Jual Benih Tomat New Idaman F1 Murah

jual, benih, tomat, hibrida, harga murah, petani, tomat, lmga agro, toko pertanian
  1. Kutu kebul

Kutu kebul (Bemisia tabaci) termasuk ke dalam jajaran utama hama bagi tanaman hortikultura. Kutu kebul biasanya lebih sering bersembunyi di bagian bawah daun. Ukuran tubuh hama ini saat dewasa sekitar 1 – 1,5 mm dengan warna tubuh dan saying yang sama, yaitu putih.

Siklus kehidupannya dari telur hingga berubah menjadi kutu kebul dewasa berlangsung selama 21 – 24 hari. Hama ini termasuk ke dalam hama polifag (memiliki banyak tanaman inang), sehingga sangat berbahaya jika dibiarkan saja.

Gejala tanaman yang terserang hama kutu kebul diantaranya yaitu daun menjadi layu dan gugur, menguningnya warna daun, tulang daun menebal dan menggulung ke atas, ukuran daun menjadi mengecil serta ukuran tanaman tetap kerdil dan tidak mengalami perkembangan sama sekali.

Cara – cara yang bisa digunakan untuk mengatasi serangan hama kutu kebul contohnya seperti menggunakan predator alami kutu kebul, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi pestisida berbahan aktif imidakloprid dan abamectin

  1. Ulat Buah

Hama ulat buah (Helicoverpa armigera) termasuk juga ke dalam kategori hama polifag. Siklus hidupnya berlangsung dalam 4 fase, yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa (ngengat).

Bentuk dewasanya yaitu berupa ngengat dengan warna kulit coklat kekuningan dan corak bintik – bintik dan garis berwarna hitam. Namun pada ngengat betina bercak – bercaknya berwarna pirang muda dan pirang tua, sehingga lebih mudah dibedakan dari ngengat jantan yang tidak memiliki corak seperti ngengat betina.

Ngengat betina bertelur dan telur tersebut akan menetas dalam jangka waktu sekitar ± 10 – 18 hari. Telurnya berbentuk bulat dengan warna putih kekuning – kuningan, lalu berubah menjadi kuning tua, lalu akhirnya menetas disertai adanya bintik hitam pada telurnya.

Larva yang baru menetas tubuhnya berbentuk siliinder dan berwarna kuning muda. Namun selain warna tersebut, warna tubuhnya cukup bervariasi (hijau, hijau kecoklatan, hijau kekuningan, dll). Di bagian samping tubuhnya, terdapat garis yang memanjang dan bergelombang. Fase larva ini berlangsung selama 12 – 25 hari.

Setelah itu, larva akan berubah menjadi pupa. Pupa tersebut berwarna kuning, lalu berubah menjadi kehijauan dan berubah lagi menjadi warna kuning kecoklatan. Lama fase pupa ini berlangsung selama 15 – 21 hari. Setelah fase pupa ini selesai, maka pupa akan berubah menjadi ngengat.

Gejala dari serangan hama ulat buah diantaranya yaitu terdapat lubang titik coklat pada bagian pangkalnya, buah menjadi busuk dan akhirnya jatuh ke tanah.

Cara yang bisa digunakan untuk mengendalikan serangan hama ulat buah contohnya seperti memusnahkan tanaman yang terserang, menjaga kebersihan area lahan tanam, menggunakan predator alami ulat buah, serta melakukan aplikasi insektisida berbahan aktif deltametrin, sipermetrin, klorpirifos, profenofos, dimehipo atau kartophidroklorida.

  1. Ulat Grayak

Hama ulat grayak termasuk dalam hama yang sangat merugikan dalam budidaya tomat. Gejala serangan hama ulat grayak contohnya seperti adanya lubang tidak beraturan pada bagian daun, tulang daun yang rusak serta gundulnya tanaman.

Untuk mengendalikan hama ulat grayak cara yang bisa dilakukan yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, memusnahkan hama ulat grayak dengan cara diambil secara langsung dan membakarnya, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis agar efektif

  1. Kutu Daun

Kutu daun atau thrips memiliki tubuh sepanjang 1 mm dan berwarna hitam. Hama ini biasanya menyerang bagian daun, sehingga proses fotosintesis menjadi terganggu.

Gejala serangan kutu daun yang bisa terlihat contohnya seperti berubahnya warna daun dari hijau menjadi putih, daun mengering dan lama – lama menjadi mati.

Cara pengendalian yang bisa dilakukan yaitu memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan lahan tanam serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis

  • Pemanenan

Pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai buah tomat New Idaman F1. Tanaman tomat New Idaman F1 bisa dipanen setelah berumur ± 65 hst dengan potensi hasil panennya bisa mencapai 65 ton per ha

Baca Juga : Budidaya Semangka Inul Redin 09 Hibrida F1

Belanja Online Dan Jual Benih Tomat New Idaman F1 Murah

belanja, online, belanja online, urah, harga murah, jual, benih, tomat new idaman

Belanja Online Dan Jual Benih Tomat New Idaman F1 murah bisa Anda beli dan dapatkan di toko pertanian terpercaya LMGA AGRO. LMGA AGRO jual lengkap kebutuhan bercocok tanam untuk kegiatan pertanian.

LMGA AGRO bekerja sama dengan banyak perusahaan jasa pengiriman logistik Nasional berkualitas di Indonesia. Perusahaan jasa pengiriman logistik Nasional yang menjadi mitra pengiriman kami diantaranya yaitu Pos Indonesia, KI8, JNT, Tiki, JNE, Wahana, Indah Logistik, dll. Semua pesanan produk yang kami kirimkan dijamin pasti akan sampai ke alamat tujuan.

Layanan konsultasi seputar masalah pertanian bisa Anda dapatkan juga di toko pertanian online LMGA AGRO. Jadi, untuk Anda yang ingin berkonsultasi seputar masalah pertanian atau ingin membeli produk yang kami jual bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS) atau 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Demikian artikel berjudul Jual Benih Tomat New Idaman F1 Murah ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat positif untuk Anda semua. Jika masih terdapat hal – hal yang kurang jelas bisa langsung menghubungi LMGA AGRO melalui no. telepon yang tertera diatas. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *