CARA SEMAI BENIH PEPAYA YANG BAIK DAN BENAR

  • Persiapan alat dan bahan yang berupa Air hangat Kuku, Kertas Merang (Buram), Lampu 5 Watt, Bekas Kardus Aqua 1.5 Liter, Handuk (Kain Kecil), Sprayer 1 Liter, Formula LMGA AGRO 1 botol , Papan Nampan (Plastik ), Gelas 250 CC serta benih pepaya Red Lady atau Orange Lady 1 Sachet.
  • Siapkan gelas Aqua ukuran 250 Cc yang sudah terisi dengan air hangat kuku (50 Derajat Celcius) sebanyak 150 Cc, kemudian larutkan FORMULA LMGA AGRO sebanyak 30 Tetes (tanpa kita tekan).
  • Buka benih Pepaya Red Lady atau Orange Lady dari kemasan dan cek dahulu dalam rendaman air, ambil benih yang tenggelam (Buang benih yang melayang dan mengapung). Kemudian rendam dalam gelas air hangat yang sudah kita beri larutan FORMULA LMGA AGRO.
    Lakukan Perendaman selama 48 jam, kemudian tiriskan benih pepaya Red Lady dan Orange Lady.

Penyemaian Bibit Pepaya

  • Ambil nampan Plastik, Kertas Merang (Kertas Buram), kain Handuk dan Sprayer. Isi Sprayer 1 Liter dengan air volume 750 CC kemudian beri Larutan FORMULA LMGA AGRO 15 tetes (Tanpa menekannya).
  • Basahi Kertas Merang (Kertas Buram) dan Handuk dengan Sprayer sampai rata, kemudian tata dan bungkus benih yang sudah kita rendam semalam dengan kertas merang dalam bentuk persegi empat, kemudian bungkus lagi dengan handuk basah.
  • Letakkan benih Pepaya Red Lady dan Orange Lady yang sudah terbungkus dengan Kertas merang dan Handuk basah dalam nampan plastik.
  • Masukkan nampan plastik yang ada benihnya ke dalam kardus Aqua 1.5 Liter kemudian beri lampu 5 Watt, dengan cara menggantung 35 – 40 Cm dari permukaan dasar kardus Aqua.
  • Biarkan benih pepaya Red Lady dan Orange Lady dalam kardus selama 7–8 hari (sampai benih pecah), tetap kita jaga agar handuk dan kertas merang tetap basah dengan cara menyemprot dengan sprayer apabila terlihat kering 1 hari sekali.
  • Apabila benih sudah tumbuh (pecah) dan berkecambah dengan adanya tanda radikula akar yang berwarna putih, maka langsung pindahkan benih ke media semai yang sudah kita siapkan. 

3. MEDIA SEMAI BIBIT PEPAYA YANG BAIK DAN BENAR

Setelah berhasil menyemai dan menumbuhkan benih pepaya Red Lady dan Orange Lady dalam persentase yang tinggi, maka tugas kita selanjutnya adalah memindahkan benih yang sudah pecah dan mulai tumbuh ke dalam media semai yang sudah kita taruh dalam Polybag.

Gunakan polybag untuk semai Benih pepaya berupa Polybag hitam yang berukuran tinggi 15 Cm dengan Lingkar Polybag 18 Cm. Media semai yang kita gunakan adalah campuran tanah top soil 2 bagian, campur dengan Pupuk Bokashi 2 bagian yang sudah teraduk rata.

Pelihara bibit pepaya sampai mempunyai 5 daun sempurna (siap pindah tanam) ke lahan yang sudah kita siapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *