Hortikultura, Jenis Tanaman yang Membuat Petani Untung

hortikultura, tanaman, budidaya, pertanian, budidaya tanaman, petani, lmga agro
Persiapan Lahan

Lahan merupakan media penting yang harus segera disiapkan oleh petani jika ingin memulai usaha budidaya tanaman hortikultura. Karena lahan adalah tempat dimana benih tanaman akan tumbuh berkembang hingga masa panen tiba. Setelah mengetahui bahwa lahan adalah komponen penting, persiapan lahan harus segera dilakukan oleh petani dengan cara yang baik dan benar.

Persiapan lahan untuk budidaya tanaman hortikultura dimulai dengan membersihkan tempat yang menjadi lahan pertanian. Pembersihan lahan ini bisa dilakukan dengan cara manual dengan menggunakan cangkul maupun menggunakan cara mekanis dengan mesin traktor. Manfaat dari pembersihan lahan ini adalah memperlancar arus air dan mengurangi gulma yang akan mengganggu budidaya tanaman.

Pengolahan tanah untuk budidaya tanaman hortikultura dilakukan dengan cara membolak – balikkan tanah supaya tanaman yang berada di permukaan bisa terbenam. Tanaman yang terbenam mempunyai manfaat untuk menambah unsur hara didalam tanah yang akan ditanami benih. Selain itu proses pembalikan tanah juga berfungsi membuat tanah memiliki drainase yang lebih baik.

Proses Pembibitan

Pembibitan merupakan cara yang dilakukan oleh petani untuk memperbanyak tanaman hortikultura sejenis dan kualitas yang sama. Cara memperbanyak varietas tanaman sejenis ini bisa dilakukan dengan 2 cara yang berbeda. Bisa dilakukan dengan cara menggunakan biji sebagai benih tanaman atau dengan cara vegetatif.

Vegetatif merupakan cara pembibitan yang memerlukan bantuan tangan manusia untuk melakukannya. Cara ini biasanya digunakan untuk pembibitan tanaman tanpa menggunakan biji. Beberapa contoh dari cara vegetatif ini diantaranya adalah stek batang, stek daun, dan cangkok.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual varietas benih tanaman berupa buah dan sayur kualitas unggulan dengan harga terjangkau. Juga menyediakan kebutuhan pertanian lainnya seperti pupuk dan pestisida unggulan dengan harga terjangkau. Toko Pertanian LMGA Agro juga melayani konsultasi mengenai permasalahan budidaya tanaman secara gratis.

Penanaman Bibit

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh petani dalam usaha budidaya tanaman hortikultura adalah penanaman bibit. Penanaman bibit dilakukan setelah benih tanaman sudah tumbuh dan memiliki umur yang cukup. Dengan umur bibit yang cukup maka tanaman sudah siap ditanam pada lahan pertanian yang sudah diolah sebelumnya.

Waktu penanaman bibit tanaman hortikultura bisa dilakukan pada saat matahari belum terbit atau menjelang matahari terbenam. Kedua waktu tersebut dinilai sangat ideal karena kerusakan bibit tanaman akibat panasnya sinar matahari bisa diminimalisir. Suhu dari sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada bibit tanaman dan membuat tidak semua bibit tanaman dapat tumbuh optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *