PELUANG PASAR SEMANGKA KUNING NON BIJI PRETTY ORCHID

semangka, non biji, daging kuning, buah bulat,lmga agrowww.lmgaagro.com–Peluang Pasar Semangka Kuning Non Biji Pretty Orchid. LMGA AGRO jual bibit semangka hibrida, hubungi CP. P.Budi Telp. 082141747141; SMS/WA:08125222117. Jual benih hortikultura, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian lainnya. Kami juga melayani konsultasi gratis seputar pertanian. Rev.30/09/2020.

Semangka Kuning, Salah Satu Varian Buah Semangka 

Semangka kuning merupakan salah satu jenis varian tanaman semangka yang ada saat ini. Penyebutannya semangka kuning karena daging buahnya berwarna kuning cerah, sehingga kelihatan eksotik.

Semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun pada daerah Afrika bagian selatanTanaman semangka (Citrullus lanatus) masih masuk dalam suku ketimun-ketimunan (Cucurbitaceae). 

Semangka kuning dan jenis semangka lainnya masih berkerabat dekat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat olahan minuman jus

Dari bagian biji pada tanaman semangka, kita juga masih bisa memanfaatkan dan mrengolah menjadi makanan. Biji  semangka  diolah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, kemudia disangrai dan diberi peras.  Akhirnya  dapat  dimakan   isinya  (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitat tanaman semangka ini merambat. Namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat dan jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daun tanaman semangka kuning sama seperti daun tanaman semangka jenis lainnya. Bentuknya berlekuk-lekuk pada tepinya dan memliki ruas jari pada masing-masing permukaan bagian yang lebar. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3 cm).

Budidaya Tanaman Semangka

Indonesai memiliki area lahan pertanian yang sangat luas dan terbuka untuk usaha dalam Bidang Pertanian. Tanah yang ada memiliki tingkat kesuburan dan sumber mata air yang bisa mendukung dalam Budidaya Pertanian.

Banyaknya Gunung berapi yang masih aktif juga turut mendukung, karena keluarnya abu dan material membuat tanahnya baik untuk pertanian. Sehingga secara tidak langsung mendukung usaha dalam bidang Pertanian. Tanah lebih kaya mineral dan nutrisi tanaman sehingga menjadi subur.

Salah satu Komoditi yang banyak berkembang dan dibudidayakan adalah Budidaya tanaman Semangka. Tren Budidaya Semangka ini semakin banyak yang minat seiring dengan serapan yang ada pada pasar. Dan jenis semangka yang semakin Variasi baik segi Warna, Bentuk maupun Ukuran Buahnya.

Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan. Berupa bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Mengenali Bunga banci dengan melihat dari adanya bakal buah (ovarium) pada bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat, hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya,  daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.

Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah. Tanaman Semangka sudah banyak di Budidayakan di Indonesia, baik yang jenisnya Berbiji maupun berjenis Non Biji.

Menanam  Semangka dulu hanya dikenal oleh petani semangka berbiji. Dan sekarang sudah banyak tipe Semangka Non Biji yang  juga ditanam dan diusahakan di Indonesia.

Perlakuan Budidaya Semangka ini sudah banyak dan merata pada wilayah Indonesia. Walaupun secara umum masih terdominasi oleh Budidaya Semangka jenis berbiji dengan berbagai  bentuknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *