Hortikultura, Jenis Tanaman yang Membuat Petani Untung

hortikultura, tanaman, budidaya, pertanian, budidaya tanaman, petani, lmga agro
Tanaman Sayuran

Tanaman sayuran merupakan jenis tanaman hortikultura yang setiap bagiannya dimanfaatkan sebagai bahan pangan karena memiliki banyak gizi. Bagian tubuh tanaman sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk bahan pangan diantaranya daun, umbi, tangkai, dan batang yang masih muda. Bagian yang dijadikan bahan pangan biasanya mengandung kadar air yang tinggi dan bisa dimakan dalam kondisi segar maupun diolah dahulu.

Tanaman hortikultura jenis sayuran ini biasa diolah menjadi berbagai macam masakan yang membuat rasanya lebih enak seperti sayur dan tumis. Selain itu beberapa jenis sayuran juga bisa dimakan dalam keadaan mentah. Contoh dari tanaman sayuran ini antara lain wortel, bayam, cabe, tomat, kangkung, bayam, dan timun.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan varietas benih sayuran unggulan dari pabrik benih terkemuka di Indonesia dengan harga terjangkau. Benih sayuran yang dijual antara lain cabe, tomat, mentimun, terong, bayam, jagung dan lain – lain. Toko Pertanian LMGA Agro juga menyediakan barang kebutuhan petani kualitas unggul dengan harga terjangkau dan murah.

Tanaman Bunga

Tanaman bunga atau tanaman hias merupakan jenis tanaman hortikultura yang beranggotakan tanaman hias dan bunga yang biasa dijadikan dekorasi. Keuntungan dari pemakaian tanaman hias untuk dekorasi adalah menjadikan ruangan atau taman menjadi lebih nyaman dipandang. Selain itu beberapa tanaman hias khusunya bunga mempunyai harum khas yang bisa dijadikan sebagai aromaterapi.

Disamping menjadi bahan untuk dekorasi ruangan maupun taman, usaha budidaya tanaman hias seperti bunga bisa memiliki keuntungan lain bagi petani. Keuntungan tersebut adalah bisa menciptakan wahana wisata baru di lingkungan pertanian dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar. Contoh dari pemanfaatan budidaya tanaman hias sebagai wahana wisata adalah kebun bunga matahari dan wisata perkebunan anggrek.

Tanaman Obat

Tanaman obat adalah jenis tanaman hortikultura yang mempunyai manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Pemanfaatan tumbuhan obat diyakini telah digunakan sejak dahulu kala karena mengandung senyawa tertentu yang bisa dijadikan obat. Jenis tanaman obat dibedakan menjadi 2 macam yaitu tanaman obat rimpang dan non rimpang.

Tanaman obat rimpang adalah jenis tanaman obat yang mayoritas bagian yang dimanfaatkan untuk obat adalah bagian umbi tanamannya. Selain digunakan sebagai obat, umbi tanaman obat rimpang bisa digunakan sebagai bumbu tambahan saat memasak. Contoh dari tanaman obat rimpang antara lain jahe, lengkuas, kunyit, dan temulawak.

Sedangkan tanaman obat non rimpang merupakan tanaman obat yang memanfaatkan bagian tanaman selain umbinya. Bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan dari tanaman obat ini adalah bagian bunga, buah, daun, akar, dan batang tanaman. Contoh dari tanaman ini adalah lidah buaya atau aloe vera, tanaman mahkota dewa, dan kayu manis.

Baca Juga : Tabulampot Solusi Budidaya Tanaman di Halaman Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *