Peluang Usaha Semangka Kuning Non Biji Pretty Orchid

Semangka Kuning, Favorit Peluang Agribisnis

Semangka kuning merupakan salah satu jenis varian tanaman semangka yang ada saat ini. Penyebutan semangka ini karena memiliki daging buah warna kuning cerah, sehingga kelihatan eksotik.

Semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun pada daerah Afrika bagian selatanTanaman semangka (Citrullus lanatus) masih masuk dalam suku ketimun-ketimunan (Cucurbitaceae). 

Semangka kuning dan jenis semangka lainnya masih berkerabat dekat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat olahan minuman jus

Dari bagian biji pada tanaman semangka, kita juga masih bisa memanfaatkan dan mengolah menjadi makanan. Biji  semangka  diolah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, kemudian kita sangrai dan diberi peras.  Akhirnya  dapat  dimakan   isinya  (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitat tanaman semangka ini merambat. Namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat dan jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daun tanaman semangka sama seperti daun tanaman semangka jenis lainnya. Bentuknya berlekuk-lekuk pada tepinya dan memiliki ruas jari pada masing-masing permukaan bagian yang lebar. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3 cm).

Baca Juga : Cara Menanam Semangka Dari Benih yang Baik

Budidaya Tanaman Semangka

Indonesia memiliki area lahan pertanian yang sangat luas dan terbuka untuk usaha dalam Bidang Pertanian. Tanah yang ada memiliki tingkat kesuburan dan sumber mata air yang bisa mendukung dalam Budidaya Pertanian.

Banyaknya Gunung berapi yang masih aktif juga turut mendukung, karena keluarnya abu dan material membuat tanahnya baik untuk pertanian. Sehingga secara tidak langsung mendukung usaha dalam bidang Pertanian. Tanah lebih kaya mineral dan nutrisi tanaman sehingga menjadi subur.

Salah satu Komoditi yang banyak berkembang dan petani budidaya adalah Budidaya tanaman Semangka.

Tren Budidaya Semangka ini semakin banyak yang minat seiring dengan serapan yang ada pada pasar. Dan jenis semangka yang semakin Variasi baik segi Warna, Bentuk maupun Ukuran Buahnya.

Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan. Berupa bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum).

Mengenali bunga banci dengan melihat dari adanya bakal buah (ovarium) pada bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat, hijau muda dengan larik – larik hijau tua. Tergantung kultivarnya,  daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.

Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah. Tanaman Semangka sudah banyak petani budidaya di Indonesia, baik yang jenisnya berbiji maupun berjenis Non Biji.

Menanam  Semangka dulu hanya terkenal pada petani semangka berbiji. Dan sekarang sudah banyak tipe Semangka Non Biji yang jadi peluang usaha petani Indonesia.

Perlakuan Budidaya Semangka ini sudah banyak dan merata pada wilayah Indonesia. Walaupun secara umum dominasi masi ada pada budidaya semangka jenis berbiji dengan berbagai  bentuknya.

Baca Juga : Penyakit Gemini Virus Pada Budidaya Tanaman Semangka

Varietas Semangka Kuning Unggulan Petani

Beberapa variasi semangka  berbiji yang ada sekarang  antara  lain : Semangka Bulat daging Merah dan Kuning.  Semangka Lonjong (Inul) daging merah dan kuning. 

Beberapa Varietas semangka Daging Kuning yang ada saat ini antara lain adalah :

Semangka Kuning Pretty Orchid F1, Semangka Mahesa F1, Semangka Kuning Primadona F1, Semangka Esteem F1. Semangka Aura Kuning F1, Semangka Kuning SF 5656 F1, Semangka Legyta F1, Semangka  Pataya F1, Passport dan sebagainya.

Sedangkan semangka non biji saat ini yang lagi tren adalah semangka dengan tipe daging merah dengan bentuk buah lonjong. Dan prediksi kami yang akan datang semangka non biji daging kuning atau semangka non biji.

Semangka Non Biji akan mengalami Tren permintaan dan penanaman oleh petani, baik yang bentuknya Lonjong maupun Bulat. Sebelum kita membahas permasalahan utama, kita perlu mengetahui beberapa manfaat dari Buah Semangka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *