Penyemaian Benih Sehat Aman Dari Damping Off

1. Persiapan Media Penyemaian benih
  • Pertama-tama, siapkan media pembenihan dari tanah yang gembur dan porus dan diayak.
  • Tidak perlu menambahkan pupuk kandang atau pupuk organik pada media, karena beresiko terkena penyakit rebah semai (Damping Off). Kecuali pupuk kandang yang benar-benar telah matang/jadi.
  • Selanjutnya, masukan media tanam ke dalam polybag semai ataupun menggunakan pot tray seed atau plastik polibag semai dengan ukuran 6 Cm x 8 Cm.
2. Penyiraman Media Penyemaian benih
  • Lakukan penyiraman terhadap media yang telah dimasukkan dalam polibag atau pot tray seed, penyiraman hendaknya dilakukan sampai benar-benar basah dan rata.
  • Buat lubang untuk memasukkan benih jangan terlalu dalam untuk tomat lubang sedalam 2-3 mm dengan menggunakan lidi. Untuk melon/semangka lubang lebih dalam disesuaikan dengan panjang akarbisa menggunakan pensil.

Baca Juga : Budidaya Tanaman : Cara Semai Benih Yang Benar

3. Proses Tanam Benih Pada Media Penyemaian benih
  • Pertama-tama masukkan benih dalam lubang, usahakan sisi atas benih sejajar dengan permukaan (benih tidak tenggelam jauh dalam lubang).
  • Untuk benih cabai/tomat/terung tidak usah dilakukan perendaman atau pemeraman Jadi dari kemasan langsung dimasukkan ke dalam lubang (kecuali untuk tujuan seed treatment mengatasi jamur).
  • Untuk melon dan semangka lakukan perendaman sekitar 1 jam dan setelah itu tiriskan dan lakukan pemeraman. Dan untuk pemeraman akan dijelaskan lebih lanjut.
  • Setelah semua benih dimasukkan segera tutup dengan tanah atau media yang lebih ringan misal campuran tanah dan abu jerami atau abu sekam, taburi tipis saja asal tertutup.
  • Lakukan penyiraman sekedarnya saja jangan terlalu banyak kalau perlu penyiraman dilakukan dengan pengabutan menggunakan knapsack/tangki semprot.
  • Penyiraman bisa dilakukan dengan menambahkan Fungisida dan Bakterisida anti Layu ARASHI konsentrasi 0.5 Gram/Liter untuk mencegah rebah semai atau (damping off), setelah itu jangan dilakukan penyiraman lagi sampai benih berkecambah.
  • Ulangi penyiraman Arashi saat penyemaian benih umur 15 hari (untuk benih cabai dan tomat) dengan dosis 0.5 Gram/Liter air.
  • Lakukan penutupan dengan mulsa hitam perak tepat diatasnya (menutup rata pada permukaan) dengan bagian warna perak di atas.
  • Penutupan ini fungsinya untuk memberi suasana hangat sekaligus agar tidak terjadi penguapan air berlebihan. Sehingga air yang kita siramkan bisa bertahan sampai benih tumbuh.
Tabel 1. Kondisi-Kondisi Lingkungan dan Kebiasaan Praktek yang Mempengaruhi Terjadinya Damping off di Kontainer Penyemaian benih Pohon.
KONDISI LINGKUNGAN BUDIDAYA PENGARUH PADA PENGEMBANGAN PENYAKIT
PENDORONG PEMBATAS

Kualitas Benih

Kecambah kotor atau terkontaminasi; lambat dan lemah.

Bersih dan steril dan perkecambahan yang vigor.

Media Pertumbuhan

Terkontaminan.
Tekstur yang baik.
Padat atau teguh (kompak).

Bebas kontaminan.
Ukuran partikel yang tercampur.
Porositas baik.

PH

Tinggi (>6.5).

Asam (4.5-6.0).

Kepadatan Pertumbuhan

Banyak pada satu tempat.

Satu benih per tempat/lubang.

Nutrisi

Nitrogen tinggi.

Pemupukan yang seimbang terutama untuk fosfor, potassium dan kalsium.

Irigasi

Teratur, pelaksanaan berat.

Teratur, pelaksanaan ringan.

Lingkungan Pertumbuhan

Kelembaban tinggi.
Cahaya rendah.
temperatur Ekstrem.

Kelembaban sedang.
Cahaya cukup.
temperatur ideal.

4. Pemasangan Sungkup Menggunakan Mulsa Plastik Pada Media Penyemaian benih

Mulsa, Metalizing, Harga Murah, LMGA AGRO, Dealer mulsa, Agen Mulsa, Harga murah

  • Pemberian sungkup lengkung pada bagian atasnya (seperti keranda) dengan tetap menggunakan mulsa hitam perak, dengan warna perak pada atas.
  • Tujuan pemberian sungkup adalah supaya sinar matahari tidak mengenai langsung mulsa penutup media semai. Tetapi media masih tetap terkena panas secara tidak langsung sehingga terasa hangat.
  • Biasanya setelah 5 hari untuk untuk cabai dan tomat dan 2-3 hari untuk melon/semangka sudah berkecambah.
  • Buka sungkup dan mulsa penutup permukaan media semai agar bisa mendapat sentuhan sinar matahari.
  • Kemudian sirami media semai dengan air tetapi jangan terlalu banyak, agar lubang semai bisa tertutup dengan tanah.
  • Untuk hari pertama sampai hari ketiga sungkup benih dibuka pagi hari. Dan kemudian tutup sungkup sekitar jam 11:00-13:00, dan dibuka lagi sampai sore.
  • Seiring bertambahnya umur bibit, lakukan pembukaan sungkup tambah lebih lama hingga sehari penuh dan jangan lakukan penyiraman saat terik matahari, usahakan jangan kehujanan.
  • Pindah tanam dilakukan setelah umur 18-25 hari untuk cabai atau setelah daun sejati mekar sempurna 3-4 helai dan untuk melon atau semangka pindah tanam setelah umur 7-8 hari.

Apabila pembaca membutuhkan Arashi atau produk pertanian yang meliputi Benih, Bibit, Pestisida, Pupuk dan Sarana Pertanian yang lain, bisa langsung menghubungi LMGA AGRO.

Untuk info produk yang ada di toko online LMGA AGRO kunjungi : www.lmgaagro.com.

Baca Juga : Tips Menggunakan Pestisida Yang Baik Dan Benar

Toko Online LMGA AGRO Selaku Agen, Distributor dan Dealer Resmi perusahaan benih, pestisida, pupuk dan alat pendukung pertanian siap untuk mengirim pesanan ke seluruh Indonesia.

Silahkan menghubungi Toko Online LMGA AGRO dengan CP P. Budi melalui Telp. 082141747141 atau SMS/WA : 08125222117 Karena kami juga melayani Konsultasi pertanian secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *