Manfaat Pepaya, Buah Penuh Gizi Pertanian Indonesia

manfaat pepaya, jual benih pepaya, harga promo, toko pertanian, onlineshop, lmga agro
Buah Pepaya Penuh Manfaat

 Manfaat Pepaya, Buah Penuh Gizi Pertanian Indonesia. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual harga murah, promo dan bersaing. Produk lengkap semua kebutuhan petani budidaya tanaman.

Toko pertanian LMGA Agro online varietas benih hibrida sayuran dan buah dan pupuk. Tersedia juga ragam ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Pepaya merupakan buah dan dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Berbeda dengan melon dan semangka yang merupakan buah favorit. Buah pepaya tidak mahal di pasar, manfaat pepaya sangat besar untu kesehatan kita.

Kandungan gizi pepaya lengkap, mengandung vitamin dan mineral penting bagi tubuh kita. Manfaat pepaya selama ini diyakini hanya digunakan menyelesaikan masalah pencernaan. Padahal manfaat pepaya lebih dari seputar permasalahan pencernaan.

Budidaya pepaya juga mudah dan tanaman ini mudah tumbuh. Meskipun dengan perawatan yang minim. Benih hibrida pepaya tersedia di Toko Pertanian online LMGA Agro.

Kami berpengalaman sebagai supplier dropship, reseller, petani dan online shop. Kami mengajak kerjasama bersama dalam peluang usaha modal kecil tersebut.

Pepaya dan Kandungan Gizinya

Pepaya buah yang mudah ditemui di tiap kota, ada di pasar dan toko buah. Bahkan di beberapa tempat, pepaya dijual di pinggir-pinggir jalan. Pepaya mudah dibudidayakan dan memeliharanya tidak sulit.

Manfaat buah pepaya enak dinikmati dingin dalam suasana apapun. Pepaya muda sering dimanfaatkan sebagai masakan sayuran. Manfaat pepaya setengah matang biasanya digunakan untuk rujak buah. Sedangkan pepaya matang dimanfaatkan sebagai buah segar menggugah selera. Disajikan pada acara-acara arisan dan sejenisnya.

Harga buah pepaya sangat terjangkau. Manfaat pepaya besar mulai dari kesehatan tubuh sampai wajah kita. Manfaat pepaya mengandung gizi lengkap vitamin dan mineral. Antara lain Fosfor, Kalium, Besi, Magnesium, Kalsium dan masih banyak lagi.

Manfaat pepaya paling ampuh memang untuk melancarkan BAB ( pencernaan ). Namun dibalik kandungan gizinya yang lengkap, pepaya memiliki ribuan manfaat lainnya. Termasuk manfaatnya bagi kesegaran wajah. Kandungan gizi manfaat pepaya yang paling menonjol adalah vitamin C.

Pepaya mengandung betakaroten sebanyak 276 mikrogran/100g. Selain itu ada betacryptoxanthin sebanyak 761 mikrogram/100 g. Pepaya juga mengandung lutein dan zeaxanthin sebanyak 75 mikrogram/100 g.

Betakaroten merupakan provitamin A juga sebagai antioksidan dan  ampuh menangkal serangan radikal bebas. Buah pepaya 100 g mengandung vitamin A antara 1094 – 18250 SI tergantung varietas pepaya.

Pepaya mengandung vitamin C 62 – 78 mg/100 g, Folat 38 mikrogram/100 g dan serat 1,8 gram per 100 gram buah. Pepaya matang mengandung Potassium 257 mg/100 g namun sedikit Sodium yaitu 3 mg/100 g.

Baca Juga : Arashi Tanaman Bebas Jamur dan Bakteri

Manfaat Buah, Daun dan Batang Pepaya

manfaat pepaya, jual benih pepaya, harga promo, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Pepaya Sentra Seed

 Pepaya mempunyai nama latin Carica papaya L. Berasal dari Amerika. Kini tanaman pepaya banyak ditanam di daerah tropis untuk dipanen buahnya.

Manfaat pepaya diambil buahnya baik saat muda maupun tua. Manfaat pepaya muda dimasak menjadi sayuran. Sedangkan manfaat pepaya tua dimakan segar sebagai campuran koktail buah.

Manfaat daun pepaya sebagai sayuran dan pelunak daging. Manfaat daun pepaya muda dimakan sebagai lalapan. Daun muda dilayukan menggunakan air panas. Daun muda pepaya bisa juga dibuat pembungkus buntil.

Manfaat bunga pepaya bisa diurap menjadi sayuran. Manfaat getah pepaya mengandung enzim papain ( semacam protease ) sebagai pelunak daging. Getah pepaya dapat diambil dari batang, daun dan buah pepaya. Pepaya mengandung tinggi papain, sejenis enzim dimana kini diproduksi massal menjadi komoditas dagang.

Papain diolah bersama air dan sulfit. Air berfungsi sebgai pengencer getah pepaya. Sedangkan sulfit sebagai pelarut bahan kimia. Manfaat daun pepaya sebagai obat tradisional penambah nafsu makan.

Pohon pepaya bercabang sedikit bahkan ada yang tidak bercabang. Tumbuh hingga tingginya 5 – 10 m. Daun berbentuk spiral dan terdapat di batang pohon bagian atas. Daun menyirip lima, memiliki tangkai panjang dan berlubang bagian tengahnya.

Bunga pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat. Bunga jantan pada pepaya tumbuh di tangkai panjang. Bunga ditemukan pada daerah sekitar pucuk. Buah berbentuk bulat hingga memanjang dengan ujung meruncing.

Warna buah saat muda adalah hijau gelap. Setelah buah masak berwarna hijau hingga kuning. Daging buah berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah tergantung varietasnya.

Bagian tengah berongga, buah berbiji berwarna hitam atau kehitaman dan terbungkus lapisan berlendir. Lapisan ( pulp ) ini melindungi biji akibat kekeringan.

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Serat buah pepaya dikenal bermanfaat untuk memperlancar proses buang air besar ( BAB ). Manfaat serat buah pepaya juga dapat mencegah sembelit. Manfaat pepaya memiliki rendah lemak, non kolesterol dan rendah sodium.

Manfaat pepaya untuk memperkuat sistem kekebalan Tubuh. Hal ini karena buah pepaya mengandung vitamin A dan C.

Manfaat vitamin memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Manfaat pepaya mencegah penyakit jantung. Hal ini karena pepaya mengandung serat tinggu, kalium dan vitamin. Asupan Kalium yang meningkat dapat memberikan efek positif bagi kesehatan jantung.

Manfaat pepaya mencegah pembekuan darah. Pembekuan darah dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. lebih parah dapat menyebabkan serangan jantung ( stroke ). Konsumsi pepaya dapat mencegah pembekuan darah. Dalam pepaya terkandung fibrin bermanfaat meningkatkan aliran darah.

Manfaat pepaya mencegah penyakit oleh karena dari radikal bebas. Pepaya mengandung antioksidan seperti vitamin A, C dan E.

Manfaat pepaya juga mengandung mineral potassium, magnesium dan tembaga. Vitamin dan mineral bekerjasama melakukan regenerasi sel sehingga mampu mencegah serangan radikal bebas.

Manfaat pepaya dapat menyehatkan tulang. Karena pepaya mengandung vitamin K membantu mengubah protein matriks tulang. Vitamin K membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Vitamin K juga dapat mengurangi ekskresi kalsium.

Manfaat pepaya dapat memperbaiki daya tahan tubuh. Hal ini karena vitamin C pepaya 33% lebih banyak dari buah jeruk. Pepaya dapat membantu memulihkan kondisi tubuh usai sembuh karena sakit. Pepaya juga dapat menguatkan kekebalan tubuh.

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Wajah

Mencegah Kerutan

Pepaya mengandung vitamin E bermanfaat menghentikan kerusakan seluler. Vitamin E pepaya dapat mencegah terbentuknya kerutan pada wajah. Vitamin A – nya menyebabkan halusnya kulit wajah hampir tanpa noda. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit wajah tetap kencang.

Mencerahkan Kulit Wajah

Pepaya mengandung vitamin bermanfaat membantu mengurangi stress pada kulit. Manfaat pepaya juga dapat membantu mengankat sel kulit mati. Proses-proses tersebut memberikan efek rileks, sehat, cerah dan segar. Manfaat pepaya sebagai antioksidan dan nutrisi wajah. Sehingga wajah terasa lembut dan kenyal.

Mengatasi Jerawat

Jerawat dan pori-pori wajah yang besar merupakan dua masalah kulit wajah paling ditakuti. Untuk meredakanya, pepaya dapat digunakan sebagai masker wajah. Buah pepaya dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Pepaya juga dapat menyamarkan flek hitam membandel.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Vitamin A dalam buah pepaya sangat baik bagi kesehatan kornea. Vitamin A dapat memberikan kelembaban cukup agar mata terlumasi dengan baik.

Manfaat pepaya dapat menyembuhkan kulit terbakar karena paparan sinar matahari. Buah pepaya mengandung zat likopen. Likopen dapat memelihara kesehatan kulit dan menangkal kerusakan sel.

Baca Juga : Toko Pertanian Online Belanja Jadi Lebih Mudah

Manfaat Pepaya Sebagai Bahan Baku Industri

manfaat pepaya, jual benih pepaya, harga promo, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Pepaya Orang Lady

 Pepaya adalah khas buah daerah tropis. Pepaya berasal dari Amerika Tengah. Lalu menyebar ke belahan bumi lainnya. Varietas pepaya cukup banyak. Mulai jenis pepaya bangkok, bentuknya besar dan kulit buah hijau-kuning.

Dan sekarang ada varietas dan ini baru dikenal yaitu pepaya hawaii. Pepaya hawaii buahnya kecil-kecil namun lebih manis dibandingkan pepaya bangkok.

Di Indonesia, pepaya sudah dikenal sejak dulu. Pepaya mudah didapatkan dan harganya relatif murah. Hal ini karena, masih banyak masyarakat menganggap pepaya bukan buah spesial. Namun siapa sangka bila kandungan gizinya tinggi dan banyak manfaatnya bagi tubuh kita.

Pepaya dikenal sebagai salah satu buah dengan tinggi kandungan Potassium dan vitamin C.

Memiliki antioksidan seperti karoten, flavonoid, folat dan asam pantotenat. Kandungan nutrisi lain dan penting sekali pada pepaya adalah enzim Papain. Enzim ini khas dari tanaman pepaya.

Enzim Papain ada di getah pepaya dan tidak di buahnya saja. Namun getah papain juga ada di daun dan batang pepaya.

Enzim Papain banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Bagi industri makanan, papain bahan baku pelunak daging. Industri farmasi menggunakan papain sebagai pembuatan obat cacing. Selain itu Papain digunakan obat gangguan pencernaan.

Baca Juga : Pepaya Orange Lady Rasa Manis Andalan Petani

Mengenal Benih Pepaya Untuk Budidaya Pertanian

Pepaya F1 RED LADY

Benih pepaya hibrida produk Known You Seed. Tahan virus, rasa manis, berbuah pada umur 7 bulan. Buah bulat, berjarak 30 cm dari tanah. Berat buah rata-rata 1000 gram dan berpotensi ada 30 – 40 buah per tanaman.

Pepaya CALIFORNIA ORANGE LADY

Benih pepaya unggul produk Known You Seed. Tahan virus, rasa manis dan sudah muncul buah umur 7 bulan. Berat rata-rata buah 2 kg, berjarak 40 cm dari tanah dan berpotensi muncul 35 – 40 buah/tanaman.

Pepaya Unggul BANGKOK

Benih unggul produk Tafung Seed. Tahan virus, rasa manis, tanaman seragam dan vigor kuat. Berat buah rata-rata 2,5 kg dan berpotensi berbuah 35 – 40 buah/tanaman. Buah muncul umur 7 bulan dengan jarak 40 cm dari tanah.

Pepaya CALIFORNIA SENTRA SEED

Benih produk Sentra Seed. Tahan virus, buah seragam dan berbuah umur 6 bulan. Ketinggian buah 20 cm dari tanah. Berat buah rata-rata 3 kg dan berpotensi 35 buah/tanaman.

Pepaya CALIFORNIA PELOPOR

Benih pepaya produk Cap Sebelas. Benih tahan virus, buah seragam dan berbuah umur 7 bulan. Buah ketinggian 20 cm dari tanah dengan berat rata-rata 2 – 3 kg. Potensi buah muncul 30 buah/tanaman.

Pepaya Unggul BANGKOK INDO SEED

Benih unggul INDO SEED dan tahan hama dan penyakit. Rasa buah manis, tanaman seragam dan vigor kuat. Berbuah umur 7 bulan dengan jarak 30 cm dari tanah. Berat rata-rata 2,5 kg/buah dan berpotensi sebanyak 35 – 40 buah per tanaman.

Pepaya CALIFORNIA RAJA SEED

Benih produk Raja Seed tahan virus, buah seragan dan berbuah umur 7 bulan. Buah berjarak 15 cm dari tanah. Berat rata-rata buah 2 – 3 kg dan berpotensi muncul 35 buah/tanaman. Tekstur kenyal tidak mudah berair. Bentuk lonjong.

Budidaya Pepaya Lengkap Hingga Panen

Penyemaian Benih

manfaat pepaya, jual benih pepaya, harga promo, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Unggul Pepaya California

 Sebelum penanaman, benih pepaya harus disemaikan dulu. Agar dapat bertahan hidup saat ditanam di lahan tetap. Penyemaian pepaya juga berguna untuk mempersingkat lama budidaya pepaya.

Benih hibrida dapat disemaikan langsung, tidak perlu perlakuan perendaman di air hangat. Siapkan tisu sebagai pembungkus lalu basahi tisu dengan air. Taruh benih pada tisu basah kemudian tutup dengan tisu dan siram kembali. Masukkan tisu berisi benih tadi pada wadah tembus air.

Wadah diletakkan di bawah sinar matahari namun jangan saat panas sekali. Karena suhu perkecambahan benih sekitar 30 ºC. Setelah 7 – 10 hari, benih akan berkecambah.

Setelah benih berkecambah menjadi bibit, pindahkan ke polybag berukuran 9 x 10 cm. Sebelumnya isi polybag dengan campuran tanah, kompos dan arang sekam. Campuran tadi telah diayak hingga halus. Perbandingan tanah, kompos danarang sekam adalah 1 : 1 : 1.

Lakukan penyiraman bibit rutin setiap hari. Letakkan polybag bibit di dalam bilik dan sudah diberi naungan. Naungan terbuat dari plastik bening atau paranet. Fungsinya melindungi bibit dari air hujan langsung, terik matahari dan terpaan angin.

Bibit siap ditanam di lahan setelah berumur 2 – 2,5 bulan sejak disemaikan. Kebutuhan benih untuk bibit sekitar 60 gram.

Baca Juga : Pentingnya Pengendalian Gulma Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Persiapan Lahan Budidaya Pepaya

Bersihkan gulma di lahan secara mekanik atau disemprot herbisida. Setelah bersih, tanah diolah hingga gembur.

Persiapkan bedengan panjang 6 meter, lebar 1 – 1,5 m, tinggi 20 cm. Jarak antar bedengan dibuat lebar 50 cm dan dalamnya 30 cm sebagai saluran air/parit. Buat lubang tanam berukuran 40 x 40 x 50 cm. Jarak antar lubang tanam 2 x 2 m.

Jarak tanam disesuaikan dengan luas lahan. Luas lahan < 0,2 Ha, jarak tanam 2 x 2 meter. Luas lahan 1 Ha, jarak tanam 2 x 2,5 meter. Dan lahan > 1 Ha, jarak tanamnya 3 x 3 meter.

Pada lubang tanam yang sudah jadi, beri pupuk kandang 8 kg/lubang. Kemudian campurkan dolomit 350 gram/lubang. Biarkan selama 1 – 2 minggu. Saat 2 – 3 hari sebelum menanam bibit, tambahkan pupuk tunggal TSP sebanyak 50 – 80 g/lubang. Beri juga Furadan sebanyak 0,5 – 1 g/lubang.

Penanaman Bibit

Bibit yang sudah siap dan cukup umur, masukkan dalam lubang tanam. Keluarkan bibit secara perlahan agar media tanahnya tidak pecah. Kemudian letakkan perlahan pada lubang tanam. Tutup kembali dengan tanah top soil.

Bila diperlukan, sekitar tanaman dapat diberi serasah atau jerami kering sebagai mulsa. Serasah diletakkan di bawah tajuk tanaman dengan ketebalan 15 – 20 cm saat awal tanam. Fungsinya selain untuk menjaga kelembaban tanah, juga berfungsi mencegah pertumbuhan gulma. Mulsa juga bermanfaat mengatur suhu permukaan tanah dan menekan populasi hama.

Di kalangan petani pepaya, terdapat 2 kebiasaan. Yaitu, menanam satu bibit dalam satu lubang tanam.  Atau 2 bibit dalam satu lubang semai. Tujuan menanam 2 bibit untuk menghindari tumbuhnya pepaya jantan dan betina. Serta memudahkan dalam proses penyulaman.

Setelah tanaman berumur 4 bulan, saat bunga pertama muncul. Proses selanjutnya adalah seleksi mencabut pohon yang tidak dikehendaki. Dan akhirnya hanya satu pepaya sempurna per lubang tanam. Pohon kemudian dibiarkan tumbuh hingga berbuah.

Pemberian Pupuk Pada Budidaya Pepaya

Pupuk NPK

Bila pupuk NPK yang ingin dipakai maka gunakan NPK 16-16-16. Diberikan 2 minggu setelah tanam dan inilah dosis per tanaman.

NPK 100 g umur 2 minggu setelah tanam. Selanjutnya umur 1 – 3 bulan setelah tanam sebanyak 150 gram.

Umur 4 – 6 bulan setelah tanam yaitu NPK 300 g + 50 g KCl. Umur 7 bulan setelah tanam yaitu 350 g + 50 g KCL. Ingat semua itu adalah dosis per tanaman.

Pupuk diletakan di sekeliling tanaman lalu ditutup tanah. Setelah selelsai memupuk, lakukan penyiraman bila tidak turun hujan.

Cara pemberian lainnya yaitu pupuk dibuat larutan atau diencerkan terlebih dahulu. Larutan pupuk diberikam 1 minggu setelah tanam. Larutkan 500 gram NPK alam 10 liter air lalu siramkan ke tanaman.

Pupuk kandang dan dolomit diberikan mulai umur 3 bulan setiap 3 bulan sekali. Dosis pupuk kandang 5 kg/tanaman dan dolomit 0,3 kg/tanaman.

Pupuk Tunggal

Pupuk diberikan di sekeliling tanaman dengan membuat parit sedalam 5 – 10 cm. Berikut jadwal pemberian pupuk bila menggunakan pupuk tunggal.

Pemupukan pertama dosis per pohon, umur 2 minggu setelah tanam. Urea 30 g + TSP 40 g + ZA 40 g + KCl 20 g.

Pemupukan kedua dosis per pohon, umur 1 bulan, Urea 40 g + TSP 70 g + ZA 70 g + KCl 30 g.

Pemupukan ketiga dosis per pohon, umur 4 bulan setelah tanam. Urea 45 g + TSP 80 g + ZA 80 g + KCL 60 g.

Pemupukan keempat umur 6 bulan setelah tanam. Urea 50 g + TSP 90 g + ZA 90 g + KCl 70 g.

Pemupukan selanjutnya setiap 1 bulan sekali. Urea 60 g + TSP 100 g + ZA 100 g + KCl 75 g.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama utama budidaya pepaya adalah kutu putih, thrips, aphids dan tungau. Pengendalian dengan menyemprotkan insektisida bahan aktif imidakloprit, abamektin dan profenofos. Dosis sebanyak 2 cc/liter air atau sesuai anjuran.

Pengendalian tungau menggunakan akarisida bahan aktif dicofol dan propargit. Diberikan berselang seling antar bahan aktif sesuai anjuran pada kemasan.

Penyakit pada tanaman pepaya adalah antraknosa dan busuk akar. Busuk akar diakibatkan serangan Phytopthora atau fusarium. Gejala serangan antraknosa berupa cekungan bulat dan membusuk di kulit buah. Pengendalian menggunakan fungisida bahan aktif Propineb.

Penyakit busuk akar ditandai menguningnya daun tua. Dikendalikan menggunakan fungisida Mankozeb atau Metalaxyl.

Panen Pepaya Beragam Manfaat Didalamnya

Buah pepaya dipanen pada umur 8 bulan setelah tanam. Untuk pemasaran lokal, buah dipetik pada tingkat kemasakan mengkal. Yaitu ditandai dengan 5 – 10% kulit buah berwarna kuning ( indeks warna 2 ).

Untuk pemasaran jarak jauh, buah dipetik ditandai ada perubahan warna. Kulit buah kuning < 5% ( indeks warna 1 ).  Panen pepaya dilakuka setia 1 minggu sekali.

Demikian cara menanam pepaya untuk diambil buahnya dan kesegaran pepaya. Pepaya memang dianggap tidak sespesial buah seperti melon dan semangka. Namun kandungan gizinya lengkap dan buah yang penuh manfaat juga.

Semoga artikel dengan judul : Manfaat Pepaya, Buah Penuh Gizi Pertanian Indonesia bisa bermanfaat.  Hubungi Kami di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian LMGA Agro bergerak di bidang online shop. Jual murah harga promo benih hibrida, pupuk dan lain-lain. Kami menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis tentang pertanian. Membantu menjawab permasalahan anda tentang cara menanam. Semoga artikel tentang Manfaat Pepaya ini bermanfaat bagi pembaca. Selamat mencoba budidaya pepaya. Salam sukses…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *