Pentingnya Digitalisasi Pertanian Di Indonesia

digitalisasi, pertanian, indonesia, sistem
  1. Simbah

Simbah adalah aplikasi digital yang dapat membantu petani untuk mendapatkan info dan bertanya banyak hal tentang pertanian. Fitur lain dari aplikasi ini adalah dapat membantu petani dalam penjualan hasil tani kepada konsumen sehingga meningkatkan nilai jualnya.

  1. Kecpir

Kecpir merupakan aplikasi startup yang berupa marketplace tempat penjualan hasil tani berbasis online. Hasil – hasil tani yang bisa dijumpai di Kecpir contohnya adalah aneka jenis buah – buahan dan sayur – sayuran.

  1. iGrow

iGrow adalah sebuah aplikasi startup online yang memberikan layanan berupa investasi di bidang pertanian. Layanan ini terhubung dengan berbagai pihak seperti investor, petani, dan juga konsumen.

Dengan menggunakan layanan ini selain Anda bisa berinvestasi tetapi Anda juga bisa memantaunya secara online menggunakan aplikasi iGrow.

Kehadiran dari banyak aplikasi – aplikasi startup digital diatas tentunya bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan sektor tani menjadi lebih baik di masa depan. Dengan tujuan tersebut maka kita harus selalu mendukung Pemerintah dan pihak terkait agar selalu berinovasi mengembangkan sektor ini.

  • Penggunaan teknologi mutakhir

Penggunaan teknologi mutakhir di Indonesia sudah terbukti memberikan pengaruh sangat besar dalam sektor tani di Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat sejak lama. Contohnya dulu petani menggunakan sapi atau kerbau untuk membajak sawahnya.

Namun dengan perkembangan teknologi sekarang dengan maraknya traktor maka petani beralih menggunakan traktor dalam membajak sawah. Bahkan kini traktor tanpa pengemudi mulai dikembangkan untuk memudahkan petani.

Contoh lain dari penerapan teknologi mutakhir ini adalah penggunaan drone. Drone ini memiliki fungsi cukup banyak dalam sistem pertanian.

Seperti memantau cuaca, penyiraman tanaman, pemupukan tanaman, penyemprotan pestisida dan memetakan potensi pertanian. Dengan banyaknya manfaat dari penggunaan drone tersebut maka petani akan lebih mudah dalam melakukan aktivitasnya.

Manfaat Digitalisasi Pertanian untuk Indonesia

Bentuk digitalisasi pertanian diatas sudah membuktikan bahwa digitalisasi pertanian membawa banyak manfaat. Manfaat dari penerapan program digitalisasi ini diantaranya yaitu :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *