MELON TAHAN VIRUS STR 11

BUDIDAYA MELON POTENSI UNTUNG TINGGI

Budidaya melon merupakan salah satu kegiatan usaha yang dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Mengingat melon sebagai buah-buahan hortikultura yang memiliki nilai ekonomis tinggi serta banyak peminatnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Rasa buah yang manis serta aroma yang khas menjadi daya tarik utama dari buah ini.  Potensi pasarnya pun juga sangat luas dan semua pasar buah dari tradisional hingga modern dapat menerimanya. Hal ini tentu saja akan memberikan peluang besar bagi petani untuk memulai bisnis melon.

Mulai banyaknya petani yang membudidayakan melon serta area tanam yang semakin luas membuat petani harus berpikir tepat dan waspada. Karena tingginya intensitas penanaman melon dapat memicu timbulnya hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman melon.

Hama dan penyakit sangat mudah menyebar apabila tidak segera menanganinya dengan cepat dan tepat terutama jika hal ini akibat dari serangan virus yaitu gemini virus. Serangan gemini virus selain menyerang tanaman melon juga dapat menyerang tanaman lain yang sefamili dengannya seperti semangka dan mentimun.

Faktor penyebab timbulnya virus ini seringkali akibat dari sistem drainase yang buruk, cuaca yang tak menentu, kelembaban yang tinggi, serta pemupukan yang tidak seimbang. Apabila tidak segera menanganinya, maka  serangan virus ini akan berdampak sangat merugikan bagi petani dan bisa saja petani akan gagal panen total.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *