Jual Benih Sawi Putih Eikun Takii Seed Harga Diskon Murah

Pemupukan Susulan

Pemupukan sawi putih EIKUN kita lakukan sebanyak 2 kali yaitu awal sebelum penanaman ( pupuk dasar ) dan setelah tanam ( pupuk susulan ).

Untuk pupuk susulan bisa berupa pupuk organik atau pupuk kimiawi. Pemberian pupuk susulan adalah untuk menjaga kandungan unsur hara dalam tanah tersedia untuk sawi putih EIKUN.

Pemupukan susulan dapat kita lakukan sebanyak 2 kali yaitu pada umur 2 minggu dan 4 minggu setelah tanam.

Menggunakan pupuk Urea, ZA dan KCl. Cara pemberiannya yaitu melingkari tajuk tanaman dengan jarak 15 – 20 cm dan kedalamannya 10 – 15 cm. Bisa juga pupuk susulan menggunakan pupuk organik, kompos atau pupuk kandang.

Pemeliharaan Tanaman

  • Penjarangan dan penyulaman lakukan pada umur 10 – 15 hari setelah pemindahan. Penyulaman dilakukan bila ada tanaman mati. Penyulaman dengan mengambil bibit di bedengan semai.
  • Sawi putih EIKUN berumur pendek, yaitu sekitar 2 – 3 bulan saja, biasanya penyulaman jarang kita lakukan. Kecuali bila ada tanaman mati harus segera ganti dengan bibit baru.
  • Sanitasi atau membersihkan lahan dapat kita lakukan 1 – 2 kali sebelum pemupukan. Lakukan saat umur 2 – 4 minggu setelah tanam. Sanitasi lahan kita lakukan hati-hati agar tidak merusak perakaran tanaman.
  • Penyiangan wajib kita lakukan dalam pemeliharaan tanaman. Penyiangan berupa mencabut gulma atau tanaman liar pada sekitar tanaman. Gulma banyak tumbuh terutama setelah hujan turun. Gulma dapat menjadi tempat inang untuk hama-hama bersembunyi.
  • Pengairan lakukan 1 – 2 kali sehari di fase awal pertumbuhan sawi putih EIKUN. Waktu ideal pemberian air yaitu pagi dan sore hari.
  • Penyiraman dapat anda lakukan dengan menggunakan gembor, slang atau dengan cara leb. Bila turun hujan, atau tanah masih tampak lembab, penyiraman dapat anda kurangi frekuensinya.

Baca Juga Kubis Summer Autumn 633 Kubis Andalan Petani

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Pengendalian ini sebagai usaha pencegahan serangan dari hama dan penyakit. Pencegahan artinya bahwa tanaman semprot sebelum terserang oleh hama dan datangnya penyakit.

Penyemprotan pestisida rutin kita lakukan setiap 1 – 2 minggu sekali sebagai usaha pencegahan. Pemberian dosis pestisida sesuai anjuran pada kemasan dan populasi hama.

Berikut ini akan kami jabarkan hama dan penyakit untuk perlu anda waspadai bagi petani menanam sawi putih EIKUN.

1. Ulat Tanah ( Agrotis sp. )

Ulat ini berwarna coklat sampai coklat kehitam-hitaman. Hama ulat menyukai menyerang bibit sawi putih yang baru pindah tanam.

Hama ulat mulai beraksi menyerang pada malam hari. Ulat tanah menyerang dengan cara mengerek pangkal batang sawi putih yang masih sangat sukulen hingga putus. Sehingga bibit menjadi mati karena titik tumbuhnya tidak ada lagi.

Pencegahan dapat kita lakukan dengan cara manual dan aman bagi tanamn. Yaitu rutin melakukan sanitasi lahan khususnya disekitar parit.

Insektisida yang kita gunakan untuk menyemprot adalah insektisida granul. Caranya adalah insektisida kita tabur pada samping tanaman sebanyak 0,3 – 0,4 g/tanaman atau sebanyak 6 kg/hektar.

Contoh insektisida granul adalah Furadan 3G dan Curater 3G.

2. Ulat Grayak ( Spodoptera litura dan Spodoptera exigua )

Ulat grayak jenis Spodoptera litura mempunyai ukuran tubuh dengan panjang antara 15 – 25 mm. Ciri ulat berwarna hijau tua kecoklatan, berbintik hitam pada setiap ruas buku pada badannya.

Sedangkan ulat grayak jenis Spodoptera exigua berwarna hijau hingga hijau muda. Tidak tampak adanya bintik-bintik hitam pada tubuhnya.

Kedua jenis ulat tersebut menyukai memakan sawi putih sehingga menyebabkan daun sawi putih berlubang-lubang kecil.

Pencegahan serangan ulat grayak yaitu rutin melakukan sanitasi lahan dengan baik. Juga dengan memasang perangkap kupu-kupu untuk melindungi tanaman dari serangan ulat grayak.

Jika sudah terlanjur terserang, maka solusinya adalah menyemprot insektisida. Menggunakan insektisida Matador 25EC, Curacron 500EC sesuai dosis anjuran pada kemasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *