Manfaat Pepaya, Buah Penuh Gizi Pertanian Indonesia

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Wajah

Mencegah Kerutan

Pepaya mengandung vitamin E bermanfaat menghentikan kerusakan seluler. Vitamin E pepaya dapat mencegah terbentuknya kerutan pada wajah. Vitamin A – nya menyebabkan halusnya kulit wajah hampir tanpa noda. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit wajah tetap kencang.

Mencerahkan Kulit Wajah

Pepaya mengandung vitamin bermanfaat membantu mengurangi stress pada kulit. Manfaat pepaya juga dapat membantu mengankat sel kulit mati. Proses-proses tersebut memberikan efek rileks, sehat, cerah dan segar. Manfaat pepaya sebagai antioksidan dan nutrisi wajah. Sehingga wajah terasa lembut dan kenyal.

Mengatasi Jerawat

Jerawat dan pori-pori wajah yang besar merupakan dua masalah kulit wajah paling ditakuti. Untuk meredakanya, pepaya dapat digunakan sebagai masker wajah. Buah pepaya dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Pepaya juga dapat menyamarkan flek hitam membandel.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Vitamin A dalam buah pepaya sangat baik bagi kesehatan kornea. Vitamin A dapat memberikan kelembaban cukup agar mata terlumasi dengan baik.

Manfaat pepaya dapat menyembuhkan kulit terbakar karena paparan sinar matahari. Buah pepaya mengandung zat likopen. Likopen dapat memelihara kesehatan kulit dan menangkal kerusakan sel.

Baca Juga : Toko Pertanian Online Langkah Awal Petani Sukses

Manfaat Pepaya Sebagai Bahan Baku Industri

manfaat pepaya, jual benih pepaya, harga promo, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Pepaya Orang Lady

 Pepaya adalah khas buah daerah tropis. Pepaya berasal dari Amerika Tengah. Lalu menyebar ke belahan bumi lainnya. Varietas pepaya cukup banyak. Mulai jenis pepaya bangkok, bentuknya besar dan kulit buah hijau-kuning.

Dan sekarang ada varietas dan ini baru dikenal yaitu pepaya hawaii. Pepaya hawaii buahnya kecil-kecil namun lebih manis dibandingkan pepaya bangkok.

Di Indonesia, pepaya sudah dikenal sejak dulu. Pepaya mudah didapatkan dan harganya relatif murah. Hal ini karena, masih banyak masyarakat menganggap pepaya bukan buah spesial. Namun siapa sangka bila kandungan gizinya tinggi dan banyak manfaatnya bagi tubuh kita.

Pepaya dikenal sebagai salah satu buah dengan tinggi kandungan Potassium dan vitamin C.

Memiliki antioksidan seperti karoten, flavonoid, folat dan asam pantotenat. Kandungan nutrisi lain dan penting sekali pada pepaya adalah enzim Papain. Enzim ini khas dari tanaman pepaya.

Enzim Papain ada di getah pepaya dan tidak di buahnya saja. Namun getah papain juga ada di daun dan batang pepaya.

Enzim Papain banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Bagi industri makanan, papain bahan baku pelunak daging. Industri farmasi menggunakan papain sebagai pembuatan obat cacing. Selain itu Papain digunakan obat gangguan pencernaan.

Baca Juga : Pepaya Orange Lady Rasa Manis Andalan Petani

Mengenal Benih Pepaya Untuk Budidaya Pertanian

Pepaya F1 RED LADY

Benih pepaya hibrida produk Known You Seed. Tahan virus, rasa manis, berbuah pada umur 7 bulan. Buah bulat, berjarak 30 cm dari tanah. Berat buah rata-rata 1000 gram dan berpotensi ada 30 – 40 buah per tanaman.

Pepaya CALIFORNIA ORANGE LADY

Benih pepaya unggul produk Known You Seed. Tahan virus, rasa manis dan sudah muncul buah umur 7 bulan. Berat rata-rata buah 2 kg, berjarak 40 cm dari tanah dan berpotensi muncul 35 – 40 buah/tanaman.

Pepaya Unggul BANGKOK

Benih unggul produk Tafung Seed. Tahan virus, rasa manis, tanaman seragam dan vigor kuat. Berat buah rata-rata 2,5 kg dan berpotensi berbuah 35 – 40 buah/tanaman. Buah muncul umur 7 bulan dengan jarak 40 cm dari tanah.

Pepaya CALIFORNIA SENTRA SEED

Benih produk Sentra Seed. Tahan virus, buah seragam dan berbuah umur 6 bulan. Ketinggian buah 20 cm dari tanah. Berat buah rata-rata 3 kg dan berpotensi 35 buah/tanaman.

Pepaya CALIFORNIA PELOPOR

Benih pepaya produk Cap Sebelas. Benih tahan virus, buah seragam dan berbuah umur 7 bulan. Buah ketinggian 20 cm dari tanah dengan berat rata-rata 2 – 3 kg. Potensi buah muncul 30 buah/tanaman.

Pepaya Unggul BANGKOK INDO SEED

Benih unggul INDO SEED dan tahan hama dan penyakit. Rasa buah manis, tanaman seragam dan vigor kuat. Berbuah umur 7 bulan dengan jarak 30 cm dari tanah. Berat rata-rata 2,5 kg/buah dan berpotensi sebanyak 35 – 40 buah per tanaman.

Pepaya CALIFORNIA RAJA SEED

Benih produk Raja Seed tahan virus, buah seragan dan berbuah umur 7 bulan. Buah berjarak 15 cm dari tanah. Berat rata-rata buah 2 – 3 kg dan berpotensi muncul 35 buah/tanaman. Tekstur kenyal tidak mudah berair. Bentuk lonjong.

Budidaya Pepaya Lengkap Hingga Panen

Penyemaian Benih

manfaat pepaya, jual benih pepaya, harga promo, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Unggul Pepaya California

 Sebelum penanaman, benih pepaya harus disemaikan dulu. Agar dapat bertahan hidup saat ditanam di lahan tetap. Penyemaian pepaya juga berguna untuk mempersingkat lama budidaya pepaya.

Benih hibrida dapat disemaikan langsung, tidak perlu perlakuan perendaman di air hangat. Siapkan tisu sebagai pembungkus lalu basahi tisu dengan air. Taruh benih pada tisu basah kemudian tutup dengan tisu dan siram kembali. Masukkan tisu berisi benih tadi pada wadah tembus air.

Wadah diletakkan di bawah sinar matahari namun jangan saat panas sekali. Karena suhu perkecambahan benih sekitar 30 ºC. Setelah 7 – 10 hari, benih akan berkecambah.

Setelah benih berkecambah menjadi bibit, pindahkan ke polybag berukuran 9 x 10 cm. Sebelumnya isi polybag dengan campuran tanah, kompos dan arang sekam. Campuran tadi telah diayak hingga halus. Perbandingan tanah, kompos danarang sekam adalah 1 : 1 : 1.

Lakukan penyiraman bibit rutin setiap hari. Letakkan polybag bibit di dalam bilik dan sudah diberi naungan. Naungan terbuat dari plastik bening atau paranet. Fungsinya melindungi bibit dari air hujan langsung, terik matahari dan terpaan angin.

Bibit siap ditanam di lahan setelah berumur 2 – 2,5 bulan sejak disemaikan. Kebutuhan benih untuk bibit sekitar 60 gram.

Baca Juga : Pentingnya Pengendalian Gulma Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Persiapan Lahan Budidaya Pepaya

Bersihkan gulma di lahan secara mekanik atau disemprot herbisida. Setelah bersih, tanah diolah hingga gembur.

Persiapkan bedengan panjang 6 meter, lebar 1 – 1,5 m, tinggi 20 cm. Jarak antar bedengan dibuat lebar 50 cm dan dalamnya 30 cm sebagai saluran air/parit. Buat lubang tanam berukuran 40 x 40 x 50 cm. Jarak antar lubang tanam 2 x 2 m.

Jarak tanam disesuaikan dengan luas lahan. Luas lahan < 0,2 Ha, jarak tanam 2 x 2 meter. Luas lahan 1 Ha, jarak tanam 2 x 2,5 meter. Dan lahan > 1 Ha, jarak tanamnya 3 x 3 meter.

Pada lubang tanam yang sudah jadi, beri pupuk kandang 8 kg/lubang. Kemudian campurkan dolomit 350 gram/lubang. Biarkan selama 1 – 2 minggu. Saat 2 – 3 hari sebelum menanam bibit, tambahkan pupuk tunggal TSP sebanyak 50 – 80 g/lubang. Beri juga Furadan sebanyak 0,5 – 1 g/lubang.

Penanaman Bibit

Bibit yang sudah siap dan cukup umur, masukkan dalam lubang tanam. Keluarkan bibit secara perlahan agar media tanahnya tidak pecah. Kemudian letakkan perlahan pada lubang tanam. Tutup kembali dengan tanah top soil.

Bila diperlukan, sekitar tanaman dapat diberi serasah atau jerami kering sebagai mulsa. Serasah diletakkan di bawah tajuk tanaman dengan ketebalan 15 – 20 cm saat awal tanam. Fungsinya selain untuk menjaga kelembaban tanah, juga berfungsi mencegah pertumbuhan gulma. Mulsa juga bermanfaat mengatur suhu permukaan tanah dan menekan populasi hama.

Di kalangan petani pepaya, terdapat 2 kebiasaan. Yaitu, menanam satu bibit dalam satu lubang tanam.  Atau 2 bibit dalam satu lubang semai. Tujuan menanam 2 bibit untuk menghindari tumbuhnya pepaya jantan dan betina. Serta memudahkan dalam proses penyulaman.

Setelah tanaman berumur 4 bulan, saat bunga pertama muncul. Proses selanjutnya adalah seleksi mencabut pohon yang tidak dikehendaki. Dan akhirnya hanya satu pepaya sempurna per lubang tanam. Pohon kemudian dibiarkan tumbuh hingga berbuah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *