BUAH MELON JEPANG ORANGE DAINTY MAKIN DI BURU PETANI

dainty, melon, buah melon, melon daintyBUAH MELON JEPANG ORANGE DAINTY MAKIN DI BURU PETANI. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Tanaman melon memang saat ini menjanjikan keuntungan yang besar dan luar biasa bagi siapa saja yang bisa menangkap peluang ini.

Permintaan pasar dari buah melon ini seiring tingkat pemahaman masyarakat kita akan pentingnya menjaga kesehatan dengan konsumsi buah semakin tinggi. Dukungan pemerintah untuk melindungi petani dengan cara mengurangi Kran buah Import dari luar negeri menyebabkan gairah petani Indonesia untuk Budidaya Tanaman menjadi meningkat tajam.

Kita bisa melihat kalau di tahun 2009 – 2012 buah Import ( seperti Apel Fuji, Kiwi, Anggur DLL ) mendominasi pasar. Baik supermarket maupun stand tepi jalan. Maka setelah di tahun 2013 – 2014 buah – buah Import tersebut banyak berkurang dan jarang di jumpai. Stand – stand buah banyak didominasi oleh buah Lokal yang mempunyai rasa yang enak dan jauh lebih menyehatkan. 

Begitu pula buah melon, kalau kita lihat di Stand buah banyak terjadi pergeseran. Dari buah bernet dengan warna daging kehijauan, sekarang sedikit banyak mulai bergeser ke arah buah melon dengan ada Netnya.

Namun daging buah melon dalamnya berwarna Merah dan Orange. Atau yang baru mulai banyak mengisi pasar saat ini adalah melon dengan kulit Halus. Yang berwarna kuning dengan daging berwarna kuning kehijauan dan daging berwarna merah.

Pergeseran Trend Buah Melon

Pergeseran dari Trend buah melon yang ada di pasar tidak lepas dari Variant buah melon dengan daging berwarna merah ( Red ) Orange. Dan melon dengan kulit Kuning mempunyai Nilai jual lebih tinggi dibanding melon lama bernet dengan daging buah Hijau kekuningan.

Sebagai Ilustrasi saja di lahan petani ( Harga petani ) di sentra produksi melon saat ini untuk melon bernet dengan daging Hijau kekuningan ( Seperti Melon Varietas ACTION 434, F1 Leader ) harga cuma Rp. 3.500 Kg. Sedangkan untuk buah bernet dengan daging Merah ( Orange ) seperti Melon Sakata Glamour, Red Aroma dan Melon F1 DAINTY harga melonnya laku Rp, 10.000 / Kg. Sedangkan untuk jenis melon dengan kulit kuning seperti melon Apollo di tingkat petani laku Rp. 18.000 / Kg ( Harga Valid dari pasar Induk per 21 Januari 2015 ).

Benih Rock Melon Yang Ada di Pasaran

Beberape Melon jenis Rock Melon yang berdaging orange dan berdaging merah  dan melon dengan kulit kuning yang ada di pasaran, antara lain adalah : Perusahaan benih Known You Seed Taiwan mengeluarkan benih F1 Red Aroma, Melon Orange F1 Dainty, Melon Kuning F1 Apollo, Melon kuning F1 Golden Langkawi, Melon kuning F1 Luna, PT.East West Seed ( Cap Panah Merah ) mengeluarkan melon orange F1 Uranus, Melon F1 Orange Meta, Melon Orange F1 Sunrice Meta, PT. Bisi International ( Cap Kapal Terbang ) mengeluarkan benih melon orange F1 New Sonya, Melon Kuning F1 Melindo, Sakata Seed Jepang mengeluarkan F1 Gordes, Primasid mengeluarkan benih melon merah F1 Sunny Red, PT. Tunas Seed mengeluarkan melon orange F1 Elegant.

Penulis berkeyakinan bahwa dalam kurun waktu 5 tahun ini pergeseran pola konsumsi konsumen masyarakat kita akan terjadi dari melon ( baik berupa melon segar, Jus Melon, Es Buah Melon ).

Sampai dengan melon yang di buat dengan Sachet ( Serbuk ) dan trend pasar akan terjadi dari melon bernet dengan daging hijau ke kuningan akan bergeser ke melon daging merah ( Orange ) dan melon  kulit kuning dengan daging merah dan kuning ke hijauan.

Memang saat ini melon dengan Kulit Kuning yang merajai pasar adalah Melon F1 APOLLO. Melon ini di produksi oleh perusahaan Known You Seed Taiwan. Sedangkan untuk melon dengan daging merah lebih bervariasi yaitu di isi oleh melon Hibrida : Produk dari Known You Seed yaitu Red Aroma dan DAINTY. Sedangkan dari Sakata Seed Jepang ada Melon Hibrida SAKATA  GLAMOUR dan melon Merah dari Primasid yaitu Sunny Red.

Pada kesempatan ini saya akan membahas sedikit tentang buah melon merah yang saat ini banyak di Budidayakan oleh petani. Melon ini sudah di tanam berdampingan langsung dengan melon orange Glamour dari Sakata Seed Jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *