JUAL BIBIT SEMANGKA INUL GADIS MANIS KNOWN-YOU SEED

Penanaman Bibit Semangka Inul Gadis Manis
  1. Membuat lubang tanam untuk bibit semangka Gadis Manis pada mulsa plastik yang menutupi bedengan menggunakan alat pelubang tanam. Lubang dibuat dengan kedalaman 10 cm dan hanya satu baris tiap bedengan.

  2. Jarak antar lubang untuk menanam semangka inul Gadis Manis  adalah 80 cm.

  3. Larutkan NPK + Insektisida + Fungisida dan dikocorkan pada setiap lubang tanam.

  4. Sirami bibit sebelum dipindahkan dan waktu pemindahan bibit saat matahari tidak terik untuk menghindari bibit menjadi layu.

  5. Setelah selesai penanaman, sirami bibit semangka inul Gadis Manis  hingga cukup lembab.

Lahan penanaman semangka Gadis Manis selalu dikontrol setiap 5 hari sekali, sekaligus melakukan penyulaman bila ada bibit yang mati atau tampak abnormal.

BACA JUGA : Tanaman Semangka Inul Eksotik dan Mudah Budidayanya
Pemupukan Susulan Tanaman Semangka Inul Gadis Manis
  1. Pemupukan susulan pertama semangka Gadis Manis minimal dilakukan 7 hari setelah tanam dan diulang dengan interval 7 hari. Pupuk yang dipakai pupuk NPK 16 dengan cara dilarutkan sekitar 1 gelas pupuk dalam 35 – 40 liter air bersih.

  2. Pemupukan susulan diberi takaran yang sama dengan pemupukan pertama.

  3. Pemupukan tanaman semangka Gadis Manis susulan ketiga dan seterusnya, dosis pupuk NPK bertambah menjadi 2 – 3 gelas.

  4. Jika penanaman semangka Gadis Manis dilakukan pada musim hujan, interval pemberian pupuk adalah 10 – 14 hari.

Penyiraman Tanaman Semangka Inul Gadis Manis

Tanaman semangka tergolong tanaman yang menyerap banyak air terutama saat pembentukan buah. Karena itu, penyiraman harus dilakukan secara intensif. Penyiraman dilakukan rutin 7 hari sekali dan menjadi setiap 5 hari sekali saat buah semangka sebesar telur ayam.

Agar lebih mudah dalam melakukan penyiraman menggunakan pompa air dan menyiram bagian tengah bedengan.

Penataan Sulur Tanaman Semangka Inul Gadis Manis

Tanaman semangka inul memiliki banyak sulur yang terdiri dari sulur utama ( primer ) yaitu 3 buah yang berbentuk huruf ” W ” dan sulur sekunder yaitu sulur cabang dari 3 sulur utama. Sulur yang tumbuh ke samping dan diluruskan ke depan yaitu 3 sulur utama yang berbentuk huruf ” W ” tadi.

Penyeleksian Bakal Buah Semangka Inul Gadis Manis

Umur 1 bulan setelah tanam, tanaman semangka inul akan tumbuh bunga yang terdiri bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan mengandung serbuk sari, sedangkan bunga betina memiliki putik atau bakal buah.

Pada musim kemarau, proses pembuahan bisa berlangsung secara alami dengan bantuan serangga atau angin. Tetapi di musim hujan, proses pembuahan dilakukan dengan cara buatan.

Calon buah yang dipilih adalah yang berpotensi bisa besar yaitu yang tidak dekat akar tanaman ( daun ke-11 dan ke-14 ) dan terletak pada 3 sulur utama. Disarankan untuk melakukan seleksi buah bila buah sudah pasti jadi yaitu sebesar telur ayam.

Dikuatirkan bila kita terlanjur membuang buah yang sudah jadi pada sulur sekunder, ternyata pada sulur utama buah tidak jadi, sehingga tidak ada buah yang tersisa.

Bila pada sulur utama, buah tidak ada yang jadi maka kita mempertahankan buah pada sulur sekunder namun dipilih yang bentuknya proporsional. Buah yang berada dekat akar tanaman juga dapat kita pilih bila pada daun ke-11 dan ke-14 tidak ada buah yang jadi.

Satu tanaman semangka Gadis Manis, dapat menyisakan 2 – 3 bakal buah tergantung kondisi kesehatan dan kesuburan tanaman.

Pemangkasan Sulur Sekunder

Setelah mendapatkan 2 – 3 buah semangka yang siap dibuahkan maka segera melakukan pemangkasan sulur sekunder. Langkah ini bertujuan agar nutrisi fokus bagi pembentukan buah dan menuju ke sulur utama. Cara ini juga dapat mempercepat buah menjadi besar.

Pemangkasan dilakukan pada pagi hari dan menyisakan 1 daun pada pangkal sulur yang dipotong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *