BUDIDAYA TANAMAN TERONG YANG BAIK DAN BENAR

PENGENDALIAN HAMA PENYAKIT

4. Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon Hufn.)
Ulat Tanah bersifat polifag yaitu aktif pada senja atau malam hari dan menyerang dengan cara memotong titik tumbuh tanaman yang masih muda, sehingga terkulai dan roboh.
Cara pengendalian serangannya yaitu dengan mengumpulkannya dan memusnahkan ulat tanah tersebut,  kemudian lakukan pencegahan dengan menyiram atau menyemprotkan CYPERMAX atau STOPPER.

5.Ulat Grayak (Spodoptera litura, F.)
Ulat Grayak bersifat polifag yang ciri-ciri serangannya dengan cara merusak atau memakan daun hingga berlubang-lubang.
Cara pengendalian terhadap serangan Ulat Grayak yaitu dengan mengatur waktu tanam dan pergiliran tanaman, kemudian lakukan penyemprotan dengan STOPPER.

6.Ulat Buah ( Helicoverpa armigera Hubn.)
Ulat Buah bersifat polifag, ciri serangannya yaitu menyerang buah dengan cara menggigit dan melubanginya, sehingga bentuk buah menjadi tidak normal dan mudah terserang penyakit busuk buah.
Cara pengendalian dengan mengumpulkan dan memusnahkan buah yang terserang, kemudian lakukan pergiliran tanaman. Dan juga lakukan sanitasi kebun pada saat waktu tanam, selain itu lakukan pencegahan dengan menyemprotkan  CYPERMAX  atau STOPPER setiap 1-2 minggu sekali.

PENYAKIT

1. Layu Bakteri
Penyebab : bakteri Pseudomonas solanacearum, bisa hidup lama dalam tanah dan serangannya hebat pada temperatur cukup tinggi.
Gejala serangan yang nampak yaitu terjadi kelayuan seluruh tanaman secara mendadak untuk pencegahan dan pengobatan gunakan anti layu ARASHI 0.5 Gram / Liter air dengan aplikasi 200 CC / Tanaman dengan cara menyiramkan ke pangkal pohon.

arashi,budidaya tanaman,obat hama,pertanian2. Busuk Buah
Penyebab Busuk Buah yaitu  jamur Phytophthora sp., Phomopsis vexans, Phytium sp yang memiliki gejala serangan yang nampak seperti adanya bercak-bercak coklat kebasahan pada buah, sehingga buah busuk.

3. Bercak Daun
Penyebab Bercak Daun yaitu jamur Cercospora sp, Alternaria solani, Botrytis cinerea dengan gejala serangan yang nampak seperti bercak-bercak kelabu-kecoklatan atau hitam pada daun.

4. Antraknose
Penyebab Antraknose adalah  jamur Gloesporium melongena dengan gejala serangan yang nampak seperti bercak-bercak melekuk dan bulat pada buah, kemudian membesar berwarna coklat dengan titik-titik hitam.

5.Busuk Leher akar
Penyebab Busuk leher akar adalah Sclerotium rolfsii dengan gejala serangan yang nampak yaitu pada pangkal batang tanaman membusuk dan  menjadi berwarna coklat.

6.Rebah Semai
Penyebab Rebah Semai adalah Jamur Rhizoctonia solani dan Pythium spp. dengan gejala serangan yang nampak yaitu pada batang bibit muda tampak kebasah-basahan dan mengerut sehingga pada akhirnya tanaman roboh dan mati.

Cara pengendalian Penyakit :
Menanam varietas tanaman terong yang tahan jamur dengan mengatur jarak tanam dan pergiliran tanaman, selanjutnya perbaiki drainase serta atur kelembaban dengan jarak tanam agak lebar. Juga cabut dan buang tanaman sakit atau dengan merendam benih untuk pencegahan dan pengobatan gunakan anti layu ARASHI 0.5 Gram / Liter air dengan cara menyemprotkan saat tanaman umur 15 hari pada persemaian.

Catatan : Apabila ada yang kurang jelas bis Hubungi langsung Toko Online LMGA AGRO pada contack yang tersedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *