TANAM CABAI RIMBUN 3, PETANI BEBAS VIRUS UNTUNG BESAR

rimbun 3, Cabai, Cabe, Keriting, tahan Virus, LMGA AGRO, Cao Kapal TerbangTanaman Cabai saat ini menjadi salah satu komoditi unggulan negara Indonesia. Tanaman cabai banyak pembudidayaannya karena kebutuhan dan peluang pasar yang besar pada Indonesia. Salah satu benih cabe merah keriting yang banyak petani tanam adalah benih cabai keriting Rimbun 3. Benih cabai Rimbun 3 hasil produksi oleh PT. Bisi International.

Apabila melihat dari kebutuhan cabai tahun 2013 adalah sebanyak 1,2 Juta Ton / Tahun, maka bila penduduk Indonesia berjumlah 250 Juta maka dapat mengatakan bahwa konsumsi rata-rata per Kapita per tahun Cabai wilayah Indonesia adalah 0.5 Kg /Tahun. Rev 11/06/2020.

Trend konsumsi cabai ini mengalami penurunan sejak tahun 2010, penyebabnya adalah harga cabai yang mahal dan melambung. Bahkan harga cabai pada tahun 2010 sempat naik pada harga 100,000 sampai dengan Rp. 150,000 dari harga cabai normalnya yaitu Rp. 30.000. Maka tak mengerankan jika tahun 2010 cabai menjadi penyebab Inflasi wilayah Indonesia.

SUKSES MENANAM CABE RIMBUN 3

Berikut ini pembudidayaan dan penanaman jenis tanaman cabai oleh petani Indonesia adalah : Cabai merah besar (F1 Gada, F1 Gada MK, F1 Arimbi, F1 Horison, F1 Imola, F1 Imperial 10, F1 Restu, F1 Profit), Cabai merah Keriting (F1 Rimbun 3, F1 Flash 750, F1 Princess, F1 Helix, F1 PM 999, F1 Lado, F1 Kiyo,  F1 Yosi, F1 TM 007, F1 Inko 99, F1 Kribo)  dan  cabai merah Kecil (Rawit) F1 Bhaskara, F1 Sonar, F1 Nirmala, F1 Pelita, F1 Dewata 43, F1 Dewata, F1 Raga DLL.

    Dalam usaha menanam cabai, agar hasil cabai yang kita Budidayakan dapat memberi hasil yang maximal maka petani harus tahu beberapa catatan antara lainnya adalah :

  1. Cara Budidaya (Menanam Cabai) yang baik dan benar
  2. Cara aplikasi pupuk dan pemupukan tanaman cabai anda yang benar
  3. Mengetahui Hama dan Penyakit tanaman cabai yang menyerang
  4. Mengetahui dan memahami penyakit cabai yang ada pada Lapangan
  5. Pemilihan Varietas benih cabai yang akan proses tanam secara benar dan tepat waktu tanam

TAHAN SERANGAN VIRUS KUNING

Secara khusus pemilihan varietas benih cabai merah  akan berpengaruh terhadap cara perawatan dan pemupukan. Karena respon tanaman (Benih Cabai) terhadap pemupukan, perawatan dan pemeliharaan cabai akan berbeda – beda setiap jenis, varietas dan waktu tanamnya.

Seperti saat ini bulan Maret apabila kita tanam cabai  karena menjelang musin kering dan panas kita harus memilih benih/bibit cabai merah yang sifatnya unggul pada ketahanan panas, kekeringan dan tahan tehadap serangan Virus.

Permasalahan panas dan kekeringan untuk saat ini mungkin sudah teratasi oleh petani dengan cara dan alat yang ada, baik itu berupa kolam  air, pompa air atau dengan naungan paranet dll.

Akan tetapi untuk serangan Virus pada tanaman cabai ini dari tahun ketahun cenderung meningkat dan jadi penyakit yang menakutkan kalangan petani cabai.

Bahkan dalam 2 tahun ini penyakit cabai berupa serangan Virus kuning dan Virus keriting pada tanaman cabai sudah sampai menyebabkan kerugian yang begitu besar pada daerah sentra tanaman cabai.

Bahkan serangan Virus ini bisa menyebabkan kerusakan sampai 75 %. Karena itu kebutuhan akan benih cabai merah yang tahan terhadap penyakit cabai serangan Virus Kuning dan keriting ini begitu mendesak. Terutama  bagi petani yang Budidaya Tanaman Cabai pada daerah sentra penanaman.

Saat ini sudah ada benih cabai merah Hibrida yang tahan, kebal Virus kuning dan Keriting yaitu Cabai Merah Keriting Hibrida (F1) RIMBUN 3. Cabai merah keriting Hibrida (F1) RIMBUN 3 hasil produksi dari perusahaan benih BISI INTERNATIONAL.

6 Comments on “TANAM CABAI RIMBUN 3, PETANI BEBAS VIRUS UNTUNG BESAR”

  1. Pak mau tanya harga bibit cabe F1 RAGA 2. Berapa harga per bungkus/per page sekalian rincian biaya ongkos kirim ke jayapura-papua..? Mohon balasan secepatnya terima kasih

    1. Salam kenal bapak Amas, untuk benih cabai Hibrida F1 Raga 2 stock pabrik masih kosong. Kalau berkenan bapak bisa mengasih nomor HP ke saya nanti kalau ada stock bapak akan langsung saya kabari. Terima kasih

    1. Untuk mengatasi keriting kuning bapak dapat menggunakan obat sbb : FORMULA 1 Tanki 14 liter memakai : Samite 7 CC + Winder 10 CC + Demolis 15 CC + MKP 2 sendok makan + Magnesium Sulfat 2 sendok makan + Fitomic 10 CC. Sebelumnya Fitomic 500 CC ditambah 30 CC Vitaflora + 5 CC Bigest. Semprot kena permukaan daun bagian bawah 75 % jam 06.30-jam 09.30 jangan lupa pakai perekat yang bagus : Latron, Besmore atau Apsa (pilih salah satu saja). Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *