Manfaat Pepaya, Buah Penuh Gizi Pertanian Indonesia

Pemberian Pupuk Pada Budidaya Pepaya

Pupuk NPK

Bila pupuk NPK yang ingin dipakai maka gunakan NPK 16-16-16. Diberikan 2 minggu setelah tanam dan inilah dosis per tanaman.

NPK 100 g umur 2 minggu setelah tanam. Selanjutnya umur 1 – 3 bulan setelah tanam sebanyak 150 gram.

Umur 4 – 6 bulan setelah tanam yaitu NPK 300 g + 50 g KCl. Umur 7 bulan setelah tanam yaitu 350 g + 50 g KCL. Ingat semua itu adalah dosis per tanaman.

Pupuk diletakan di sekeliling tanaman lalu ditutup tanah. Setelah selelsai memupuk, lakukan penyiraman bila tidak turun hujan.

Cara pemberian lainnya yaitu pupuk dibuat larutan atau diencerkan terlebih dahulu. Larutan pupuk diberikam 1 minggu setelah tanam. Larutkan 500 gram NPK alam 10 liter air lalu siramkan ke tanaman.

Pupuk kandang dan dolomit diberikan mulai umur 3 bulan setiap 3 bulan sekali. Dosis pupuk kandang 5 kg/tanaman dan dolomit 0,3 kg/tanaman.

Pupuk Tunggal

Pupuk diberikan di sekeliling tanaman dengan membuat parit sedalam 5 – 10 cm. Berikut jadwal pemberian pupuk bila menggunakan pupuk tunggal.

Pemupukan pertama dosis per pohon, umur 2 minggu setelah tanam. Urea 30 g + TSP 40 g + ZA 40 g + KCl 20 g.

Pemupukan kedua dosis per pohon, umur 1 bulan, Urea 40 g + TSP 70 g + ZA 70 g + KCl 30 g.

Pemupukan ketiga dosis per pohon, umur 4 bulan setelah tanam. Urea 45 g + TSP 80 g + ZA 80 g + KCL 60 g.

Pemupukan keempat umur 6 bulan setelah tanam. Urea 50 g + TSP 90 g + ZA 90 g + KCl 70 g.

Pemupukan selanjutnya setiap 1 bulan sekali. Urea 60 g + TSP 100 g + ZA 100 g + KCl 75 g.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama utama budidaya pepaya adalah kutu putih, thrips, aphids dan tungau. Pengendalian dengan menyemprotkan insektisida bahan aktif imidakloprit, abamektin dan profenofos. Dosis sebanyak 2 cc/liter air atau sesuai anjuran.

Pengendalian tungau menggunakan akarisida bahan aktif dicofol dan propargit. Diberikan berselang seling antar bahan aktif sesuai anjuran pada kemasan.

Penyakit pada tanaman pepaya adalah antraknosa dan busuk akar. Busuk akar diakibatkan serangan Phytopthora atau fusarium. Gejala serangan antraknosa berupa cekungan bulat dan membusuk di kulit buah. Pengendalian menggunakan fungisida bahan aktif Propineb.

Penyakit busuk akar ditandai menguningnya daun tua. Dikendalikan menggunakan fungisida Mankozeb atau Metalaxyl.

Panen Pepaya Beragam Manfaat Didalamnya

Buah pepaya dipanen pada umur 8 bulan setelah tanam. Untuk pemasaran lokal, buah dipetik pada tingkat kemasakan mengkal. Yaitu ditandai dengan 5 – 10% kulit buah berwarna kuning ( indeks warna 2 ).

Untuk pemasaran jarak jauh, buah dipetik ditandai ada perubahan warna. Kulit buah kuning < 5% ( indeks warna 1 ).  Panen pepaya dilakuka setia 1 minggu sekali.

Demikian cara menanam pepaya untuk diambil buahnya dan kesegaran pepaya. Pepaya memang dianggap tidak sespesial buah seperti melon dan semangka. Namun kandungan gizinya lengkap dan buah yang penuh manfaat juga.

Semoga artikel dengan judul : Manfaat Pepaya, Buah Penuh Gizi Pertanian Indonesia bisa bermanfaat.  Hubungi Kami di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian LMGA Agro bergerak di bidang online shop. Jual murah harga promo benih hibrida, pupuk dan lain-lain. Kami menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis tentang pertanian. Membantu menjawab permasalahan anda tentang cara menanam. Semoga artikel tentang Manfaat Pepaya ini bermanfaat bagi pembaca. Selamat mencoba budidaya pepaya. Salam sukses…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *