kompos maupun pupuk kandang.

Pemanenan Sayur Bayam

Saat memasuki usia 20 hari setelah tanam pemanenan bayam bisa dilakukan. Cara memanenanya bisa dengan mencabut hingga akar atau memotongnya.

Setelah memanen sayur bayam sebaiknya lakukan pencucian dengan menyiramnya dengan air kemudian menyortirnya.

Jika sudah melakukan pembersihan dan penyortiran selanjutnya adalah pengikatan dan lanjut ke proses pengiriman ke pasar atau penjual.

Hidroponik

Hidroponik adalah penanaman tanpa menggunakan media tanam tanah. Sistem penanaman hidroponik mengutamakan kebutuhan nutrisi pada tanaman.

Masyarakat dan petani sudah mulai banyak yang mengenal budidaya dengan menggunakan sistem hidroponik.

Budidaya tanaman dengan sistem hidroponik sangat cocok untuk masyarakat yang tidak memiliki lahan yang luas untuk budidaya.

Budidaya hidroponik tidak harus memiliki tempat yang luas. Pada tempat yang seadanya juga bisa untuk budidaya hidroponik.

Sistem penanaman hidroponik memiliki kelebihan yaitu hemat lahan, praktis, mudah, bebas hama dan hasil panen melimpah.

Kekurangan dari budidaya hidroponik adalah modal yang cukup besar, beberapa jenis perlengkapan yang langka dan juga harus rajin dan teliti dalam mengontrol tingkat keasaman pH dan nutrisi.

Banyak petani dan masyarakat melakukan budidaya tanaman hortikultura seperti sayur dan buah dengan menggunakan sistem hidroponik.

Baca Juga :  Nutrisi Hidroponik Hasilkan Pertumbuhan Tanaman Berkualitas

Budidaya Bayam Hidroponik Sistem Wick

budidaya, bayam, hidroponik, sistem, wick

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak peminatnya. Oleh karena itu petani maupun masyarakat sering membudidayakan bayam sebagai bahan makanan yang menyehatkan.

Budidaya bayam tidak hanya pada lahan pertanian. Namun juga bisa dengan memanfaatkan sistem penanaman hidroponik.

Sebelum melakukan budidaya bayam hidroponik perlu menyiapkan alat dan bahanya terlebih dahulu. Berikut ini adalah alat, bahan dan cara penanaman bayam hidroponik :

Alat dan Bahan

– Benih bayam
– Netpot (Bisa dengan gelas plastik bekas mineral)
– Kain flannel
– Bak plastik atau sterofoam
– Nampan plastik
– Nutrisi AB Mix
– Rockwoll/Spons

Penyemaian Benih

Sebelumnya rendam dulu benih bayam dengan menggunakan air hangat selama kurang lebih enam puluh menit.

Kemudian potong spons atau rockwool menjadi beberapa bagian berbentuk dadu. Bisa dengan ukuran 2 x 2 cm. Lalu tata pada nampan plastik.

Beri lubang pada tengah rockwool atau spons tadi dan kemudian masukkan benih bayam ke dalamnya. Setiap satu kotak rockwool atau spons berisi satu benih bayam.

Jika sudah terisi semua siram media penyemaian dengan menyemprotkan air dengan spray agar tidak terlalu menggenang.

Letakkan media penyemaian tadi pada tempat yang terhindar dari hujan dan kering. Selanjutnya tutup dengan kain atau plastik.

Tunggu kurang lebih 2 – 3 hari sampai benih berkecambah dan muncul beberapa helai daun. Jika sudah muncul beberapa helai daun pindahkan media penyemaian pada tempat yang tersinari matahari.

Jika media penyemaian kering segera semprot dengan spray kembali agar bibit bayam bisa tumbuh dengan baik.

Menyiapkan Media Penanaman

Siapkan bak plastik atau box Styrofoam, kemudian lubangi tutupnya dengan menyesuaikan dengan diameter dari netpot atau gelas plastik bekas mineral.

Jika menggunakan gelas plastik mineral maka gelas harus terlubangi dulu. Letakkan netpot atau gelas plastik tadi kedalam lubang pada tutup.

Pastikan netpot atau gelas tadi menggantung dan tidak jatuh kebawah. Masukkan kain flannel pada lubang netpot atau gelas plastik.

Posisikan kain flannel agar menggantung dan mengenai bagian dasar dari bak atau styrofoam. Fungsi dari kain flannel adalah sebagai sumbu yang bermanfaat untuk menyalurkan nutrisi cair ke tanaman.

Jika sudah isikan nutrisi AB mix ke dalam bak plastik atau styrofoam tadi. Pastikan tidak memenuhi bak tetapi juga tidak terlalu dangkal, yang penting sumbu mengenai nutrisi.

Pindah Tanam

Pindahkan bibit bayam yang sudah tumbuh beberapa helai daun tadi ke dalam masing – masing media netpot atau gelas plastik yang sudah terpasang.

Letakkan media penanaman hidroponik tadi pada tempat yang tidak terkena hujan tetapi masih bisa terkena sinar matahari agar memperlancar proses fotosintesis.

Pemeliharaan Bayam Hidroponik

Menyiram bayam hidroponik dengan cara menyepry atau menyemprot dengan menggunakan air, yang penting tidak menggenang dan tanaman bayam tidak kekeringan.

Menyiang bayam dengan cara membersihkan rumput yang mengganggu atau hama yang menyerang tanaman.

Pemanenan Bayam

Setelah memasuki umur kurang lebih 20 hari bayam bisa langsung panen. Pemanenan bayam hidroponik bisa dengan cara mencabut sampai akar maupun memotongnya.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian LMGA AGRO melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Budidaya Bayam Peluang Usaha Pertanian Menguntungkan Petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *