Cara Menanam Melon Tahan Virus Favorit Petani

cara menanam melon,melon,budidaya melon,benih melon,buah melon,lmga agro

Cara Menanam Melon Tahan Virus Favorit Petani. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual varietas benih melon tahan virus kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala sarana pertanian kualitas terbaik untuk kebutuhan usaha budidaya tanaman. Beberapa sarana pertanian yang tersedia untuk petani adalah benih tanaman, pupuk pertanian, pestisida hama, zat pengatur tumbuh, hingga alat pertanian. Semua sarana pertanian yang tersedia memiliki harga murah dan terjangkau bagi petani.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan berbagai macam jenis benih tanaman buah dan sayuran, seperti cabe, tomat, melon, hingga semangka. Semua benih tanaman memiliki kualitas terbaik karena hasil produksi dari pabrik benih terkemuka dan berpengalaman dalam bidang pemuliaan tanaman. Beberapa contohnya adalah BISI, Known You Seed, Takii Seed, East West Seed, dan lain-lain.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga membuka jasa konsultasi pertanian untuk membantu petani dalam mengatasi kendala usaha budidaya tanaman. Kendala budidaya tanaman biasa terjadi saat proses pengolahan tanah, perawatan tanaman, atau ketika tanaman terserang oleh hama dan penyakit. Petani dan pelaku usaha pertanian bisa menggunakan jasa konsultasi pertanian LMGA Agro secara gratis.

Budidaya melon telah menjadi peluang usaha pertanian yang berpotensi menghasilkan banyak keuntungan bagi para petani dan pelaku usaha pertanian. Keuntungan dari penjualan hasil buah melon berkualitas juga tidak lepas dari cara menanam melon yang baik dan benar.

Budidaya tanaman termasuk dalam salah satu jenis usaha pertanian yang menguntungkan bagi para pelaku usaha pertanian, yaitu petani. Petani sering memanfaatkan jenis tanaman sayur maupun tanaman buah yang memiliki label sebagai komoditas pangan unggulan seperti buah melon. Cara menanam melon menjadi hal penting bagi petani sebelum melakukan usaha budidaya melon pada lahan pertanian.

Buah Melon, Jenis Buah Idola Semua Orang

Buah-buahan termasuk dalam jenis tanaman yang menjadi favorit bagi semua kalangan mulai dari ibu rumah tangga hingga pejabat tinggi. Jenis buah-buahan juga bermacam-macam dan memiliki bentuk berbeda pada setiap jenisnya serta mayoritas buah memiliki rasa yang manis.

Melon merupakan nama buah sekaligus tanaman yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae seperti semangka dan timun. Ciri fisik dari buah melon adalah memiliki bentuk oval dengan tekstur kulit buah kasar dan memiliki corak seperti net. Sedangkan daging buahnya memiliki rasa yang manis dan segar dengan tekstur lunak serta memiliki warna putih hingga merah.

Buah melon adalah salah satu jenis buah yang sangat populer karena memiliki rasa manis dengan ukuran buah yang cukup besar. Masyarakat bisa membeli buah melon dengan mengunjungi pasar tradisional maupun pasar modern seperti swalayan yang menyediakan buah melon kualitas terbaik. Masyarakat atau konsumen bisa membagi buah melon menjadi beberapa irisan untuk sajian satu keluarga mengingat ukuran buahnya cukup besar.

Melon sudah sangat terkenal dan menjadi favorit banyak orang, sehingga banyak pelaku usaha memanfaatkan melon untuk membuka peluang usaha baru. Beberapa peluang usaha bisa memanfaatkan buah melon sebagai bahan dasar pembuatan produknya, seperti es buah maupun jus melon.

Mengkonsumsi buah melon secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh untuk tetap fit dalam menjalani setiap aktivitas sehari-hari. Hal ini karena melon memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup lengkap dan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah melon telah menjadi kesukaan banyak orang dan selalu menjadi incaran utama setiap mengunjungi pasar tradisional maupun pasar modern. Namun, masyarakat harus mengucapkan terima kasih kepada para petani sebagai pelaku usaha budidaya melon pada lahan pertanian. Hal ini karena usaha budidaya melon milik para petani menjadi stok utama bagi pasar untuk memenuhi kebutuhan melon konsumen.

Baca Juga : Buah Melon Unggulan Anti Virus Andalan Petani

Budidaya Melon Menguntungkan Petani

melon,budidaya melon,benih melon,tanaman melon,buah melon,cara menanam melon,lmga agro

Buah melon termasuk dalam salah satu jenis komoditas pangan unggulan yang memiliki banyak peminat dan menjadi favorit bagi para konsumen. Sehingga stoknya harus selalu terjaga agar tidak terjadi kelangkaan buah melon dan membuat harganya menjadi melambung tinggi. Usaha yang bisa menyelamatkan kelangkaan buah melon adalah melakukan budidaya melon pada lahan pertanian.

Petani sebagai pelaku usaha pertanian merupakan orang yang tepat untuk melakukan usaha budidaya melon guna mencukupi stok pasaran. Hal ini karena para petani sangat mengetahui tentang cara melakukan budidaya tanaman mulai dari proses pengolahan tanah hingga pasca panen.

Petani bisa membudidayakan melon pada daerah yang mendukung pertumbuhannya seperti daerah dataran rendah hingga dataran menengah yang memiliki iklim sesuai. Selain itu musim yang cukup tepat bagi petani untuk melakukan usaha budidaya melon adalah musim kemarau.

Usaha budidaya melon memerlukan pilihan benih melon yang tepat dan berkualitas agar mampu menghasilkan pertumbuhan tanaman yang baik. Varietas benih melon terbaik dan berkualitas memiliki banyak keunggulan seperti tahan terhadap virus dan penyakit tanaman. Selain itu, penggunaan benih melon berkualitas juga berpotensi menghasilkan panen buah melon dengan kualitas terbaik.

Cara menanam melon juga termasuk dalam kunci sukses petani dalam melakukan usaha budidaya melon pada lahan pertanian. Apabila cara menanamnya tidak tepat dan kurang baik maka kualitas hasil panen budidaya melon menjadi menurun. Sedangkan, petani yang melakukan cara menanam melon dengan benar maka berpotensi menghasilkan panen yang berkualitas.

Hasil panen budidaya melon yang memiliki kualitas terbaik mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian. Salah satu keuntungan dari hasil panen budidaya melon dengan kualitas terbaik adalah penjualannya yang mudah. Sehingga para pedagang buah menjadi lebih tertarik pada buah melon dengan bentuk fisik sempurna dan rasa daging buah yang manis.

Baca Juga : Jual Benih dan Budidaya Melon Action 88 Kapal Terbang Hasil 45 Ton

Serangan Hama dan Virus Ancam Budidaya Melon

Budidaya melon merupakan salah satu jenis usaha pertanian yang mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi para petani dan pelaku usaha pertanian. Namun, petani menghadapi hal yang serius apabila memanfaatkan tanaman melon sebagai objek budidaya, yaitu serangan virus pada tanaman.

Virus merupakan organisme yang memiliki dampak buruk bagi kualitas pertumbuhan tanaman pada setiap usaha budidaya tanaman. Pada usaha budidaya melon jenis virus yang sering menyerang dan merugikan bagi petani dan pelaku usaha pertanian adalah virus gemini.

Virus gemini merupakan jenis virus yang menyerang tanaman melon dengan perantara makhluk hidup lain dari golongan serangga, yaitu kutu kebul. Kutu kebul merupakan serangga hama yang sangat merugikan bagi budidaya tanaman pada lahan pertanian karena menjadi vektor atau pembawa penyakit.

Serangan hama kutu kebul pada budidaya tanaman memiliki beberapa gejala khas yang merugikan bagi proses pertumbuhan tanaman pada lahan pertanian. Beberapa gejala serangan hama kutu kebul adalah tertutupnya mulut daun atau stomata akibat nimfa kutu kebul mengeluarkan embun madu, sehingga proses fotosintesis tanaman menjadi terhambat. Apabila serangan hama kutu kebul berlangsung cukup lama maka daun tanaman akan berguguran dan pertumbuhan tanaman budidaya menjadi terhambat.

Hama kutu kebul pada budidaya tanaman seperti melon juga bisa membawa kerugian lain bagi para petani, yaitu serangan virus gemini. Tanaman melon yang terserang virus gemini akan memiliki gejala seperti warna tulang daun menjadi kuning terang dan tulang daun menebal.

Serangan virus gemini pada budidaya melon juga berdampak pada pertumbuhan tanaman yang tidak maksimal dan berpotensi merugikan petani. Beberapa dampak dari serangan virus gemini ini adalah ukuran daun mengecil, tanaman kerdil, hingga produksi buah per tanaman menurun. Sehingga, serangan hama dan virus menjadi ancaman nyata bagi petani budidaya melon dan harus segera melakukan tindakan pengendalian dan pencegahan.

Baca Juga : Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman

Benih Melon Tahan Virus Pilihan Petani

Serangan virus pada budidaya tanaman melon menjadi ancaman nyata serta merugikan bagi petani dan pelaku usaha pertanian. Sehingga para petani membutuhkan langkah pencegahan dan pengendalian yang tepat untuk tetap untung pada setiap usaha budidaya melon. Salah satu cara untuk mencegah serangan virus gemini pada usaha budidaya melon adalah menggunakan varietas benih melon tahan virus.

Benih melon tahan virus merupakan jenis benih melon berkualitas yang memiliki keunggulan tahan terhadap virus, termasuk virus gemini. Pabrik benih memproduksi varietas benih melon tahan virus gemini untuk membantu petani agar tetap untung dalam setiap usaha budidaya melon. Petani bisa dengan mudah membeli varietas benih melon tahan virus pada toko pertanian terdekat maupun toko pertanian online.

Varietas benih melon tahan virus juga memiliki keunggulan lain yang menguntungkan bagi para petani selama usaha budidaya melon berlangsung. Beberapa keunggulan dari benih melon tahan virus ini adalah memiliki pertumbuhan tanaman yang kokoh serta mampu menghasilkan buah melon berkualitas.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih melon tahan virus untuk kebutuhan usaha budidaya tanaman. Benih melon yang tersedia merupakan hasil produksi pabrik benih berpengalaman seperti BISI, East West Seed, Known You Seed, dan lain-lain. Beberapa benih melon tahan virus yang tersedia bisa dilihat oleh petani melalui penjelasan singkat ini.

Benih Melon Action 88

Umur Panen 63 HST

Potensi Panen 45 Ton/ha

Benih Melon Gracia F1

Umur Panen 70 HST

Potensi Panen 50 Ton/ha

Benih Melon Pertiwi Anvi

Umur Panen 58 HST

Berat Buah Mencapai 2.5 kg

melon alisha, alisha, melon tahan virus, benih, lmga agro, panah merah

Benih Melon Alisha

Umur Panen 70 HST

Potensi Panen 40 Ton/ha

BENIH MELON ALINA F1,LMGA AGRO

Benih Melon Alina

Umur Panen 70 HST

Potensi Panen 50 Ton/ha

Benih Melon Leoni MH F1

Benih Melon Leoni MH F1

Umur Panen 60-64 HST

Potensi Panen 45 Ton/ha

Baca Juga : Untung Besar Budidaya Melon Tahan Virus

Cara Menanam Melon Jadi Kunci Sukses Petani

cara menanam melon,budidaya melon,benih melon,pertanian,benih tanaman,lmga agro

Langkah pengendalian hama dan virus pada budidaya tanaman melon merupakan hal yang penting untuk menjaga pertumbuhan tanaman tetap berkualitas. Petani dapat melakukan proses pengendalian hama dan virus tanaman sejak dari proses pemilihan benih tanaman melon. Benih melon tahan virus menjadi rekomendasi bagi petani dalam proses pengendalian serta pencegahan hama dan virus tanaman melon.

Proses dan cara menanam melon dari awal juga memiliki banyak manfaat dalam pengendalian serta pencegahan hama dan virus tanaman. Cara menanam melon terbagi menjadi beberapa tahap mulai dari proses persemaian hingga perawatan tanaman melon pada lahan pertanian.

Petani dapat melakukan cara menanam melon yang mampu mengendalikan serangan virus gemini saat proses persemaian benih tanaman. Petani bisa melakukan proses pengendalian virus saat persemaian dengan cara menanam melon atau benih melon yang memiliki ketahanan terhadap virus. Selain itu, petani bisa merendam benih melon dengan larutan khusus yang memberikan perlindungan benih terhadap serangan virus merugikan.

Petani bisa melakukan proses pengendalian virus budidaya tanaman melon secara lebih lanjut pada cara menanam melon saat melakukan perawatan tanaman. Pengendalian hama kutu kebul sebagai pembawa virus menjadi hal pertama bagi petani dan pelaku usaha pertanian harus lakukan. Penanaman tanaman pembatas lahan dan penggunaan mulsa pertanian bisa menjadi pilihan tepat bagi petani untuk mengendalikan hama kutu kebul.

Proses cara menanam melon pada lahan pertanian juga termasuk dalam langkah pencegahan serangan hama dan virus pada tanaman melon. Beberapa cara tersebut adalah selalu menjaga kebersihan lahan pertanian dari pertumbuhan gulma yang berpotensi menjadi sarang bagi hama kutu kebul.

Petani juga bisa melakukan seleksi atau pencabutan pada tanaman melon yang menunjukkan gejala penyakit akibat serangan virus dari hama. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit tanaman yang terjadi antar tanaman dan memiliki potensi merugikan bagi petani.

Baca Juga : Benih Semangka dan Melon Berkualitas yang Direkomendasikan

Cara Menanam Melon Pada Lahan Pertanian

Cara menanam melon menjadi langkah awal bagi petani dan pelaku usaha pertanian untuk memulai usaha budidaya melon pada lahan pertanian. Petani dan pelaku usaha pertanian haruslah teliti dalam setiap langkah dan cara menanam melon untuk usaha budidaya melon. Hal ini karena setiap langkah memiliki pengaruh terhadap kualitas pertumbuhan tanaman melon pada lahan pertanian.

Cara menanam melon sendiri memiliki beberapa langkah yang saling terkait satu sama lain dan saling melengkapi. Apabila terdapat satu langkah yang tidak maksimal maka akan berdampak pada kualitas pertumbuhan budidaya tanaman melon. Beberapa langkah dalam cara menanam melon untuk usaha budidaya akan dijelaskan melalui tulisan ini.

Persemaian dan Pembibitan Tanaman Melon

Langkah pertama pada cara menanam melon untuk usaha budidaya melon adalah melakukan proses persemaian dan pembibitan tanaman melon. Proses ini bertujuan untuk menumbuhkan benih tanaman melon pada wadah tertentu sebelum akhirnya pindah ke lahan pertanian.

Petani dapat memulai proses persemaian benih tanaman melon dengan cara merendam benih melon pada air hangat dengan campuran fungisida. Petani dapat melakukan proses perendaman benih melon selama 6 sampai 10 jam. Setelah itu, benih hasil rendaman akan melalui proses penirisan pada handuk setengah basah, kemudian biarkan hingga benih mengeluarkan kecambah.

Setelah benih tanaman melon sudah mengeluarkan kecambah, maka petani sebagai pelaku usaha pertanian bisa menyiapkan wadah untuk persemaian. Petani bisa menggunakan wadah polybag ataupun tray semai untuk membantu dalam proses persemaian benih tanaman melon.

Petani bisa memulai proses persemaian benih melon dengan cara memasukkan media tanam kedalam wadah untuk persemaian benih. Media untuk proses ini adalah campuran antara tanah halus dan pupuk organik seperti kompos maupun kandang dengan perbandingan 2:1. Setelah itu benamkan benih melon berkecambah pada wadah yang telah terisi media tanam sedalam 1-2 cm.

Perawatan benih melon pada wadah persemaian bisa dengan cara melindunginya dari sinar matahari secara langsung dan air hujan. Petani bisa menambahkan pelindung pada bagian atas wadah persemaian untuk menjaga proses persemaian benih melon tetap berkualitas. Proses persemaian benih melon dapat berlangsung selama 10-15 hari hingga muncul 2-3 helai daun.

Baca Juga : Jual Benih Melon Pertiwi Anvi Murah Tahan Virus

Pengolahan Lahan Pertanian

Langkah selanjutnya yang petani lakukan dalam proses cara menanam melon atau budidaya melon adalah mengolah lahan pertanian. Lahan pertanian merupakan tempat atau lokasi bagi petani untuk menanam dan membudidayakan melon hingga masa panen tiba. Proses pengolahan lahan pertanian ini sangat penting bagi petani karena memiliki pengaruh besar terhadap kualitas pertumbuhan tanaman melon.

Petani harus mengetahui riwayat lahan pertanian, sehingga saat proses pengolahan tanah bisa lebih maksimal dan cocok untuk penanaman tanaman melon. Langkah pertama dalam proses ini adalah mengolah lahan pertanian dengan memanfaatkan alat-alat pertanian seperti cangkul dan lain-lain. Kemudian beri kapur pertanian atau dolomit untuk meningkatkan kadar pH dalam tanah apabila kadar pH tanah kurang dari 6.

Setelah proses mengolah tanah dan pemberian kapur pertanian selesai maka petani sebagai pelaku usaha pertanian bisa melanjutkannya dengan membuat bedengan. Petani dapat membuat bedengan dengan ukuran lebar 100-120 cm, tinggi 25-40 cm, dengan jarak antar bedengan sekitar 50-70 cm.

Apabila pembuatan bedengan telah selesai, para petani bisa melanjutkan proses pengolahan lahan pertanian dengan cara melakukan pemupukan dasar. Pemupukan dasar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas unsur hara dan nutrisi dalam tanah, sehingga pertumbuhan tanaman melon bisa lebih berkualitas.

Pemasangan mulsa hitam perak menjadi proses terakhir dalam pengolahan lahan pertanian untuk usaha budidaya tanaman melon. Setelah itu, tambahkan lubang tanam dengan menggunakan alat pelubang mulsa dengan jarak antar lubang sekitar 60 cm.

Cara Menanam Melon atau Bibit Melon

Penanaman bibit melon menjadi langkah selanjutnya bagi petani dan pelaku usaha pertanian untuk melakukan usaha budidaya melon pada lahan pertanian. Cara menanam melon atau bibit melon hasil persemaian ini lebih baik pada sore hari untuk mengurangi resiko bibit melon layu.

Petani sebagai pelaku usaha pertanian hanya bisa melakukan penanaman 1 bibit tanaman melon pada 1 lubang tanam pada bedengan. Dalam cara menanam melon yang praktis dan efisien para petani bisa memanfaatkan celah antar bedengan sebagai parit. Sehingga, saat musim penghujan tiba budidaya tanaman melon tidak tergenang air dan aliran drainasenya lancar.

Pemasangan ajir atau penyangga merupakan kunci sukses petani dalam mempraktekkan cara menanam melon pada lahan pertanian. Petani bisa memasang ajir atau penyangga pada setiap lubang tanam saat umur tanaman sudah memasuki 4-5 hari. Fungsi pemasangan penyangga ini adalah untuk mendukung pertumbuhan tanaman melon yang terkenal merambat.

Baca Juga : Meraup Untung Dengan Budidaya Melon

Perawatan Tanaman Melon

Proses penanam melon atau cara menanam melon selanjutnya adalah melakukan perawatan tanaman melon secara teratur. Petani haruslah merawat tanaman melon yang sebelumnya sudah berpindah dari wadah persemaian ke lahan pertanian. Perawatan tanaman pada usaha budidaya melon terbagi menjadi beberapa jenis, seperti penyiraman, pemupukan, pembersihan, dan pencegahan hama tanaman.

Penyiraman merupakan proses perawatan budidaya tanaman melon yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan tanaman hingga masa panen tiba. Petani dan pelaku usaha pertanian bisa melakukan penyiraman pada budidaya melon setiap pagi dan sore hari selama seminggu pertama. Kemudian ketika tanaman sudah berumur lebih dari seminggu, maka petani bisa melakukan penyiraman setiap 2 hari sekali.

Pemupukan menjadi bagian dari proses budidaya melon yang penting bagi kualitas pertumbuhan tanaman melon pada lahan pertanian. Petani bisa memanfaatkan pupuk NPK untuk proses pemupukan pada usaha budidaya tanaman secara bertahap. Proses pemupukan budidaya melon memiliki beberapa tahap yang dilakukan pada waktu berbeda-beda sesuai jadwal.

Proses pembersihan menjadi langkah selanjutnya dalam melakukan perawatan pada usaha budidaya melon pada lahan pertanian. Pembersihan ini memiliki manfaat untuk menjaga lahan tetap steril dari tanaman liar seperti gulma yang berpotensi menjadi sarang bagi hama tanaman. Selain itu, proses pembersihan juga berguna untuk menseleksi tanaman melon yang terinfeksi penyakit agar tidak menular ke tanaman lainnya.

Jenis perawatan lainnya pada usaha budidaya melon adalah melakukan pencegahan terhadap hama dan penyakit tanaman. Petani biasa menggunakan pestisida sebagai langkah ampuh untuk mencegah dan membasmi hama tanaman yang menyerang tanaman. Namun penggunaannya harus sesuai dosis agar tidak mencemari lingkungan.

Pemanenan Buah Melon

Setelah melewatai proses yang cukup panjang, akhirnya petani bisa melakukan proses pemanenan pada usaha budidaya melon. Cara mengetahui buah melon yang sudah siap panen adalah memiliki permukaan kulit kasar dan mengeluarkan aroma yang kuat.

Proses pemetikkan buah melon dapat dilakukan oleh petani dengan menggunakan gunting atau pisau yang tajam. Cara panen buah melon adalah melakukan pemotongan tangkai buah kurang dari 3 cm dari pangkal. Setelah itu, buah akan masuk dalam proses pengemasan lalu selanjutanya akan masuk ke proses pengangkutan atau distribusi.

Baca Juga : Kunci Sukses Budidaya Melon Orange Red Aroma

LMGA Agro Bantu Petani Memahami Cara Menanam Melon

Petani dan pelaku usaha pertanian membutuhkan sarana pertanian terbaik untuk memulai usaha budidaya melon pada lahan pertanian. Salah satu jenis sarana pertanian yang paling dibutuhkan adalah benih melon kualitas terbaik.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih melon kualitas terbaik untuk kebutuhan usaha budidaya tanaman. Semua benih melon LMGA Agro terjamin kualitasnya karena hasil produksi pabrik benih berpengalaman seperti BISI, East West Seed, dan lain-lain. Selain itu, semua varietas benih melon memiliki harga murah dan terjangkau bagi petani dan pelaku usaha pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menyediakan sarana pertanian pendukung untuk usaha budidaya melon pada lahan pertanian. Sarana pertanian pendukung yang tersedia adalah pupuk, pestisida, zat pengatur tumbuh, dan alat pertanian. Semua sarana pertanian pendukung juga tersedia dengan harga murah dan terjangkau.

Toko Pertanian Online LMGA Agro juga membuka jasa konsultasi pertanian untuk membantu petani dalam usaha budidaya melon. Cara menanam melon yang baik dan benar juga bisa dikonsultasikan oleh petani secara gratis tanpa harus membayar.

Baca Juga : Toko Pertanian LMGA Agro Indonesia Idola Petani

Demikian artikel tentang Cara Menanam Melon Tahan Virus Favorit Petani. Hubungi nomor 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Cara Menanam Melon ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *