JUAL BIBIT SEMANGKA INUL GADIS MANIS KNOWN-YOU SEED

  1. Sebagai sumber bunga jantan, fisik  dan penampilan tanaman semangka berbiji harus  besar dan seragam.

  2. Tanaman memiliki bunga jantan yang banyak dan dominan sehingga kebutuhan terbentuknya semangka berbiji sedikit namun cukup.

  3. Buah yang berasal dari semangka berbiji juga potensial dan berkualitas sehingga bila dijual juga berharga tinggi.

  4. Sumber bunga jantan harus memiliki umur yang sama dengan semangka non biji agar munculnya bunga bisa bersama.

Dengan melihat keempat persyaratan semangka penyedia bunga jantan di atas, maka cocok sekali bila semangka Inul Gadis Manis dijadikan sebagai penyedia bunga jantan. Semangka inul Gadis Manis merupakan semangka yang berkualitas terbaik untuk semangka jenis lonjong.

BACA JUGA : Buah Semangka Gadis Manis Banyak Digemari Petani dan Pedagang

MANFAAT BUAH SEMANGKA

Buah semangka mudah ditemui dan selalu ada terutama di musim kemarau, kesegaran buah semangka semakin terasa. Rasa manis di buah semangka semakin tajam saat musim kering. Varietas buah semangka asli adalah berwarna merah dan berbiji kecil pada bagian daging buahnya.

Manfaat buah semangka adalah mengandung gizi yang cukup banyak. Semangka mengandung vitamin, mineral, zat antioksidan dan sedikit kandungan kalori. Sumber nutrisi dalam sepotong semangka sangat lengkap bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut adalah beberapa manfaat dari buah semangka :

  1. Mencegah asma. Buah semangka tidak menyembuhkan sakit asma, namun dapat mencegah pada penyakit pernapasan pencetus sesak napas. Buah semangka mengandung vitamin C cukup tinggi yang dapat memberi kekebalan tubuh sehingga mencegah penyakit pernapasan.

  2. Menurunkan tekanan darah. Penderita tekanan darah tinggi disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah semangka. Semangka memiliki efek yang baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung.

  3. Menangkal kanker. Semangka merupakan sumber vitamin C dan zat licopen. Dua zat ini sangat penting karena mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

  4. Mengatasi sembelit. Karena buah semangka mengandung serat dan kandungan air yang tinggi. Serat pada buah semangka mampu membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan buang air besar.

CARA MENANAM SEMANGKA INUL GADIS MANIS

Persiapan Lahan Tanam Semangka Inul Gadis Manis

Semangka Gadis Manis cocok ditanam pada ketinggian tempat antara 2 – 500 m dpl. Jadi cocok ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi.

Lokasi penanaman semangka Gadis Manis harus mendapatkan sinar matahari penuh selama minimal 8 jam sehari. Tekstur tanah harus gembur dan kaya akan unsur hara.

Lokasi penanaman semangka Gadis Manis juga sebaiknya berdekatan dengan sumber air untuk penyiraman. Memiliki pH tanah normal, antara 5.6 – 7.5. Lokasi agak jauh dari tepian pantai untuk mengindari terkena aerosol air asin. Syarat lokasi penanaman seperti di atas biasanya terdapat di dataran rendah.

Langkah selanjutnya dalam persiapan lahan menanam semangka Gadis Manis  adalah membajak tanah dengan cara dicangkul dengan tujuan agar tanah menjadi gembur dan kandungan unsur hara dalam tanah tercampur rata.

Tanah yang dibajak dibuat alur-alur dengan kedalaman 20 -30 cm dan nantinya alur-alur tersebuat dijadikan bedengan.

BACA JUGA : BUAH SEMANGKA GADIS MANIS DI GEMARI PEDAGANG

Jarak antar bedengan yan cocok dalam budidaya semangka Gadis Manis adalah 3 meter dengan tujuan memudahkan perawatan, sedangkan sepasang bedengan dibuat jaraknya 30 cm sebagai saluran air.

Alur tanam yang sudah dibuat selanjutnya dibiarkan selama 3 hari (kecuali di musim hujan) agar terpapar sinar matahari dan dapat mematikan bakteri dan jamur patogen dalam tanah. Bersihkan alur tanam dari gulma dan bebatuan sehingga setelah bersih siap diberi pupuk.

Pemberian Pupuk Dasar Semangka Inul Gadis Manis

Pupuk dasar merupakan penyuplai utama nutrisi tanaman semangka selama ditanam di bedengan. Pupuk dasar yang ideal untuk budidaya semangka Gadis Manis yaitu campuran antara pupuk organik ( pupuk kandang, kompos, butiran organik ) dengan pupuk kimia ( TSP, Urea, NPK, ZA ).

Berikut cara aplikasi pupuk dasar yang baik dan benar dalam menanam semangka Gadis Manis :

  1. Mengecek kadar pH tanah menggunakan pHmeter, bila dibawah 5.5 artinya tanah cenderung asam sehingga untuk menormalkan perlu diberi Dolomit terlebih dahulu.

  2. Menyiapkan pupuk kandang ( dari kotoran kambing, ayam atau sapi ) lalu pupuk kandang disiram EM4 kemudian ditutup terpal dan dibiarkan selama 1 minggu.

  3. Setelah 1 minggu, pupuk kandang ditaburkan pada alur tanam di lahan yang mau di tanami semangka Gadis Manis.

  4. Taburkan pupuk kimia, terdapat 2 cara yang dapat dipilih, menggunakan pupuk NPK saja atau campuran TSP+ZA/Urea dengan perbandingan 2 : 1.

  5. Taburkan insektisida tabur dalam pupuk kimia tadi dan diratakan dalam alur tanam menggunakan cangkul. dan ditutup dengan tanah.

  6. Buat bedengan untuk penanaman Semangka Gadis Manis yang miring ke arah atas agar air tidak menggenang dan dapat mengalir saat penyiraman.

  7. Selanjutnya bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak untuk mengendalikan pertumbuhan gulma.

  8. Siram bedengan agar pupuk cepat terurai.  Sambil menunggu terurainya pupuk, maka langkah selanjutnya menyiapkan bibit semangka inul Gadis Manis.

Menyiapkan Bibit Semangka Inul Gadis Manis
  1. Pembibitan Semangka Gadis manis menggunakan polybag, menyiapkan tanah humus sebagai media tanamnya.

  2. Tanah umtuk pembibitan semangka Gadis Manis F1 diayak dahulu lalu dimasukkan dalam polybag. Lalu ditata dalam box.

  3. Menggunakan benih semangka unggulan, lalu benih direndam dalam air dingin semalaman hingga semua benih tenggelam.

  4. Setelah direndam, benih semangka Gadis Manis dibungkus dalam kain basah selama 12 jam hingga muncul kecambah.

  5. Media tanam semangka Gadis Manis  disiram air agar benih dapat ditanam sampai kedalaman 3 cm. Tutup benih dengan tanah.

  6. Bibit semangka Gadis manis  akan tumbuh dalam 2 hari, hindari paparan sinar matahari untuk mengurangi penguapan.

Setelah 5 – 7 hari bibit semangka Gadis Manis yang telah keluar daun sudah dapat ditanam di lahan tetap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *