BUDIDAYA TANAMAN BENGKUANG YANG BAIK DAN BENAR

Benih, Bibit, Unggul, Tanaman, Budidaya, Petani, Bengkuang, Harga murah, LMGA AGRO, Toko Online, Pertanian
BENGKUANG SIAP DI JUAL

TANAMAN BENGKUANG DAN BUDIDAYANYA YANG BAIK DAN BENAR . 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. (Rev.14-11-2020)

Bengkuang, siapa yang tidak kenal buah ini, buah yang selalu digunakan dalam menu rujak manis, rujak cingur sampai untuk bahan kecantikan dikenal adanya Masker Bengkuang ini begitu terkenal di Indonesia.

Budidaya tanaman bengkuang saat ini belum banyak tanam dan budidaya secara produktif. Hal ini karena nilai jual dari Bengkuang tersebut yang masih rendah dan waktu panennya yang relatif lama. 

Kita tidak perlu untuk meragukan lagi mengenai Manfaat dan Khasiat  dari buah bengkuang  untuk kesehatan manusia. Baik dengan jalan mengonsumsinya ataupun menggunakannya sebagai bahan obat.

Bengkuang adalah tanaman buah family Papilenaceae, berupa herba lelilit, memanjat dan membelit kekiri. Tinggi tanaman 5–6 meter, akar tunggang, umbi berdiameter antara 5–30 cm, kulit coklat muda, gading buah putih, batang berbulu.

Untuk daunnya trifoliate, letak daun bergantian, beracun, anak daun berbentuk bulat telur, bunga putih atau ungu, polong 8–14 cm, panjangnya berbentuk pipih. Biji berjumlah antara 4–12 buah, berwarna coklat, berdiameter lebih kurang 1 cm dan beracun. Umbi bengkuang dimakan mentah, berair dan manis.

Manfaat Bengkuang 
Manfaat, Bengkuang, Kecantikan,Kesehatan, Wajah, Wanita, Masker,Wajah,Bedak, Manfaat, Khasiat, Harga Murah, LMGA AGRO
BENGKUANG UNTUK KOSMETIK

Kulit umbinya tipis berwarna kuning pucat dan bagian dalamnya berwarna putih dengan cairan segar agak manis. Umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium.

Umbi ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin (bukan insulin!), yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Sifat ini berguna bagi penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.

Umbi bengkuang biasa dijual orang untuk dijadikan bahan rujak, asinan, manisan, atau dicampurkan dalam masakan tradisional seperti tekwan.

Umbi bengkuang sebaiknya disimpan pada tempat kering bersuhu 12 °C hingga 16 °C. Suhu lebih rendah mengakibatkan kerusakan. Penyimpanan yang baik dapat membuat umbi bertahan hingga 2 bulan.

Polong yang muda dan tandan bunga

Walaupun umbinya dapat kita makan, bagian bengkuang yang lain sangat beracun karena mengandung rotenon, sama seperti tuba. Untuk membunuh serangga atau menangkap ikan sering memakai racun ini, terutama mengambil dari biji-bijinya.

Meski beracun, kita dapat menjadikan biji bengkuang sebagai bahan obat. Untuk menyembuhkan sejenis kudis dapat menggunakan biji bengkuang yang kita tumbuk dan campur dengan belerang. Sementara, pada daerah Jawa Tengah, sebagai obat urus-urus dapat menggunakan setengah butir biji bengkuang. 

Cara mengatasi keracunan biji bengkuang biasanya dengan meminum air kelapa hijau. Penggunaan bengkuang konon dapat untuk mempelancar buang air besar karena ia mengandung serat yang lebih tinggi dari pada mangga.

Cara Budidaya Tanaman Bengkuang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *