BUDIDAYA TANAMAN TIMUN YANG BAIK DAN BENAR

Lakukan pengendalian Lalat Buah dengan menggunakan BA. Metamidofos (META ) atau Raydent dengan sekaligus bareng dengan pemasangan perangkap Lalat Buah ( YELLOW TRAP ).

6. KUTU DAUN (Aphis gossypii Clover)
Merupakan hewan Kutu yang berukuran 1-2 mm, berwarna kuning atau kuning kemerahan atau hijau gelap sampai hitam. Gejala serangannya yaitu dengan menyerang pucuk tanaman sehingga daun keriput, kerititing dan menggulung.
Kutu ini juga sebagai penyebar virus. Pengendalian penyakit oleh kutu ini bisa menggunakan SAMITE 135 EC + PROMECTIN 60 EC 
timun,tanaman, virus, tahan virus, LMGA AGRO, toko online,dealer,agen7. VIRUS 
Jenis virus yang menyebabkan penyakit adalah Cucumber Mosaic Virus (CMV), Potato virus mosaic (PVM), Tobacco Etch Virus (TEV), tomato Bushy Stunt Virus (TBSV).
Sedangkan serangga yang menjadi vektornya adalah kutu daun Myzus persicae Sulz dan Aphis gossypii Glov.
Gejala penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu daun menjadi belang hijau tua dan hijau muda, daun berkerut, tepi daun menggulung, tanaman kerdil.
Untuk pengendaliannya bisa dengan mengendalikan serangga vektor menggunakan  Winder 100 EC + Samite 135 EC + Promectin 60 EC. Atau dengan mengurangi kerusakan mekanis seperti mencabut tanaman sakit dan rotasi dengan famili yang bukan Cucurbitaceae.
8. KUDIS (Scab)
Penyebab kudis adalah cendawan Cladosporium cucumerinum Ell.et Arth. Terjadi pada buah mentimun muda. Gejalanya dengan  adanya bercak basah yang mengeluarkan cairan, yang jika mengering akan seperti karet. Dan bila menyerang buah tua, terbentuk kudis yang bergabus.