PUPUK KANDANG, JENIS DAN MANFAATNYA BAGI TANAMAN

Beri Penilaian

PUPUK KANDANG PUPUK KAYA MANFAAT

Kelebihan dan Manfaat Penggunaan Pupuk Kandang

Manfaat pupuk kandang/organik yang petani rasakan adalah meningkatnya produktivitas lahan pertanian. Dengan meningkatnya kadar kandungan bahan organik dan unsur hara dalam tanah, maka dengan sendirinya akan memperbaiki sifat kimia dan bologi tanah atau lahan pertanian.

Selain itu, penggunaan pupuk organik memudahkan pengolahan lahan karena kondisi tanah semakin baik. Manfaat dan kelebihan pupuk kandang yaitu:

  1. Harganya murah dan mudah membuatnya sendiri.
  2. Mengandung unsur mikro yang lebih lengkap banding pupuk anorganik.
  3. Dapat memberikan kehidupan mikroorganisme tanah.
  4. Mampu berperan memobilisasi atau menjembatani hara yang sudah ada pada tanah sehingga membentuk partikel ion yang akar tanaman mudah menyerapnya.
  5. Berperan dalam pelepasan hara tanah secara perlahan dan kontinu sehingga membantu dan mencegah terjadinya ledakan suplai hara yang dapat membuat tanaman menjadi keracunan.
  6. Menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah pada akar tanaman
  7. Meningkatkan struktur tanah dalam arti komposisi partikel yang berada dalam tanah lebih stabil dan cenderung meningkat karena struktur tanah sangat berperan dalam pergerakan air dan partikel udara dalam tanah, aktifitas mikroorganisme menguntungkan, pertumbuhan akar, dan kecambah biji.
  8. Membantu mencegah terjadinya erosi lapisan atas tanah yang merupakan lapisan mengandung banyak hara.
  9. Menjaga tingkat kesuburan tanah yang sudah dalam keadaaan berlebihan pemupukan dengan pupuk anorganik/kimia dalam tanah.
  10. Tanaman tidak mudah terserang penyakit dan lebih sehat.
  11. Tanaman yang menggunakan pupuk organik lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya alaminya lebih lengkap.

Kebutuhan unsur hara pada masing-masing tanaman berbeda. Hal tersebut tergantung pada kebutuhan jenis/macam unsur hara, perbedaan karakter tanaman dan unsur hara. Dengan memanfaatkan kotoran hewan yang kemudian mengolahnya menjadi pupuk tanah akan mendapat unsur hara.

Kotoran hewan yang dapat kita jadikan sebagai pupuk kandang antara lainnya adalah kotoran hewan sapi, kambing dan ayam. Pupuk kandang ini memiliki banyak kelebihan dan keunggulan salah satunya dapat meningkatkan produktivitas lahan pertanian sehingga mendapat hasil budidaya yang maksimal sesuai dengan yang harapan.

LMGA AGRO TOKO ONLINE PERTANIAN TERBAIK DI INDONESIA

Demikianlah sekilas pembahasan dari kami tentang pupuk kandang, jenis, dan manfaatnya bagi tanaman. Semoga bermanfaat dan apabila ada yang kurang jelas silakan bisa berkonsultasi ke kami LMGA AGRO. 

LMGA AGRO menyediakan layanan konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura anda. Selain itu, Toko Pertanian Online LMGA AGRO menyediakan aneka benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau.

Toko Online LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO pada CP Bpk. Budi Telp. 082 141 747 141 atau SMS/WA 0812 5222 117.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *