Jual Bibit Labu Kuning Suprema F1 Murah Panen Cepat

Beri Penilaian

Tanaman Labu Kuning Suprema F1

LABU KUNING SUPREMA F1, JUAL BENIH LABU SUPREMA, MENANAM LABU SUPREMA, EASTWESTSEED, LMGAAGRO
PUPUK BUDIDAYA SUPREMA

Di Indonesia, tanaman labu kuning berasal dari kota Ambon, Maluku. Ada 5 species labu yang terkenal salah satunya adalah Cucurbita moschata, dan kelima spesies cucurbita tersebut di Indonesia disebut dengan labu kuning ( waluh ) karena ciri-ciri yang hampir sama.

Buah labu kuning banyak sekali ragamnya, ada yang bulat pipih, lonjong atau panjang dengan alur yang banyak ( sekitar 15 – 30 alur ). Daun labu pun bisa kita olah menjadi sayur, dan biji buah labu kita manfaatkan sebagai kuaci. Air buahnya berguna sebagai penawar racun binatang berbisa, sedangkan biji juga dapat kita jadikan obat cacing pita.

Daging buah labu mengandung antioksidan berkhasiat sebagai penangkal kanker. Labu kuning dapat kita gunakan untuk penyembuhan radang, untuk kesehatan ginjal, mengobati demam dan diare. Labu kuning mengandung karotenoid ( beta-karoten ), vitamin C dan A, mineral, lemak dan mineral. 

Tanaman labu memiliki banyak varietas, lebih dari 40 jenis varietas labu, namun baru sedikit yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan pangan. Sebenarnya, buah labu sangat kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral dan air. Sehingga labu sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Buah labu kuning Suprema F1 dapat mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan panas, bermanfaat bagi penderita diabetes dan dapat memperlancar proses pencernaan. Dari sekian banyak jenis labu, labu kuning justru yang banyak kita manfaatkan.

Beragam jenis hidangan terbuat dari buah labu seperti kolak, sup, cake hingga kue-kue basah seperti kue lumpur, talam dan masih banyak jenis masakan lain.

Baca Juga : Labu Madu ( Butternut Squash ) Peacock F1, Buah Manis dan Lembut

Budidaya Labu Kuning Suprema F1

Lahan untuk budidaya labu kuning Suprema F1 atau waluh harus yang terpapar cahaya matahari langsung, paling sedikit 4 jam sehari. Paparan sinar matahari yang optimal selama 8 jam sehari. Jika terdapat naungan berupa pohon besar, sulur-sulur batang tanaman labu akan hanya tumbuh merambat ke atas mencari sinar matahari.

Labu kuning dapat tumbuh dimana saja, baik dataran rendah maupun dataran tinggi, hingga pada ketinggian 1500 m dpl juga tanpa perawatan yang terlalu rumit. Syarat yang paling penting yaitu tanahnya harus gembur, subur dan tidak terlalu banyak mengandung air terutama air yang menggenang. Tanah memiliki pH antara 5,5 – 7.

Waktu tanam labu kuning yang tepat adalah akhir musim hujan ( bulan Maret ) atau bila menanam labu kuning pada musim kemarau maka pengairan harus petani perhatikan. Tidak disarankan menanam labu kuning saat musim hujan karena banyak hama yang menyerang seperti oteng-oteng ( Epilachna sp ) menyebabkan buah menjadi busuk saat muda.

1. Pengolahan Lahan Menanam Labu Kuning Suprema

Tanah untuk menanam benih labu kuning Suprema F1 haruslah gembur dan tersedia air yang cukup, karena tanaman waluh memiliki perakaran yang luas dan aktif menyerap air agar pertumbuhannya dapat optimal. Lahan petani gemburkan menggunakan cangkul/traktor. Selanjutnya membuat bedengan untuk tanaman labu.

Bedengan bibit waluh Suprema F1 dibuat dengan lebar 1 meter, tinggi bedengan 30 cm dan jarak antar bedengan adalah 40 cm. Panjang bedengan menyesuaikan dengan luas lahan.

Selanjutnya pemberian pupuk dasar, lebih baik menggunakan pupuk kandang karena lebih murah dan baik untuk kesuburan tanah. Jika pH tanah rendah maka dapat petani tingkatkan ke angka normal dengan pemberian Dolomit ± 2 – 4 ton/ha dan menyesuaikan dengan nilai pH.

Perakaran tanaman waluh ini sangat rakus terhadap pupuk dan air. Akarnya dapat menyebar luas untuk mencari pupuk dan air, lebih luas dibandingkan akar tanaman semangka dan melon. Sehingga pemberian pupuk kandang sebagai pupuk dasarnya sebaiknya petani perbanyak untuk memenuhi kebutuhan tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *