Pertanian Monokultur Buat Petani Untung Dengan Kerja Keras

pertanian,pertanian monokultur,budidaya tanaman,petani,peluang usaha,lmga agro
Tumpang Gilir

Tumpang gilir merupakan jenis pola tanam polikultur yang memanfaatkan satu bidang lahan pertanian untuk budidaya 2 atau lebih jenis tanaman. Penggunaan pola tanam polikultur tumpang gilir juga harus memperhatikan ketersediaan tempat untuk tanaman memperoleh pancaran sinar matahari yang cukup. Selain itu, petani sebagai pelaku usaha pertanian juga harus memperhatikan ketersediaan nutrisi tanah yang cukup untuk budidaya tanaman.

Pola tanam polikultur tumpang gilir memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian. Keuntungan dari penggunaan sistem tumpang gilir ini adalah petani mampu menghemat tenaga kerja pada saat proses pengolahan tanah. Selain itu, sistem pola tanam polikultur mampu memberikan hasil panen secara beruntun sehingga produktivitas lahan bisa meningkat.

Tanaman Bersisipan

Tanaman bersisipan merupakan jenis metode pola tanam polikultur dengan cara menyisipkan jenis tanaman lain pada lahan budidaya tanaman pokok. Tujuan dari penggunaan pola tanam polikultur metode tanaman bersisipan ini adalah untuk mengintensifikasi lahan.

Intensifikasi pertanian merupakan usaha meningkatkan hasil pertanian dengan cara mengoptimalkan penggunaan lahan pertanian untuk usaha budidaya tanaman. Proses intensifikasi pertanian ini bisa menggunakan pedoman petani dalam usaha budidaya tanaman, yaitu panca usaha tani.

Tanaman Campuran

Tanaman campuran merupakan jenis pola tanam polikultur yang membudidayakan lebih dari 1 jenis tanaman pada sebidang lahan pertanian. Perbedaan antara metode tanaman campuran dari jenis pola tanam polikultur lainnya adalah cara budidaya tanamannya. Budidaya tanaman dengan metode tanaman campuran dilakukan dengan cara menanam beberapa jenis tanaman tanpa mengatur jarak tanam pada lahan pertanian.

Penggunaan metode tanaman campuran untuk usaha budidaya tanaman memang terlihat efisien karena beberapa tanaman bisa tumbuh dalam satu lahan pertanian. Namun metode ini juga memiliki kekurangan tersendiri, yaitu rentan terhadap serangan hama dan penyakit tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *