SENYUM CERAH PETANI KOL BUNGA DI KEDIRI BERSAMA ORIENT

ORIENT Benih Bunga Kol Unggul Pilihan Petani Pada Musim Hujan

kol

Jaminan hasil yang tetap optimal pada musim basah dan harga jual yang lebih tinggi itulah yang membuat petani bunga kol  wilayah Papar semakin menyukai usaha tani ini. Menurut Edi, ‘kecintaan’ para petani itu semakin besar saat mereka mulai mengenal salah satu varietas bunga kol hibrida baru bernama Orient.

Varietas bunga kol produksi PT BISI International, Tbk. itu ternilai lebih ‘bandel’ pada segala musim, terutama saat musim hujan. Edi mengatakan, bunga kol Orient lebih tahan dari serangan penyakit yang kerap menyapa pada musim hujan. Misalnya, serangan bercak daun dan busuk lunak.

“Tanamannya bagus, dan memang lebih tangguh pada musim hujan. Pertumbuhannya tetap normal, daunnya subur nggak ada bercak. Yang penting lagi, meskipun pada musim hujan, bunganya tetap bagus, putih mulus, nggak ada trothol-trotholnya (bercak-bercak cokelat),” ungkap Edi.

Hal yang sama juga Jamiatun sampaikan, petani sayuran yang juga tetangga Edi. Dari pengalamannya menanam bunga kol, baru sekarang inilah ia mengaku puas dengan hasil yang ia peroleh. Berkat menanam Orient-lah ia bisa mendapatkan hasil yang optimal meskipun pada musim yang basah.

“Memang sae tandurane (bagus tanamannya-red.), kuat saat hujan. Kalau jenis lain yang dulu saya pernah tanam itu kurang kuat kalau kena hujan. Orient ini buahe tetep apik tur subur daune (buahnya tetap bagus dan subur daunnya-red.),” ujar Jamiatun yang saat Adi Tani menemuinya, baru saja memetik hasil panen Orient dari lahannya.

Sementara itu, Joko Sumarwan, petani asal Desa Pati, Kecamatan Papar juga turut senang dengan hasil yang Joko dapatkan dari bercocok tanam Orient. Dari 4.200 tanaman yang tertanam saat musim penghujan, ia mampu mendapatkan hasil hingga 1,8 ton bunga kol segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *