PETUNJUK MENGGUNAKAN PESTISIDA SECARA BIJAK DAN BENAR

Pestisida, Campuran, Grosir, Agen, Dealer, Harga Murah, LMGA, AGRO, Dealer, Agen, DistributorPETUNJUK MENGGUNAKAN PESTISIDA SECARA BIJAK DAN BENAR. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Kita semua tahu bahwa saat ini aktivitas pertanian dalam Budidaya tanaman tidak akan pernah terlepas dari namanya bahan kimia yang bernama pestisida.(Rev.09-01-2021)

Jenis Pestisida

Pestisida yang petani gunakan saat ini secara umum terbagi menjadi golongan : Insektisida, Fungisida, Herbisida, Rodentisida, Akarisida, Avisida.

Masih sering kita jumpai penggunaan pestisida kimia ini penggunaannya dengan tidak tepat dan terkesan tidak bijak, baik bagi penggunanya sendiri atau dengan lingkungan kita.

Meskipun kita sebagai petani sudah akrab dengan produk kimia yang bernama Pestisida dan hampir setiap hari kita menggunakan pada tanaman pertanian kita.

Kesalahan dan penggunaan yang tidak tergunakan secara bijaksana dan benar akan membawa efek negatif yang sangat merugikan pihak aplikator dan lingkungan.

Kesalahan dan kurang bijaksana dalam penggunaan pestisida tersebut sebenarnya bukan karena kurang pengetahuan, terkadang kita sengaja mengabaikan aturan dan membuat aturan sendiri.

Pestisida kimia sampai saat ini masih kita anggap sebagai obat dewa dan menjadi satu-satunya solusi mengatasi hama dan penyakit tanaman.

Anggapan yang petani kita miliki tentang pestisida tersebut memang tidak salah, karena pengetahuan dan edukasi pestisida nabati masih kurang. Lagipula pestisida nabati belum mampu memberikan solusi 100% untuk menggantikan pestisida kimia.

Gunakan Pestisida Secara Efektif Efisien

Penggunaan pestisida kimia seharusnya melakukannya secara Efisien dan Efektif, agar biaya produksi dan tingkat pencemaran dapat kita tekan. Dan Penggunaan pestisida kimia yang tidak tepat selain menambah biaya juga berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

Penggunaan pestisida kimia yang berlebihan atau mengurangi dosis yang anjuran yang biasanya tertulis dalam kemasan jual pestisida, mengakibatkan efek resistensi hama dan penyakit terhadap bahan aktif pestisida.

Oleh karena itu pengalaman dan tranfer pengetahuan tentang penggunaan pestisida kimia perlu pembelajaran dan proses sosialisasi ke seluruh petani.

Hal – hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan Pestisida

Beberapa hal utama yang perlu kita ketahui saat menggunakan pestisida antara lain :

1. KENALI JENIS HAMA DAN PENYAKIT YANG MENYERANG

Diagnosa hama dan penyakit perlu kita lakukan sebelum kita memutuskan untuk membeli bahan kimia yang akan nantinya dipergunakan untuk budidaya.

Hal ini perlu melakukannya untuk menentukan jenis dan bahan aktif pestisida kimia. Alasannya adalah masing-masing jenis hama dan penyakit mempunyai karakteristik dan cara penanganan yang berbeda.

Penulis dan team dari LMGA AGRO selalu menganjurkan untuk menggunakan pestisida yang mempunyai Spektrum khusus (sempit), artinya pestisida dengan hama sasaran sempit dan tepat sasaran.

Pestisida berspektrum sempit memiliki efektifitas lebih tinggi bila membandingkannya dengan pestisida yang banyak hama sasaran (berspektrum luas).

Selain itu pestisida dengan spektrum yang sempit akan menyebabkan hewan lain yang menguntungkan dan bisa bersimbiosis mutualisme tidak mati terkena semprotan pestisida kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *