SAWI FLAMINGO ANDALAN PETANI DAN PEDAGANG DONGKRAK PASAR

Manfaat Sawi Sendok / Sawi Daging

Beberapa manfaat serta kandungan dari Sawi Daging adalah :

Kandungan Nutrisi sawi adalah sebagai berikut dalam 100 Gram ( Food Weight ). Kandungan dari sawi 100 Gram adalah untuk energi sawi hijau 20 kkal, jumlah Protein 1.7 gr, lemak 0.5 gr, karbohidrat 3.4 gr,  kalsium 123 mg, zat besi 1.9 mg,  vitamin A 0 UI, vitamin B1 0.04 mg, vitamin C 3 mg. 

Setelah melakukan penelitian dan kajian terhadap sawi kita memperoleh beberapa manfaat nya, sebagai berikut :

  1. Sawi mengandung serat pangan yang tubuh butuhkan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan gula darah. Serat berfungsi sebagai pengikat asam empedu (dari kolesterol) dan pengeluarannya bersama tinja. Semakin banyak anda mengkonsumsi serat, semakin berkurang kadar asam empedu dan lemak dalam tubuh. Fungsi ini tentunya akan langsung berimbas pada penurunan kadar kolesterol.
  2. Semangkok kecil sawi cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian tubuh. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kornea mata agar tetap sehat.
  3. Sawi ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sama dengan jeruk. Vitamin C berperan penting dalam proses penyembuhan luka (antibiotik) serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan infeksi.
  4. Vitamin E dapat berfungsi sebagai antioksidan. Kebutuhan harian tubuh akan vitamin E adalah 12mg per hari. Kandungan vitamin E dalam sawi akan membantuk mencegah penuaan dini. Bersama-sama dengan vitamin C dan betakaroten, vitamin E ini sangat penting untuk mencegah penumpukan kolesterol LDL serta penyakit jantung.
  5. Dalam tubuh, vitamin K membantu proses pembekuan darah (vitamin koagulasi). Vitamin ini juga menjaga kesehatan tulang dari osteoporosis, mencegah alzheimer dan membantu mengendalikan kadar gula darah. Vitamin K juga penting seorang penderita kanker, karena vitamin dapat bekerja sebagai “racun” bagi sel-sel kanker tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang sehat.
  6. Kekurangan asam folat pada anak-anak dan orang dewasa dapat memicu terjadinya mutasi sel menjadi sel kanker. Pada ibu hamil, butuh asam folat untuk mencegah terjadinya anemia.

Potensi Budidaya Sawi Yang Kaya Manfaat

Melihat dari fungsi sawi yang sangat kaya akan manfaat serta sangat mudah mendapatkannya serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, maka tidaklah mengherankan apabila permintaan sayuran sawi demikian meningkat tajam pada masyarakat. 

Benih, Bibit, Sawi, Daging, Sendok, Tanaman, Budidaya, Harga Murah, LMGA AGRO, Grosir, Eceran, Toko On line, Toko PertanianPeningkatan ini tentunya harus terimbangi dengan luas penanaman dan kebutuhan benih yang berkualitas pada Masyarakat. Sehingga nantinya bisa membantu taraf hidup petani untuk kedepannya.  

Petani sebagai penyedia dasar dari produksi sawi ini tentunya tertuntut untuk menanam benih dan membudidaya sawi yang baik dan berkualitas. Dan juga bisa sesuai dengan kehendak permintaan pasar dan konsumen.

Penggunaan benih yang sesuai dengan Trend pasar dan permintaan Cutomer tentunya akan meningkatkan daya saing petani dalam menjual panen hasil tanamnya.

Saat ini benih tanaman sawi unggul dan hibrida yang beredar pada pasaran wilayah Indonesia sebenarnya cukup banyak, serta terproduksi oleh perusahaan besar. Beberapa benih sawi yang saat ini banyak kita temui pada pasaran antara lain adalah :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *