SENYUM CERAH PETANI KOL BUNGA DI KEDIRI BERSAMA ORIENT

Beri Penilaian
SENYUM CERAH PETANI KOL BUNGA DI KEDIRI BERSAMA ORIENT

petani, petani kol bunga

Bercocok tanam kol bunga di musim penghujan memang acapkali dinilai lebih sulit dibandingkan saat musim kering. Namun dengan menggunakan varietas yang secara genetik tangguh di segala musim, seperti bunga kol hibrida dataran rendah Orient, kerisauan itu bisa lebih mudah mengatasinya dan senyum petani pun akan tetap merekah meskipun berada pada musim yang dinilai sulit tersebut.(Rev.21-10-2020)

Bagi petani sayuran di kawasan Papar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, bercocok tanam bunga kol di musim penghujan sekarang ini bukanlah hal yang dirasa sulit lagi. Pasalnya, sebagian besar dari mereka telah menemukan varietas yang tepat untuk pengembangan pada segala musim. Baik itu saat hujan ataupun kemarau.

Alhasil, mereka merasa seperti tidak ada bedanya antara bercocok tanam bunga kol pada waktu hujan dengan pada waktu kemarau. “Paling yang beda ya hanya penyakitnya lebih banyak. Tapi dengan varietas yang tahan pada saat hujan, masalah itu bisa teratasi dengan lebih gampang. Selain itu, kalau pas penghujan kan harga jualnya biasanya lebih tinggi dibandingkan saat kemarau, karena pasokan dari petani ke pasar cenderung kurang,” kata Edi Sujono, petani sekaligus pemilik pembibitan sayuran di Desa Ngampel, Kecamatan Papar, Kediri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!