Melon Dainty F1: Kelezatan dan Keuntungan dalam Satu Buah

Budidaya, Melon, Dainty F1,Tahan, Hama, dan, Penyakit
Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera litura) menyerang bagian daun dan batang pada tanaman. Pengendalian serangan ulat grayak bisa dengan penyemprotan insektisida.

Jangkrik

Jangkrik sering memakan pangkal batang yang masih muda. Pencegahan serangan jangkrik bisa dengan menutup lubang mulsa.

Pengendalian juga bisa kita lakukan dengan cara penyemprotan insektisida seperti curacron, regent hingga santoat atau decis.

Penggerek Daun

Penggerek daun menyebabkan daun berlubang dan hanya tersisa tulang daun. Hama ini menyerang batang yang masih muda dan juga daun dari tanaman.

Penyemprotan menggunakan curacron atau regent kita lakukan untuk mengendalikan serangan dari hama penggerek daun.

Tikus

Tikus merupakan mamalia yang lebih aktif malam hari. Biasanya menyerang buah pada tanaman dengan cara memakannya.

Pengendalian hama tikus bisa dengan memberikan racun tikus yang kita campurkan pada umpan maupun langsung dengan racun tikus yang telah didesain khusus.

Baca Juga : Jual Benih Melon Leoni MH Bintang Citra Asia Berkualitas

Melon Hidroponik

Melon hidroponik bisa kita lakukan pada lahan sekitar rumah atau lahan yang terbatas. Menanam melon dengan cara hidroponik lebih mudah dan aman. Pemeliharaan dan perawatannya juga cukup mudah.

Penanaman melon hidroponik juga tetap harus memperhatikan syarat pertumbuhan agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal hingga produktif.

Cara Menanam Melon Hidroponik

Cara menanam melon hidroponik hampir sama dengan menanam melon lahan biasa. Hanya saja yang membedakan adalah lahan hingga media tanamnya.

Pemilihan Benih

Pemilihan benih melon sebelum melakukan penanaman melon hidroponik dilakukan agar nantinya tanaman yang tumbuh bisa berkualitas hingga beri hasil produktif.

Benih melon berkualitas dapat kita beli melalui toko pertanian Lmga Agro dengan harga terjangkau.

Penyemaian Benih

Setelah mendapatkan benih berkualitas selanjutnya adalah penyemaian benih. Penyemaian benih dapat kita lakukan dengan media tray semai, spons hingga rockwool.

Untuk penyemaian menggunakan media rockwol. Sebelumnya rockwool kita potong kecil dadu dan kemudian rockwool basahi dengan air yang telah kita beri nutrisi.

Potongan rockwool tadi diberi lubang ditengahnya sebagai tempat benih. Masukkan benih kedalam lubang dengan posisi runcing ke dalam bawah rockwool.

Letakkan media semai pada tempat yang terkena sinar matahari. Lakukan pengecekkan untuk memastikan kelembaban dari media semai agar terjaga. Tunggu benih hingga berkecambah dan tumbuh helai daun.

Pemindahan Benih

Pemindahan benih ke media tanam dengan menggunakan media polybag. Polybag diisi dengan sekam atau cocopeat.

Kemudian tanam benih yang sudah siap untuk kita pindahkan ke dalam media tanam dengan hati – hati.

Letakkan polybag pada tempat yang terkena sinar mahari langsung agar memperlancar proses fotosintesis. Lakukan penyiraman nutrisi agar tanaman melon bisa tumbuh dengan optimal.

Pengajiran Tanaman Melon

Pengajiran kita lakukan dengan cara memberikan tali atau kayu penopang. Kayu yang kita gunakan memiliki panjang 2 meter dan tancapkan di polybag.

Ikat batang melon dari paling bawah hingga paling atas agar tanaman melon tetap tumbuh dengan keadaan yang tegak keatas.

Penyerbukan Melon

Penyerbukan melon bisa secara alami dan bisa bantu dengan cara memetik bunga jantan hingga terus mengoleskan serbuksari ke bunga betina.

Perawatan Buah Melon

Buah melon yang sudah terbuahi dan tumbuh bakal buah sebaiknya kita ikat agar tidak berat dan membebani batang utama.

Ikat pangkal tangkai buah ke kayu yang telah anda siapkan agar buah yang nantinya tumbuh besar tidak membebani batang.

Pemanenan Melon

Pemanenan melon kita lakukan ketika berumur 70 HSS. Melon yang sudah siap untuk panen biasanya memiliki aroma yang harum. Jual buah melon Dainty F1 mudah karena jadi favorit pedagang pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *