BUDIDAYA TANAMAN TIMUN YANG BAIK DAN BENAR

timun,tanaman,hasil budidaya, lmga agro
HASIL BUDIDAYA TIMUN

BUDIDAYA TANAMAN TIMUN YANG BAIK DAN BENAR. 08125222117 WA/SMS LMGA AGRO. Timun (Cucumis sativus L.) adalah tanaman sayuran yang banyak mafaat dan  kegunaannya antara lain sebagai bahan makanan ( diolah sebagai Acar Timun, Es Timun ), bahan obat-obatan dan bahan kosmetika.(Rev:9-10-2020)

Budidaya tanaman timun memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai bahan makanan. Timun mengandung zat gizi antara lain kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin, B2, vitamin C, serat, niacin dan air.

Timun bukanlah tanaman asli Indonesia, tetapi tanaman yang berasal dari daerah subtropis. Pada mulanya tanaman timun tumbuh liar pada lereng gunung Himalaya dan sebagian terdapat pada Afrika. Timun menyebar ke negara-negara Asia dan kini telah menyebar ke seluruh dunia.

Timun adalah tanaman sayuran buah semusim atau berumur pendek seperti terong, labu dan tomat. Dan tanaman ini tumbuh menjalar, berbentuk semak atau perdu hingga bisa mencapai tinggi 2 meter.

Akar berbentuk tunggang dan berair, batang lunak dan berair, daun berbentuk bulat dengan ujung daun runcing berganda, berbulu halus dan tulang daun menjari.

Bunga terdiri dari bunga jantan dan betina dengan perbandingan jumlah yang relatif sama. Buah panjang silindris dengan bentuk beragam tergantung varietasnya.

Saat ini jenis varietas timun yang ada pada pasaran dan sudah banyak petani Indonesia tanam antara lainnya adalah : Timun F1 Harmony, F1 Hercules, F1 Monza, F1 Magic, F1 Bandana, F1 Mercy,  F1 Galaxy, Mikro 203, F1 Roman, Asian Star, Phuket, Ninja, Titan, Hijau Roket, Putih Roket, F1 Si Putih untuk jenis timun yang sudah tahan Virus antara lain Timun F1 Harmony Plus, F1 Metavy, F1 Bhakti, F1 Tirta, F1 Zatavy, F1 Monas, F1 Manggala, F1 Pesona 20, F1 Warrior, F1 Harmony Plus, F1 Hercules Plus.

Agroklimat (tanah dan iklim)

Faktor penting dalam setiap penanaman adalah Agroklimat (tanah dan iklim). Lokasi yang cocok untuk budidaya tanaman timun adalah di tempat dengan ketinggian 200 – 800 m dpl (dari permukaan laut) dan masih toleran sampai 1.000 m dpl atau kurang dari 200 m dpl.

Ketinggian tempat ini sangat terkait dengan iklim setempat. Jenis tanah yang cocok adalah regosol dan latosol yaitu lempung ringan berdrainase baik. Selain itu juga tanah yang gembur, banyak mengandung bahan organik dengan solum (kedalaman tanah) dalam. pH tanah 5,5 – 7,5.

Iklim yang cocok adalah suhu udara 20 – 32 derajat C, kelembaban udara 50% – 85%, curah hujan 200 – 400 mm/bulan, cahaya matahari 350 – 400 cal/mm2 setiap hari.

2 Comments on “BUDIDAYA TANAMAN TIMUN YANG BAIK DAN BENAR”

    1. Sarana produksi dari Timun bisa Berupa Pupuk, Mulsa,Obat untuk tanaman, ZPT, Tali Salaran DLL.Untuk lebijh jelasnya Ibu Lyca bisa menghubungi bapak BUDI HP : 082 141 747 141. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *