Jual Benih Cabe Rawit Patra 3 Murah Berkualitas Tinggi

jual, beli, jual beli, termurah, terlengkap, berkualitas, tinggi

Jual Benih Cabe Rawit Patra 3 Murah. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. LMGA AGRO adalah toko online pertanian yang menyediakan kebutuhan bercocok tanam dengan harga murah dan berkualitas terbaik.

LMGA AGRO jual berbagai kebutuhan bercocok tanam untuk petani seperti benih tanaman, zpt, pupuk, pestisida, alat pertanian dan spare part, dll. Semua produk tersebut kami kirimkan dan pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Cabe Rawit

Cabe Rawit merupakan salah satu varietas cabai. Tanaman ini berasal dari Benua Amerika dan cocok dibudidayakan di daerah tropis seperti Indonesia.

Dataran rendah dengan ketinggian 0 – 500 mdpl merupakan tempat yang sangat cocok untuk menanam cabe rawit, meskipun begitu cabe rawit juga bisa tumbuh dengan baik sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1000 mdpl.

Budidaya cabai rawit memiliki resiko relatif lebih kecil dibandingkan dengan cabai besar. Namun secara umum tanaman ini lebih tahan serangan hama meskipun masih tetap bisa terserang.

Manfaat Cabe Rawit Untuk Kesehatan

Manfaat mengkonsumsi cabe rawit untuk tubuh diantaranya yaitu :

  • Membantu proses detoksifikasi

Proses detoksifikasi bisa dilakukan dengan mudah dengan cara mengkonsumsi benih cabai rawit

  • Memperlancar sistem metabolisme

Proses metabolism dalam tubuh bisa diperlancar dengan mengkonsumsi cabe rawit

  • Mencegah penyakit hipertensi

Kandungan zat capsaicin dalam cabai rawit bisa digunakan untuk mengatasi penyakit hipertensi

  • Menjaga tingkat kesehatan mata

Kandungan nutrisi vitamin B2 mampu menjaga kesehatan mata, sehingga mata menjadi jarang terkena penyakit

  • Mengatasi rasa nyeri sendi

Kandungan zat capsaisin dalam cabai rawit bermanfaat untuk tubuh, karena mampu mengurangi rasa nyeri pada otot.

  • Sebagai zat anti kanker.

Kandungan zat capsaicin membantu tubuh dalam menghalau kanker. Cara kerjanya yaitu dengan memusnahkan sel kanker yang terdapat di dalam tubuh, serta sel yang abnormal juga ikut dihancurkan. 

Jual Benih Cabe Rawit Patra 3 Murah

benih, cabe, rawit, patra, patra 3

Benih cabai rawit Patra 3 merupakan benih cabai rawit produksi Royal Agro Persada dengan merek dagang Royal Seeds.

Karakteristik benih cabe rawit Patra 3 diantaranya yaitu :

  • Cocok ditanam di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi di musim kemarau maupun musim hujan
  • Vigor tanaman kokoh, ruas tegak, pendek serta memiliki banyak percabangan
  • Tahan terhadap serangan penyakit antraknosa, hama aphid serta thrips
  • Pembentukan buah cabai rawit Patra 3 tetap mudah
  • Cabe Patra 3 bisa dipanen setelah tanaman berumur 80 hst dengan potensi hasil panen ± 10 ton per ha
  • Benih cabe Patra 3 merupakan benih cabe rawit dengan tipe menggantung
  • Buah cabai Patra 3 memiliki panjang 6 cm, dengan diameter ± 1,2 cm dan beratnya sekitar ± 3 – 4 gram
  • Jual benih cabe rawit Patra 3 murah bisa Anda beli di toko pertanian LMGA AGRO
  • Kulit buah cabe rawit Patra 3 berwarna putih kekuningan saat masih muda dan berubah menjadi merah cerah saat sudah tua
  • Benih cabe rawit Patra 3 produk Royal Agro Persada tahan terhadap proses pengepakan dan pengangkutan jarak jauh
  • Patra 3 merupakan salah satu produk benih cabai rawit berkualitas yang beredar di pasaran
  • Benih cabai rawit Patra 3 F1 bisa dijadikan sebagai peluang usaha bisnis menjanjikan
  • Kebutuhan benih cabe Patra 3 per ha adalah sekitar 70 – 80 gram dengan diberikan jarak tanam 80 x 60 cm
  • Tersedia dalam kemasan sachet dengan ukuran 10 gram

Baca Juga : Mengenal Hama Dan Penyakit Utama Tanaman Semangka

Budidaya Cabe Rawit Patra 3

Budidaya cabe rawit Patra 3 perlu dilakukan secara baik dan benar. Karena itu, kiat – kiat sukses cara menanam cabe rawit Patra 3 diantaranya yaitu :

  • Penyemaian

Untuk penyemaian benih, gunakan polybag berukuran 5 x 10 cm atau bisa menggunakan ukuran lain asalkan sesuai dengan jumlah benih yang ingin disemai pada polybag. Sementara untuk media semai menggunakan beberapa bahan campuran yaitu arang, pupuk kompos dan tanah dengan menggunakan perbandingan 1 : 1 : 1.

Aduk campuran bahan tersebut secara merata. Namun sebelum ditanam, benih cabe rawit Patra 3 direndam terlebih dahulu menggunakan air hangat selama ± 6 jam agar proses perkecambahan menjadi lebih cepat.

Setelah itu, masukkan benih ke dalam polybag dengan kedalaman 0,5 cm, lalu tutup dengan media tanam. Kemudian lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Dalam waktu 1 – 2 minggu benih biasanya akan tumbuh. Pemindahan bibit baru bisa dilakukan setelah bibit berumur 1,5 bulan atau sudah memiliki 5 helai daun.

  • Pengolahan Lahan Tanam

Bajak tanah terlebih dahulu agar tanah menjadi gembur. Caranya dengan membajak menggunakan traktor atau dicangkul. Cangkul tanah sedalam 30 cm agar perakaran cabe tidak terganggu dengan tanah yang padat.

Setelah itu, buat bedengan setinggi 30 cm dengan panjang disesuaikan dengan kontur lahan tanam. Berikan jarak antar bedengan ± 60 cm.

Buat saluran drainase / pengairan yang baik agar bedengan terhindar dari genangan air yang bisa menyebabkan tanaman menjadi mati akibat kelebihan air.

Pastikan pH tanah normal yang dibutuhkan dalam budidaya cabe rawit yaitu berkisar antara 6 – 7. Jika pH tanah dibawah angka tersebut maka berikan dolomite atau kapur pertanian agar pH tanah menjadi normal.

Berikan kapur pertanian dengan dosis takaran 2 – 4 ton (disesuaikan dengan pH awal). Lakukan pemberian kapur pertanian ini saat pembajakan tanah agar tanah dan kapur tercampur secara merata.

Baca Juga : Tomat Lentana Buah Besar Hasil Melimpah Cap Panah Merah

  • Penanaman

Buat lubang tanam pada bedengan dengan jarak 50 – 60 cm. Dalam 1 bedengan terdiri dari 2 baris lubang tanam dan diberikan jarak antar baris sekitar ± 60 cm.

Lubang tanam yang dibuat tersebut dibuat secara zig zag dan tidak sejajar. Peningkatan penetrasi sirkulasi udara dan sinar matahari merupakan tujuan dibuatnya lubang tanam secara zig zag dan tidak sejajar tersebut.

Setelah itu, bibit cabai rawit Patra 3 siap dipindahkan ke lubang tanam. Robek polybag semai lalu masukkan bibit ke dalam lubang tanam. Lalu siram dengan air agar kelambabannya tetap terjaga. Pastikan proses penanaman ini hendaknya dilakukan pagi atau sore hari dan selesai dalam waktu 1 hari.

  • Pemeliharaan

Lakukan proses penyiraman seperlunya saja, namun pada musim kemarau penyiraman harus sering dilakukan karena jika kondisi tanah kering tanaman cabe rawit Patra 3 akan kekurangan nutrisi dan mati.

Penyiraman atau pengairan ini bisa dilakukan dengan cara dikocorkan pada tanaman atau dengan perendaman bedengan. Jika menggunakan perendaman bedengan, maka perendaman bedengan dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Lakukan pemupukan susulan saaat bibit tanaman cabe rawit Patra 3 berumur 1 bulan. Pemupukan susulan selanjutnya bisa dilakukan setelah habis panen. Pupuk yang digunakan untuk pemupukan susulan ini bisa menggunakan pupuk kompos atau bisa juga menggunakan pupuk organik cair.

Untuk pupuk kompos, berikan pupuk kompos dengan dosis ± 500 – 700 gram. Sementara untuk pupuk organik cair bisa diberikan dengan dosis 100 ml untuk setiap tanaman. Untuk pupuk tambahan pupuk NPK dan Urea bisa menjadi opsi untuk diberikan pada tanaman.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Penyakit dan hama merupakan salah satu bentuk gangguan yang sering menghambat dalam pertumbuhan tanaman. Beberapa hama dan penyakit yang biasa menyerang dalam budidaya cabe rawit diantaranya yaitu :

  1. Kutu Kebul

Kutu kebul merupakan hama yang sering menyerang banyak tanaman palawija, tak terkecuali cabe rawit. Ukuran tubuh kutu kebul dewasa berkisar antara ± 1 – 1,5 mm. Warna tubuhnya putih dengan sayap menutupi tubuhnya dan dilapisi dengan lapisan lilin berwarna putih.

Siklus hidupnya dari telur hingga dewasa berlangsung sekitar ± 21 – 24 hari dan hampir seluruh hidupnya dihabiskan dengan menetap pada bagian bawah daun.

Serangan kutu kebul selain menyebabkan kerusakan secara langsung juga bisa menjadi penular virus penyakit. Sekali hama kutu kebul menyerang maka tanaman yang terserang tersebut tetap akan bisa menularkan virus.

Gejala serangan kutu kebul diantaranya yaitu daun menjadi layu, menguning (klorosis) dan belang yang mengakibatkan lama – lama tanaman menjadi mati.

Untuk mengendalikan hama kutu kebul, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menggunakan predator alami kutu kebul, melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi pestisida sesuai dengan dosis

  1. Ulat Grayak

Serangan hama Ulat grayak membuat tanaman menjadi tidak bisa tumbuh secara sempurna. Ulat grayak betina bisa menghasilkan 1000 butir telur hanya dalam 3 hari saja.

Dalam waktu 3 hari telur tersebut akan menetas dan menjadi larva berukuran panjang 2,5 cm dengan warna bervariasi. Saat muda larva berwarna hijau muda dan berubah menjadi hijau kecoklatan gelap dengan garis kekuning – kuningan saat sudah berumur tua.

Siklus hidup ulat grayak dari fase telur hingga menjadi dewasa berlangsung antara 30 – 60 hari. Ulat grayak aktif pada malam hari dan mulai menyerang dengan cara memakan tanaman.

Gejala serangan hama ulat grayak contonhnya yaitu terdapat lubang pada daun (baik tua ataupun muda), daun menjadi gundul, serta pada serangan yang parah tanaman akan menjadi gundul.

Untuk mengendalikan hama ulat grayak, beberapa cara yang bisa dilakukan contohnya seperti menjaga kebersihan lahan tanam, menggunakan predator alami ulat grayak, mengumpulkan larva secara langsung dan memusnahkannya, lalu melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

  1. Lalat Buah

Lalat buah menyerang dan mampu menyebabkan kerontokan pada buahnya. Akibatnya, buah cabe rawit tidak bisa dipanen secara maksimal.

Lalat buah menyerang bagian buah dengan cara menyimpan telurnya di dalam buah dan akan menetas menjadi larva. Larva yang menetas akan memakan daging buah cabai, sehingga menjadi busuk, menguning dan akhirnya akan rontok.

Gejala serangan lalat buah pada cabai rawit seperti buah berwarna coklat kehitaman atau agak menguning, dan pada serangan berkelanjutan akan membusuk dan rontok.

Cara pengendalian hama lalat buah diantaranya yaitu menggunakan perangkap lalat buah, menjaga kebersihan lahan tanam,mengumpulkan buah cabe yang rontok dan memusnahkannya, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis

  1. Layu Fusarium

Layu fusarium adalah salah satu penyakit yang bisa menjadi ancaman serius dalam pertumbuhannya. Tanaman cabai yang terserang penyakit layu fusarium bisa langsung mati jika penyakit ini tidak cepat diatasi.

Penyebab penyakit layu fusarium adalah infeksi cendawan Fusarium oxysporum. Serangan penyakit ini akan lebih parah jika terjadi pada musim hujan. Tingkat kelembaban yang tinggi ditambah dengan genangan air hujan sangat mendukung perkembangan cendawan Fusarium oxysporum.

Gejala serangan penyakit layu fusarium bisa terlihat baik pada tanaman berumur muda ataupun sudah tua. Di pukul 10 – 14, tanaman cabe akan terlihat layu dan pada sore hari terlihat segar kembali. Hal ini karena proses fotosintesis pada sore hari berkurang sehingga tanaman menjadi terlihat segar kembali.

Cara untuk mengatasi penyakit layu fusarium diantaranya yaitu mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tanaman, menggunakan pupuk yang tepat, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

  1. Antraknosa

Antraknosa atau sering juga disebut patek merupakan salah satu penyakit cabe yang cukup berbahaya. Penyakit antraknosa disebabkan oleh infeksi jamur / cendawan. Di musim hujan serangan penyakit antraknosa akan makin bertambah parah.

Gejala serangan penyakit antraknosa contohnya seperti terdapat bercak coklat kehitaman pada buah, terdapat titik – titik hitam pada bagian tengah, dan pada serangan yang parah akan mengakibatkan buah cabai berkerut dan mengering.

Untuk mengendalikan penyakit antraknosa, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu melakukan pemupukan secara berimbang, memetik dan memusnahkan buah yang terserang, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

  1. Bercak Daun

Bercak daun adalah penyakit yang disebabkan oleh serangan jamur Cercospora capsici. Serangan penyakit bercak daun atau frog eyes akan semakin parah pada musim hujan.

Gejala serangan penyakit bercak daun contohnya seperti terdapat bercak kecil berbentuk bulat pada daun berwarna coklat muda pada intinya, dan pada bagian luar lingkarannya berwarna coklat tua. Bercak tersebut nantinya akan membesar dan meluas sehingga daun menjadi kering dan rontok.

Untuk mengendalikan penyakit bercak daun, cara yang bisa dilakukan contohnya seperti melakukan rotasi tanaman, mencabut serta memusnahkan tanaman yang terserang, dan melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

  • Pemanenan

Benih cabe rawit Patra 3 F1 sudah bisa dipanen setelah berumur 80 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil panen cabe rawit Patra 3 per ha berkisar antara ± 10 ton.

Langkah – langkah memanen cabai Patra 3 yaitu :

  1. Lakukan panen pada pagi hari
  2. Pilih cabe rawit Patra 3 yang sudah berumur matang, lalu potong dengan menggunakan gunting
  3. Setelah dipetik, simpan cabe rawit Patra 3 pada wadah di tempat yang teduh dan tidak lembab agar terhindar dari cendawan
  4. Cabai rawit Patra 3 pun siap dipasarkan

Nah, jadi tunggu apalagi ? Segera beli benih cabe rawit Patra 3 harga murah di toko jual beli pertanian online LMGA AGRO.

Baca Juga : Belanja Online Masuk Ke Sektor Pertanian

Belanja Online dan Jual Benih Cabai Rawit Patra 3 Murah

benih, bibit, belanja, online, belanja online, cabe rawit patra 3, royal agro, royal seed

Belanja Online dan Jual Benih Cabai Rawit Patra 3 Murah produk Royal Agro Persada bisa Anda dapatkan dan beli di toko pertanian LMGA AGRO. LMGA AGRO adalah distributor, supplier, dropshipper, agen, dan reseller yang menyediakan kebutuhan pertanian.

Berbagai produk pertanian yang kami jual diantaranya yaitu alat pertanian dan spare part, zpt, benih tanaman, pestisida, pupuk, benih tanaman, dll. Semua pesanan produk yang kami jual tersedia dalam harga murah dan promo.

Toko Pertanian online LMGA AGRO siap mengirim pesanan produk melalui mitra kami,  diantaranya seperti JNT, Pos Indonesia, Wahana, Indah Logistik, JNE, Tiki, dll. Semua produk pesanan yang kami kirimkan dijamin pasti akan sampai ke alamat tujuan.

LMGA AGRO juga memberikan layanan konsultasi seputar masalah pertanian untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen. Untuk Anda yang ingin berkonsultasi seputar masalah pertanian atau membeli produk yang LMGA AGRO jual bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS) atau 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Sekian artikel berjudul Jual Benih Cabe Rawit Patra 3 Murah Berkualitas Tinggi ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang positif untuk Anda. Jika masih terdapat hal – hal yang kurang jelas bisa menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon yang tertera diatas. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *