Pentingnya Digitalisasi Pertanian Di Indonesia

digitalisasi, pertanian, indonesia, sistem

Bentuk Digitalisasi Pertanian

Bentuk digitalisasi pertanian di Indonesia yang beragam masih perlu banyak pengembangan. Pengembangan digitalisasi pertanian ini bisa dikatakan berhasil dengan menggunakan acuan seperti adanya pengelolaan sistem data pertanian, aplikasi pertanian dan penggunaan teknologi mutakhir.

  • Pengelolaan sistem data pertanian

Contoh pengelolaan sistem data pertanian ini adalah adanya sistem digitalisasi yang digalakkan oleh pemerintah dan PT Telkom. Di dalamnya terdapat data – data berupa data luas lahan, petani, rencana tanam, dan lain- lain.

Dengan menggunakan data – data tersebut, maka data tersebut bisa dijadikan acuan untuk kebutuhan analitik data – data lain tentang pertanian. Contohnya seperti analitik untuk data pertanian untuk mengetahui hubungan antara cuaca dengan kebutuhan pupuk, rencana tanam, hingga masa panen dan pasca panen tanaman.

  • Aplikasi pertanian

Aplikasi pertanian kini sudah menjadi hal yang lumrah dengan makin berkembangnya sistem digitalisasi pertanian. Dengan menggunakan aplikasi pertanian maka Anda akan semakin bisa meningkatkan tingkat produktivitas Anda.

Contohnya dengan aplikasi tersebut Anda bisa melakukan transaksi jual beli dengan konsumen serta bisa melakukan konsultasi dan tanya jawab tentang pertanian kepada para ahli.

Contoh – contoh aplikasi pertanian yang ada sekarang seperti Simbah, Kecpir, Karsa, Eragano, dan iGrow.

  1. Karsa

Aplikasi Karsa ini merupakan salah satu bentuk perwujudan aplikasi pertanian digital. Aplikasi ini salah satu fungsinya yaitu sebagai bahan / sumber pengetahuan untuk petani. Fungsi lainnya yaitu bagi produsen dan pemerintah bisa memantau harga produk tani serta kebutuhan yang dibutuhkan oleh petani.

  1. Eragano

Eragano merupakan salah satu startup aplikasi yang menawarkan kemudahan bagi petani dari hulu ke hilir sektor pertanian.

Fitur – fitur yang ditawarkan aplikasi ini kepada petani diantaranya yaitu pemberian pinjaman untuk petani, kemudahan dalam sistem penjualan hasil panen, penjualan perlengkapan tani dan berbagai pupuk, dan sistem pengelolaan sawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *