Manfaat Pepaya, Buah Penuh Gizi Pertanian Indonesia

manfaat pepaya, jual benih pepaya, harga promo, toko pertanian, onlineshop, lmga agro
Buah Pepaya Penuh Manfaat

Manfaat Pepaya, Buah Penuh Gizi Pertanian Indonesia. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual harga murah, promo dan bersaing. Produk lengkap semua kebutuhan petani budidaya tanaman.

Toko pertanian LMGA Agro online varietas benih hibrida sayuran dan buah dan pupuk. Tersedia juga ragam ZPT, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian.

Pepaya merupakan buah dan dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Berbeda dengan melon dan semangka yang merupakan buah favorit. Buah pepaya tidak mahal di pasar, manfaat pepaya sangat besar untu kesehatan kita.

Kandungan gizi pepaya lengkap, mengandung vitamin dan mineral penting bagi tubuh kita. Manfaat pepaya selama ini diyakini hanya digunakan menyelesaikan masalah pencernaan. Padahal manfaat pepaya lebih dari seputar permasalahan pencernaan.

Budidaya pepaya juga mudah dan tanaman ini mudah tumbuh. Meskipun dengan perawatan yang minim. Benih hibrida pepaya tersedia di Toko Pertanian online LMGA Agro.

Kami berpengalaman sebagai supplier dropship, reseller, petani dan online shop. Kami mengajak kerjasama bersama dalam peluang usaha modal kecil tersebut.

Pepaya dan Kandungan Gizinya

Pepaya buah yang mudah ditemui di tiap kota, ada di pasar dan toko buah. Bahkan di beberapa tempat, pepaya dijual di pinggir-pinggir jalan. Pepaya mudah dibudidayakan dan memeliharanya tidak sulit.

Manfaat buah pepaya enak dinikmati dingin dalam suasana apapun. Pepaya muda sering dimanfaatkan sebagai masakan sayuran. Manfaat pepaya setengah matang biasanya digunakan untuk rujak buah. Sedangkan pepaya matang dimanfaatkan sebagai buah segar menggugah selera. Disajikan pada acara-acara arisan dan sejenisnya.

Harga buah pepaya sangat terjangkau. Manfaat pepaya besar mulai dari kesehatan tubuh sampai wajah kita. Manfaat pepaya mengandung gizi lengkap vitamin dan mineral. Antara lain Fosfor, Kalium, Besi, Magnesium, Kalsium dan masih banyak lagi.

Manfaat pepaya paling ampuh memang untuk melancarkan BAB ( pencernaan ). Namun dibalik kandungan gizinya yang lengkap, pepaya memiliki ribuan manfaat lainnya. Termasuk manfaatnya bagi kesegaran wajah. Kandungan gizi manfaat pepaya yang paling menonjol adalah vitamin C.

Pepaya mengandung betakaroten sebanyak 276 mikrogran/100g. Selain itu ada betacryptoxanthin sebanyak 761 mikrogram/100 g. Pepaya juga mengandung lutein dan zeaxanthin sebanyak 75 mikrogram/100 g.

Betakaroten merupakan provitamin A juga sebagai antioksidan dan  ampuh menangkal serangan radikal bebas. Buah pepaya 100 g mengandung vitamin A antara 1094 – 18250 SI tergantung varietas pepaya.

Pepaya mengandung vitamin C 62 – 78 mg/100 g, Folat 38 mikrogram/100 g dan serat 1,8 gram per 100 gram buah. Pepaya matang mengandung Potassium 257 mg/100 g namun sedikit Sodium yaitu 3 mg/100 g.

Baca Juga : Arashi Tanaman Bebas Jamur dan Bakteri

Manfaat Buah, Daun dan Batang Pepaya

manfaat pepaya, jual benih pepaya, harga promo, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Pepaya Sentra Seed

 Pepaya mempunyai nama latin Carica papaya L. Berasal dari Amerika. Kini tanaman pepaya banyak ditanam di daerah tropis untuk dipanen buahnya.

Manfaat pepaya diambil buahnya baik saat muda maupun tua. Manfaat pepaya muda dimasak menjadi sayuran. Sedangkan manfaat pepaya tua dimakan segar sebagai campuran koktail buah.

Manfaat daun pepaya sebagai sayuran dan pelunak daging. Manfaat daun pepaya muda dimakan sebagai lalapan. Daun muda dilayukan menggunakan air panas. Daun muda pepaya bisa juga dibuat pembungkus buntil.

Manfaat bunga pepaya bisa diurap menjadi sayuran. Manfaat getah pepaya mengandung enzim papain ( semacam protease ) sebagai pelunak daging. Getah pepaya dapat diambil dari batang, daun dan buah pepaya. Pepaya mengandung tinggi papain, sejenis enzim dimana kini diproduksi massal menjadi komoditas dagang.

Papain diolah bersama air dan sulfit. Air berfungsi sebgai pengencer getah pepaya. Sedangkan sulfit sebagai pelarut bahan kimia. Manfaat daun pepaya sebagai obat tradisional penambah nafsu makan.

Pohon pepaya bercabang sedikit bahkan ada yang tidak bercabang. Tumbuh hingga tingginya 5 – 10 m. Daun berbentuk spiral dan terdapat di batang pohon bagian atas. Daun menyirip lima, memiliki tangkai panjang dan berlubang bagian tengahnya.

Bunga pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat. Bunga jantan pada pepaya tumbuh di tangkai panjang. Bunga ditemukan pada daerah sekitar pucuk. Buah berbentuk bulat hingga memanjang dengan ujung meruncing.

Warna buah saat muda adalah hijau gelap. Setelah buah masak berwarna hijau hingga kuning. Daging buah berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah tergantung varietasnya.

Bagian tengah berongga, buah berbiji berwarna hitam atau kehitaman dan terbungkus lapisan berlendir. Lapisan ( pulp ) ini melindungi biji akibat kekeringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *